Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Diposting pada

Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial – Seperti yang kita tahu bahwa manusia memiliki kehidupan yang dinamis yaitu selama hidup akan mengalami adanya perubahan. Munculnya perubahan ini dinamakan dengan mobilitas sosial. Mobilitas tersebut kebanyakan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor ekonomi. Lantas mengapa faktor ekonomi menjadi penghambatan mobilitas sosial? Apakah faktor ekonomi dapat mendorong mobilitas sosial?

Apa itu mobilitas sosial? Pengertian mobilitas sosial adalah perpindahan yang terjadi dari satu kelas sosial menuju kelas sosial lainnya. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa mobilitas sosial tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga pelaksanaannya dapat lebih sulit atau lebih mudah. Meski begitu alasan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial tidak diketahui oleh beberapa orang.

Mobilitas Sosial

Pada kenyataannya dalam kasus mobilitas ekonomi terdapat hal yang paling disorot seperti adanya faktor ekonomi tersebut. Faktor penghambat tersebut dapat berupa faktor stereotip gender, ekonomi (kemiskinan), dan diskriminasi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan alasan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian mobilitas sosial, faktor dan bentuknya pada artikel sebelumnya. Mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan kelompok atau seseorang yang terjadi pada satu kelas sosial menuju kelas sosial lainnya. Terjadinya mobilitas sosial pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor, baik yang menghambat atau mendorong. Salah satunya adalah faktor ekonomi.

Mobilitas sosial dapat didefinisikan sebagai perubahan status sosial yang dapat menjadi naik ataupun turun. Banyak sekali definisi mobilitas sosial yang dikemukakan oleh para ahli. Mobilitas ini dapat berdampak baik ataupun buruk kepada masyarakat yang melakukannya. Lalu mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial? Faktor ekonomi pada dasarnya dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial. Misalnya keadaan ekonomi yang membuat seseorang melakukan mobilitas sosial dengan lebih mudah seperti memperoleh modal, memperoleh akses pendidikan dan sebagainya.

Baca Juga  Pengertian Proses Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuk-Bentuknya

Faktor ekonomi tidak hanya mendorong mobilitas sosial juga, tetapi juga menghambat pula. Terjadinya penghambatan mobilitas sosial ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan. Tetapi biasanya mengarah pada kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya setiap hari.

Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa alasan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial adalah karena keadaan ekonomi kelompok atau seseorang yang buruk sehingga mempersulit mereka untuk memperoleh keterampilan, uang sebagai modal usaha, dan pendidikan.

Para penduduk melakukan mobilitas sosial dengan tujuan untuk mengubah taraf hidup mereka agar menjadi lebih baik. Mobilitas sosial ini didorong dengan faktor ekonomi tersebut agar dapat bermigrasi ke tempat lain yang kondisi ekonominya lebih baik.

Dari sini tentunya kita sudah mengetahui alasan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial. Mobilitas sosial secara umum tidak hanya dipengaruhi oleh faktor ekonomi saja. Namun adapula faktor lain yang mempengaruhinya seperti faktor sosial budaya, faktor politik, faktor agama, faktor keamanan, dan faktor bencana alam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.