Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan Adalah

Diposting pada

Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa seni dapat memberikan warna pada kehidupan kita. Secara sederhana, seni dapat diartikan sebagai suatu tempat untuk membuat bakat seseorang mejadi berkembang. Seni ini menjadi identitas daerah yang berguna bagi beberapa masyarakat. Seni hadir dengan maksud untuk menghasilkan karya yang berguna untuk tumpuan arah yang utama hingga dapat dibawa kembali.

Seni pada dasarnya memiliki ide atau konsep yang asalnya dari pemikiran manusia. Seni pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti seni tari, seni musik, seni rupa dan masih banyak lagi. Setiap seni tentunya memiliki tujuannya masing masing. Jika membahas tentang seni tentunya kita akan menemukan soal seperti “contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah” tersebut.

Meskipun jenis jenis seni tersebut berbeda beda, tetapi fungsinya hampir serupa. Seni tersebut adalah poses pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk karya tertentu. Sebuah kaya seni tersebut digunakan untuk memiliki medium tertentu dalam proses atau produk tertentu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jawaban dari pertanyaan yang sering muncul yaitu contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa seni secara umum berkaitan dengan budaya. Maka dari itu budaya berdasarkan bahasa Sansekerta berasal dari kata Buddayah yaitu kata jamak “Budi” artinya nalar, akal, pikiran dan kata “Daya” artinya usaha, upaya, ikhtiar. Oleh karena itu pengertian kebudayaan adalah pengupayaan dan pengusahaan segala hal pikiran yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari hari.

Sebenarnya banyak contoh seni yang dapat ditemukan disekeliling kita seperti seni kriya, seni tari, seni musik, seni grafis dan sebagainya. Salah satunya adalah seni tari yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Jenis seni ini dapat berbentuk tradisional, modern, hingga gabungan dari keduanya. Lantas contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah apa saja?

Baca Juga  Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial
Contoh Seni yang Dapat Berfungsi Sebagai Media Pendidikan Adalah
Contoh Tari Untuk Pendidikan

Salah satu jenis seni tari yang berasal dari perpaduan budaya modern dan budaya tradisional adalah seni tari kontemporer. Seni ini tetap mengedepankan adanya karya seni tradisional yang terdapat di dalamnya meskipun ditambah dengan seni modern. Jika membahas tentang seni tersebut, kita pasti sering menemukan contoh soal seperti di bawah ini:

Contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah . . .
A. Kursi rotan yang unik
B. Tari kontemporer
C. Tari hudoq
D. Peralatan dari gerabah
E. Gamelan dan angklung

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan B. Tari Kontemporer.

Apa itu tari konteporer? Pengertian tari kontemporer adalah tari yang di dalamnya tidak terdapat pakem atau aturan seperti pada tari tradisi. Tari kontemporer ini adalah tari yang berasal dari unsur modern yang digabungkan dengan unsur tradisi, namun jiwa tradisinya tetap tidak hilang. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa arti tari kontemporer adalah gabungan atau kombinasi antara tari tradisional dengan tari modern.

Kenapa contoh seni yang dapat berfungsi sebagai media pendidikan adalah tari kontemporer? Karena tari tersebut tidak memuat aturan khusus sehingga dapat berguna untuk media pendidikan siswa. Dalam jenis tari ini tetap menjaga keaslian dari seni tradisional tersebut. Biasanya gerakan dan iringan musik dalam tari kontemporer berasal dari kombinasi unsur tradisional dan modern.