Siapakah Tokoh Tokoh yang Terlibat Dalam KMB

Diposting pada

Siapakah Tokoh Tokoh yang Terlibat Dalam KMB – Pada dasarnya setelah kemerdekaan Indonesia terjadi pada tahun 1945, kemerdekaan ini tidak hanya serta merta merdeka begitu saja. Hal ini dikarenakan setelah itu para pahlawan masih menghadapi banyak rintangan seperti peperangan, perjuangan diplomasi terhadap pihak kolonialis, maupun perjuangan fisik (termasuk kekerasan). Selain itu banyak juga muncul sengketa setelah itu.

Seperti yang kita tahu bahwa setelah Belanda menyerah kepada Jepang tahun 1942, bangsa Indonesia kemudian diambil alih Dai Nippon. Setelah itu muncullah berbagai organisasi Indonesia di kala itu. Salah satunya adalah KMB (Konferensi Meja Bundar). Apa itu Komisi Meja Bundar? Siapakah tokoh tokoh yang terlibat dalam KMB? Latar belakang konferensi meja bundar sendiri adalah pengeboman kota Hiroshima pada Perang Dunia II oleh Sekutu. Peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki ini dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan Indonesia yang berlangsung tanggal 17 agustus 1945.

siapakah tokoh tokoh yang terlibat dalam kmb
Konferensi Meja Bundar

Setelah itu Belanda dengan membonceng Sekutu kembali datang ke Indonesia dengan tujuan untuk menguasai wilayah tersebut. Akan tetapi bangsa Indonesia tetap ingin mempertahankan kemerdekaannya dan ingin diakui oleh pihak kolonialis. Pada akhirnya pihak Indonesia melawan Belanda dengan berbagai perundingan dan peperangan hingga mencapai kesepakatan dalam Konferensi Meja Bundar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang siapakah tokoh tokoh yang terlibat dalam KMB. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Siapakah Tokoh Tokoh yang Terlibat Dalam KMB

Apa itu Konferensi Meja Bundar? KMB atau Konferensi Meja Bundar adalah kesepakatan antara Indonesia dan Belanda dalam meraih kedaulatan negara. Pelaksanaan KMB terjadi tanggal 23 Agustus – 2 November 1949 di Den Haag, Belanda. KMB menghasilkan keputusan bahwa Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.

Baca Juga  Pengertian Konsiliasi, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Berkat kedaulatan tersebut, Indonesia menjadi negara serikat yang dapat melakukan kerjasama dengan Belanda. Kemudian Belanda menyerahkan kedaulatannya kepada RIS pada tanggal 27 Desember 1949. Belanda berhasil didesak Indonesia untuk keluar dari wilayah RI dan harus mengakui kedaulatannya. Lantas siapakah tokoh tokoh yang terlibat dalam KMB?

Jika membahas tentang materi Konferensi Meja Bundar (KMB) tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Siapakah tokoh tokoh yang terlibat dalam kmb?

Jawaban.
Dalam Konferensi Meja Bundar terdapat beberapa tokoh yang terlibat yaitu:

  • Pemimpin delegasi Indonesia yaitu Muhammad Hatta.
  • Wakil pimpinan delegasi Indonesia yaitu Muhammad Roem.
  • Anggota delegasi Indonesia yaitu Juanda Kartawidjaja, Ali Sastroamidjojo, Supomo, dan Johannes Leimena.
  • Pimpinan delegasi BFO (negara federal bentukan Belanda) yaitu Sultan Hamid II dari Pontianak.
  • Pimpinan delegasi Belanda dan Menteri Wilayah Seberang Laut yaitu Johan van Maarseveen.
  • Pengamat PBB dan diplomat Australia yaitu Tom Critchley.

Dari jawaban di atas tentunya kita dapat mengetahui siapakah tokoh tokoh yang terlibat dalam KMB tersebut. Perjanjian Konferensi Meja Bundar atau KMB sendiri merupakan perjanjian Indonesia dengan Belanda yang digunakan untuk mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia oleh Belanda, dimana penandatanganannya berada di Den Haag. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.