Protein Pertama Kali Dicerna Secara Kimiawi Terjadi Dalam

Diposting pada

Protein Pertama Kali Dicerna Secara Kimiawi Terjadi Dalam – Seperti yang kita tahu bahwa dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ di dalamnya. Salah satunya adalah lambung. Lambung ini merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang cukup penting. Lambung ini akan mengatur dan bekerja dalam tubuh manusia karena berhubungan dengan makanan. Masing masing makanan yang masuk dalam tubuh manusia kemudian akan diolah oleh lambung. Hal ini akan membuat nutrisi sesuai dan adil untuk setiap bagian bagian tubuh.

Lambung tersebut merupakan salah satu organ yang mempunyai fungsi dan strukturnya sendiri. Maka dari itu perannya sangat penting. Letak lambung dalam tubuh manusia ada di sebelah kiri tubuh. Lambung ini memiliki ikatan dengan dua saluran di masing masing ujungnya. Ujung lambung bagian atas berhubungan dengan kerongkongan atau esofagus. Lantas protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam organ apa?

protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam
Bagian Bagian Lambung

Lambung memiliki saluran esofagus yang merupakan saluran untuk jalur makanan yang masuk dari bagian mulut. Kemudian untuk bagian lambung yang bawah berhubungan dengan usus halus. Usus halus sendiri merupakan organ yang bentuknya menyerupai selang panjang. Usus halus ini berguna sebagai penghubung lambung dan usus besar. Kemudian untuk bagian pertama usus memiliki batasan dengan lambung yang biasa disebut dengan usus dua belas jari atau duodenum.

Lambung memang merupakan organ yang cukup penting bagi tubuh manusia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam organ apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Protein Pertama Kali Dicerna Secara Kimiawi Terjadi Dalam

Pada umumnya lambung memiliki lapisan yang penuh dengan gastric pits atau lubang lubang kecil. Kita dapat mengamati lubang lubang tersebut menggunakan mikroskop. Lubang ini digunakan sebagai tempat keluarnya asam lambung serta memproduksi hormon dan enzim yang dilakukan oleh sel kelenjar lambung sehingga dapat keluar melalui lubang tersebut.

Baca Juga  Reklame yang Menggunakan Media Gambar Bergerak Dinamakan Reklame

Pada awalnya makanan akan masuk melalui bagian mulut manusia. Kemudian makanan ini akan mengalami beberapa proses dalam mulut. Setelah itu makanan akan masuk ke esofagus dan menuju lambung. Dalam lambung ini akan terjadi proses pengolahan makanan yang masuk. Proses tersebut tergolong dalam tahap kedua pencernaan. Lantas protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam organ apa?

Dalam tubuh manusia pada umumnya terdapat dua proses pencernaan makanan. Proses yang dimaksud adalah proses kimiawi dan proses mekanik. Proses kimawi adalah proses pencernaan yang membutuhkan bantuan enzim untuk melakukannya. Cara kerja enzim sendiri telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Enzim ini akan disekresikan pada dinding lambung oleh kelenjar yang tersedia. Dalam lambung sendiri terdapat beberapa enzim di dalamnya. Salah satunya adalah enzim pepsin yang berguna untuk memecah protein untuk dijadikan pepton.

Jika membahas tentang materi lambung tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam . . .

Jawaban.
Protein pertama kali dicerna secara kimiawi terjadi dalam lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang pertama kali melakukan proses kimiawi. Lambung ini memiliki enzim pepsin di dalamnya, dimana berguna untuk mengubah protein menjadi pepton.

Dalam lambung pada dasarnya tidak hanya mengandung enzim pepsin saja. Tetapi adapula enzim lipase yang berguna untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Adapula HCl atau Asam klorida yang berguna untuk membunuh mikroorganisme patogen dan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Kemudian adapula enzim renin yang berguna untuk membuat protein susu mengendap.