Modals Dalam Bahasa Inggris, Rumus, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Modals Dalam Bahasa Inggris, Rumus, Jenis, dan Contohnya – Bahasa Inggris sering kali dianggap sebagai mapel yang sulit oleh siswa. Asumsi ini muncul bukan tanpa alasan mengingat banyaknya aspek kebahasaan yang harus dihafalkan. Belum lagi beban materi yang wajib siswa pelajari sering kali membuat frustasi khususnya mereka yang mulai menginjak SMA.

Modal Verb

Dari sekian banyak materi kita akan diajarkan tentang apa itu modals dalam bahasa inggris. Jika ditanya modals ada berapa jawabanya ada banyak karena masing-masing masih dikelompokan menjadi 3 jenis. Pengelompokan itu tentu berdasar pada tenses yang dipakai dalam suatu kalimat.

Dalam artikel singkat kali ini kita akan membahas lebih detail penggunaan modals dalam bahasa inggris. Mulai dari pengertian, jenis jenis modals, serta contoh kalimat modals sudah saya persiapkan sebagai materi. Bila kalian penasaran maka simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Apa Itu Modal Verb

Apa itu modals? Pertanyaan ini sering kali terngiang di benak siswa. Meski tidak mendapat porsi pembahasan yang spesifik tapi sebenarnya modals sangatlah penting. Itulah alasan mengapa guru sering memberi penekanan pada penggunaan modals di bangku sekolah menengah.

Pengertian modals adalah sebuah kata kerja bantu untuk mengungkapkan sikap pembicara pada hal tertentu. Misalnya apakah hal itu direkomendasikan, diperlukan, berpotensi terjadi, dan lain sebagainya.

Baca juga: 18 Contoh Recount Text Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Biasanya, modals dalam bahasa inggris selalu diikuti oleh verb 1. Nah, kalau ada hubunganya dengan penggunaan kata kerja. Secara otomatis kita harus mempelajari terlebih dulu 12 tenses yang ada. Sepertinya saya pun pernah membahas setiap fungsi tenses pada artikel sebelumnya.

Rumus Modal Bahasa Inggris

Menghafal seperti apa rumus modals merupakan suatu aspek penting yang benar-benar harus kita perhatikan. Karena sedikit banyak rumus inilah yang menjadi patokan utama cara membuat kalimat modals nantinya. Bahkan, tak sedikit siswa yang salah memilih kata modals karena kurang memahami rumus tersebut.

Modals PresentModals PastModals Perfect
Subject + Modals Present + Verb 1Subject + Modals Past + Verb 1Subject + Modals Perfect + Have + Verb 3
Tabel Rumus Modals Bahasa Inggris

Baik modals past dan present menurut saya sangat sederhana karena langsung diikuti oleh verb 1. Tapi modals perfect menjadi spesial karena kita harus menambahkan kata have lalu memakai verb 3 untuk menyatakan pekerjaan.

Jenis Jenis Modals Dalam Bahasa Inggris

Berdasarkan bentuk tensesnya, jenis modals bahasa inggris terbagi menjadi 3 yakni past, present, dan perfect. Untuk lebih jelasnya simaklah tabel berikut:

Modals PresentModals PastModals Perfect
CanCouldMust have + V3
MayMightMight have + V3
MustHad toShould have + V3
ShallShouldCould have + V3
WillWould
Ought to/should
Jenis Jenis Modals

Lalu bagaimana cara menggunakan modals dan menyisipkannya dalam sebuah kalimat? inilah problematika utama yang sering dihadapi siswa. Untuk memahaminya maka simaklah penjelasan yang akan saya sampaikan berikut.

Can dan Could

Can adalah jenis modals yang dapat kita pakai untuk menunjukan kesanggupan di masa kini. Sedangkan Could yang merupakan bentuk past dipakai menyatakan kemampuan di masa lalu. Kedua contoh modals itu memang mempunyai arti yang sama tapi pada timeline yang berbeda. Contoh kalimat modals can dan could adalah:

Baca Juga  8 Contoh Surat Pribadi (Informal) Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
  • I can swim.
  • Can i sit beside you?
  • I could swim when i was eight.
  • I couldn’t do that job because it so hard.

Will dan Would

Sama seperti sebelumnya, will merupakan kata kerja bentuk pertama (V1). Sedangkan would adalah modals untuk menyatakan bentuk past tense dari kata akan. Native speaker biasanya memakai modals dalam bahasa inggris ini untuk memperkirakan suatu hal yang akan terjadi di masa depan. Tapi dalam beberapa kasus, would juga digunakan untuk memberi menawaran terhadap lawan bicara. Contohnya:

  • Sinta will be in surabaya next week (Akan)
  • I will win this game for sure (Akan).
  • Would you like to help me? (Penawaran).

Shall dan Should

Sebenarnya will dan shall mempunyai kesamaan makna. Meski demikian, subject dari dua jenis modals bahasa inggris tersebut sangat berbeda. Will dipakai untuk menyatakan semua kategori subjek, Lain halnya dengan shall khusus untuk i dan we saja. Sedangkan should merupakan bentuk past atau V2 dari shall. Should sendiri lebih condong menyatakan saran atau apa yang seharusnya dilakukan oleh subjek. Contoh kalimat modals shall dan should adalah:

  • We shall never surender.
  • Shall i remove this barcode for you?
  • We should move before evening.

Must

Jenis modals bahasa inggris selanjutnya adalah must yang artinya harus, wajib, atau mesti. Sama seperti artinya, modals ini menyatakan suatu keharusan yang dilakukan oleh subject. Contohnya:

  • We must go right now.
  • Must i leave now?
  • You must eat before starving.

Secara garis besar must tidak memiliki bentuk V2. Tapi native speaker cenderung memakai “had to” untuk menyatakan bentuk lamapu karena padanan kata yang sama untuk semua objek. Contohnya: you had to go when have a chance last week.

May dan Might

May adalah modals yang artinya “mungkin” atau “boleh”. Penggunaanya cukup populer dan saya yakin hampir setiap hari kita mengucapkannya meski dalam konteks bahasa indonesia. Misal saat kalian meminta izin meminjam buku kepada rekan atau menjawab pertanyaan tapi masih belum yakin. Contoh: May i borrow your science book?

Might merupakan jenis modals past serta bentuk V2 dari may yang menyatakan suatu berita, pengandaian, maupun hipotesis. Contohnya: Rani might do the exercise perfectly.

Fungsi Modal Untuk Apa

Kalian harus paham bahwasanya modals dalam bahasa inggris dipakai bukan cuma untuk hiasan kalimat semata. Lebih tepatnya, modals berfungsi sebagai kata kerja bantu yang menyatakan ekspresi dari subject. Simaklah beberapa fungsi modals berikut:

  1. Dipakai oleh native speaker untuk menyatakan keharusan.
  2. Bisa dipakai untuk menyatakan pilihan.
  3. Dipakai sebagai parameter untuk mengetahui tingkat kemampuan.
  4. Berfungsi untuk memberi saran kepada lawan bicara.
  5. Bisa digunakan untuk minta bantuan secara sopan.

Contoh Kalimat Modals

  1. I can swim faster than you.
  2. I can use your pen to draw.
  3. May i borrow your phone?
  4. When i was young, i could catch a cat with my bare hands
  5. You could ask for help if you want it.
  6. Will you forgive me for my mistakes?
  7. I will take my laptop first before go to the school.
  8. You may go after finishing your exam.
  9. I would rather go for vacation than go to school.
  10. You should come to him tomorrow.
  11. Alan might be at the police station.
  12. I must go now.
  13. Shall i make appointment with your doctor?