Tangga Nada Diatonik Terdiri Dari

Diposting pada

Tangga Nada Diatonik Terdiri Dari – Siapa yang tidak kenal dengan musik? Musik tersebut banyak didengar oleh banyak orang, mulai dari musik jazz, musik pop, R & B, dan sebagainya. Lantas apa itu nada? Seperti yang kita tahu bahwa setiap hari tentunya kita selalu gemar mendengarkan alunan musik yang enak didengar. Musik ini memiliki salah satu unsur yang cukup penting yaitu tangga nada.

Pengertian tangga nada sendiri pada dasarnya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Apa itu tangga nada? Tangga nada adalah susunan nada yang asalnya dari nada pokok dalam sistem nada. Nada dasar tersebut dimulai dari nada oktaf do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Tetapi tangga nada juga dapat diartikan sebagai susunan rangkaian nada yang menggunakan rumus interval pada nada tertentu. Lantas tangga nada diatonik terdiri dari apa saja?

tangga nada diatonik terdiri dari
Tangga Nada Diatonik

Seperti yang kita tahu bahwa interval nada adalah jarak satu nada dengan nada lainnya. Jarak pada nada tersebut beraneka macam seperti jarak 2, 1/2, dan 1. Jarak tersebut dapat digunakan untuk membuat variasi nada dan menghasilkan berbagai jenis tangga nada. Tangga nada dalam musik tersebut secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti tangga nada diatonis, kromatis dan pentatonis. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tangga nada diatonik terdiri dari apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tangga Nada Diatonik Terdiri Dari

Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah karya musik terdapat peranan penting tangga nada di dalamnya sehingga lagu yang didengar dapat lebih nyaman dan indah. Tangga nada tersebut merupakan nada nada pokok yang disusun berjenjang dalam sistem nada, mulai dari nada dasar yang satu hingga nada oktaf.

Salah satu tangga nada yang akan kita bahas tersebut adalah tangga nada diatonik. Lalu tangga nada diatonik terdiri dari apa saja? Apa itu tangga nada diatonik? Pengertian tangga nada diatonik adalah tangga nada yang memiliki tujuh nada berbeda dalam satu oktaf. Tangga nada ini dapat dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonik mayor dan tangga nada diatonik minor.

Jika membahas tentang tangga nada diatonis tersebut pasti kita akan menemukan salah satu soal seperti di bawah ini:

Baca Juga  Contoh Alat Musik Pukul Bernada dan Tidak Bernada

Tangga nada diatonik terdiri dari . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah terdiri dari tujuh buah nada.

Seperti yang kita tahu bahwa tangga nada diatonik adalah komponen dasar musik dalam dunia barat yang mempunyai 7 notasi nada dalam satu oktaf. Maka dari itu tangga nada diatonik terdiri dari nada “Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do”. Tangga nada diatonis tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis yakni tangga nada minor dan tangga nada mayor. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu:

Tangga Nada Mayor
Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang berasal dari susunan delapan not. Adapun ciri ciri tangga nada mayor yaitu:

  • Memaparkan kondisi yang riang gembira.
  • Mempunyai nada yang bercirikan sikap semangat.
  • Di akhiri dan di awali dengan nada do.
  • Mempunyai uruan interval not seperti 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½.

Tangga nada diatonik mayor ini biasanya terdapat dalam lagu Garuda Pancasila, Naik Delman Istimewa, Maju Tak Gentar, dan Halo Halo Bandung.

Tangga Nada Minor
Setelah mengetahui tangga nada diatonik terdiri dari 7 nada. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian tangga nada minor. Tangga nada minor adalah tangga nada yang diawali dari nada ke 6. Tangga nada ini disebut juga sebagai tangga aeolian atau natural. Adapun ciri ciri tangga nada minor yaitu:

  • Memaparkan kondisi yang sedih.
  • Nada yang dimilikinya kurang bersemangat.
  • Diakhiri dan diawali dengan nada La – A.
  • Urutan interval not yang dimiliki dapat berupa 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1.

Tangga nada minor biasanya ditemukan dalam lagu Gugur Bunga, Tuhan, Ambilkan Bulan, Bagimu Negeri, Hymne Guru, Syukur, Kasih Ibu, Indonesia Pusaka, dan Tanah Airku.

Sekian penjelasan dari pertanyaan “tangga nada diatonik terdiri dari” tersebut. Tangga nada ini terdiri dari tujuh nada di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.