3 Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasannya

Diposting pada

3 Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasannya – Ada berbagai faktor penyebab kenapa teks eksplanasi jauh lebih mudah dipahami daripada jenis bacaan lain. Selain karena gaya penulisan yang menarik, penggunaan struktur teks eksplanasi yang baik pun jadi kunci utamanya.

Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasannya
Kerangka penyusun teks eksplanasi

Teks eksplanasi mulai diperkenalkan sebagai materi dasar bahasa Indonesia saat di bangku SMP. Tapi pada jenjang lebih tinggi materi itu pun menjelma jadi pembahasan yang lebih kompleks. Akhirnya, siswa pun dituntut harus menghafal semua aspek dan unsur penyusun teks eksplanasi secara tepat. Hal itulah yang sering kali jadi beban berat bagi mereka.

3 Struktur Teks Eksplanasi dan Penjelasannya

Pengertian teks eksplanasi adalah jenis teks yang di dalamnya berisi penjelasan informatif bersifat fakta. Secara garis besar teks ini biasa dipakai untuk menjelaskan suatu kejadian berdasarkan urutan kronologis. Karena termasuk bacaan yang valid maka kaidah dan kerangka penyusunnya pun tak boleh dibuat secara asal asalan.

Memahami apa saja struktur teks eksplanasi bukanlah pekerjaan yang sulit. Pasalnya, jenis teks bahasa Indonesia tersebut hanya memiliki 3 susunan utama sebagai kerangka yang terdiri dari:

  1. Pernyataan umum (Pembukaan).
  2. Deret Penjelasan (Sajian fakta berisi sebab akibat).
  3. Interpretasi (Penutup).

Kalau kita uraikan ketiganya maka akan memperoleh penjelasan yang lebih kompleks. Di lain sisi, untuk menciptakan contoh teks eksplanasi yang efektif dan informatif kita wajib menghafal tiga unsur tersebut. Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini saya akan coba jelaskan apa saja struktur teks eksplanasi yang baik dan benar.

Pernyataan Umum (Pembukaan)

Struktur teks eksplanasi pertama selalu diawali oleh pernyataan umum sebagai bagian dari pembukaan. Biasanya penulis akan menyampaikan fakta umum atau gambaran singkat tentang fenomena yang dijelaskan.

Bacaan pun akan dikemas secara menarik memakai bahasa interaktif serta informatif. Misalnya memakai fakta serta menyisipkan anekdot yang relevan terhadap topik. Pernyataan ini bertindak sebagai penarik perhatian pembaca dan membantu mereka memahami konteks dari penjelasan yang akan disampaikan.

Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami sangat penting dalam teks eksplanasi. Hindari memakai istilah teknis yang rumit tanpa penjelasan yang memadai. Jika istilah khusus diperlukan, pastikan untuk memberikan definisi atau penjelasan singkat untuk memastikan pemahaman pembaca.

Baca Juga  Bagaimanakah Urutan Menulis Surat Pribadi

Contoh pernyataan umum teks eksplanasi: Dalam era digital ini, penggunaan media sosial semakin mendominasi kehidupan sehari-hari.

Deret Penjelasan (Sebab-Akibat)

Struktur teks eksplanasi selanjutnya adalah deret penjelasan yang notabenya jadi bagian utama dari bacaan. Deret penjelasan menyajikan hubungan sebab akibat dari suatu fenomena atau kejadian yang sedang dibahas. Bagian ini tersaji secara kronologis sehingga dapat membantu pembaca memahami proses secara lebih baik.

Sederhananya, penulis dapat menjelaskan faktor faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa. Lalu diikuti oleh dampak ataupun konsekuensi yang timbul akibatnya. Dalam beberapa kasus, kita juga bisa memasukan ilustrasi ataupun contoh konkret untuk memperjelas topik yang memang sulit dipahami.

Contoh deret penjelasan teks eksplanasi: Peningkatan penggunaan media sosial bisa disebabkan oleh aksesibilitas yang mudah dan fitur yang menarik, seperti berbagi foto dan video. Akibatnya, banyak orang menghabiskan waktu yang lebih lama di platform ini. Sehingga dampaknya pun dapat dirasakan pada interaksi sosial di kehidupan nyata.

Interpretasi (Penutup)

Interpretasi menjadi struktur teks eksplanasi terakhir yang berperan sebagai penutup. Sederhananya, interpretasi adalah bagian yang memuat kesimpulan akhir atau penegasan.

Di sini, penulis merangkum poin-poin utama yang terurai pada deret penjelasan sebelumnya. Kita juga dapat menambahkan sudut pandang atau evaluasi pribadi terhadap topik tersebut. Interpretasi juga mencakup implikasi lebih lanjut dari penjelasan yang diberikan atau memberikan arahan untuk pemahaman lebih lanjut.

Contoh:

“Dengan memahami faktor-faktor di balik penggunaan media sosial dan dampaknya pada kehidupan sehari-hari, kita dapat lebih bijaksana dalam mengelola waktu online dan menghargai interaksi sosial di dunia nyata.”

Dengan struktur yang terdiri dari pernyataan umum, deret penjelasan sebab-akibat, dan interpretasi, teks eksplanasi dapat memberikan pemahaman yang komprehensif dan memuaskan kepada pembaca tentang suatu topik.