Berikut Merupakan Unsur Intrinsik Novel Kecuali

Diposting pada

Berikut Merupakan Unsur Intrinsik Novel Kecuali – Apakah anda suka membaca novel? Novel pada dasarnya merupakan karya tulis yang isinya cerita tentang para tokoh menggunakan latar dan alur yang berbeda beda. Pada umumnya karya tulis ini cukup familiar untuk banyak orang. Hal ini dikarenakan buku novel tersebut dapat diperoleh dengan mudah.

Novel pada umumnya tidak hanya sekedar bacaan saja. Tetapi novel juga dapat dijadikan sebagai hobi karena dapat dibaca ataupun dikoleksi dengan berbagai tema. Lantas apa itu novel? Pengertian novel adalah karangan prosa panjang yang berisi rangkaian cerita kehidupan seseorang dan sekelilingnya menggunakan sifat dan watak pelaku yang menonjol. Karya tulis ini pada umumnya memiliki unsur instrinsik dan ekstrinsik novel yang dapat kita pahami. Lalu berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali apa saja?

berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali
Unsur Intrinsik Novel

Novel secara umum dapat diartikan sebagai suatu narasi prosa yang panjang dengan kandungan kompleksitas tertentu. Novel ini terkadang berkaitan dengan pengalaman manusia secara imajinatif. Maka dari itu serangkaian peristiwanya dalam latar tertentu yang melibatkan dan berhubungan dengan sekelompok orang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut Merupakan Unsur Intrinsik Novel Kecuali

Unsur novel tentunya berbeda dengan karya tulis lainnya, misalnya saja novel dengan cerpen. Perbedaan novel dan cerpen ini dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya. Novel memiliki beberapa genre di dalamnya seperti sejarah ataupun romantis. Novel tersebut merupakan genre fiksi yang dirancang menggunakan kata kata tertulis dan termasuk dalam representatif kehidupan manusia untuk dapat dialihkan atau diinstruksikan.

Menurut bahasa Italia, istilah novel asalnya dari kata “Novella” yang bermakna varian akhir, bentuk jamak dari novellus, dan novus maknanya baru. Novella sendiri hampir sama dengan teks anekdot yang diperbesar menyerupai hal dalam decameron klasik Italia di abad ke 14. Novel tersebut juga diukung oleh adanya unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Lalu berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali apa?

Baca Juga  Negara Harus Mempunyai UU Kewarganegaraan Karena Diperlukan Untuk

Materi tentang novel tersebut sebenarnya telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini menganut pembahasan tentang pengertian, ciri ciri, unsur intrinsik hingga unsur ekstrinsik dalam novel. Tetapi materi novel ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi menjadi salah satu bahan soal seperti berikut:

Berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali . . .
A. Alur
B. Agama
C. Penokohan atau perwatakan
D. Amanat
E. Tema

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Agama.

Seperti yang kita tahu bahwa berikut merupakan unsur intrinsik novel kecuali agama. Dalam novel terdapat unsur intrinsik yang merupakan unsur pembangun cerita yang asalnya dari dalam. Adapun unsur intriksik novel yaitu meliputi:

  1. Tema adalah ide dasar dalam cerita atau tujuan dari cerita tersebut.
  2. Latar atau setting adalah kapan terjadinya cerita (waktu), dimana terjadinya cerita (tempat), dan bagaimana suasana dalam cerita (suasana).
  3. Alur adalah jalannya cerita.
  4. Penokohan dan tokoh. Penokohan adalah sifat atau watak para tokoh dalam cerita. Sedangkan tokoh adalah karakter dalam cerita tersebut.
  5. Sudut pandang adalah arah dari pandangan penulis ketika menyajikan ataupun membuat cerita.
  6. Gaya bahasa adalah ciri khas penulis ketika penulisan ceritanya.
  7. Amanat adalah hikmah atau pesan yang akan disampaikan oleh penulis melalui cerita tersebut sehingga dapat diambil atau dipetik oleh para pembacanya.