Beriman Kepada Qada dan Qadar Termasuk Rukun Iman Yang Ke

Diposting pada

Beriman Kepada Qada dan Qadar Termasuk Rukun Iman Yang Ke – Seperti yang kita tahu bahwa pilar pilar keimanan dari agama Islam adalah rukun iman. Rukun iman sendiri harus dimiliki oleh seorang muslim. Berdasarkan Hadist kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim yang diriwayatkan oleh Umar bin Khattab dan ayat ayat Al Quran kita dapat mengetahui enam rukun iman.

Rukun iman sendiri memang terdiri dari enam rukun. Salah satunya iman kepada qada dan qadar. Lantas beriman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke berapa? Pada umumnya qada dan qadar adalah dua hal yang berbeda, meskipun sebenarnya mempunyai arti yang hampir sama. Hal ini dikarenakan pelafalan dan bentuk kata diantara qada dan qadar memang hampir mirip. Tanda tanda beriman kepada qada dan qadar tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

beriman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke
Iman kepada Qada dan Qadar

Qada secara bahasa mempunyai makna yaitu ketentuan. Sedangkan qada secara istilah memiliki arti yaitu ketentuan Allah SWT yang bersifat azali dan umum sehingga berlaku untuk semua makhluk. Ketentuan yang sifatnya umum ini memiliki makna yaitu hukum hukum umum seperti kegagalan maupun keberhasilan. Hukum kegagalan tersebut menyatakan terjadinya kegagalan karena kemalasan.

Sedangkan hukum keberhasilan menyatakan adanya keberhasilan terjadi karena orang rajin belajar. Jika malas belajar, maka keberhasilan akan sulit untuk diraih. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beriman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Beriman Kepada Qada dan Qadar Termasuk Rukun Iman Yang Ke

Pengertian qada dan qadar tersebut telah saya jelaskan lebih lengkap pada artikel sebelumnya. Qada pada umumnya bersifat azali yang maknanya pengertian ketentuan atau hukum yang telah ada sejak dulu atau sebelum adanya manusia di bumi ini. Hukum ini ditulis dalam lauh al mahfuz. Kemudian secara bahasa pengertian qadar adalah ukuran atau ketetapan.

Baca Juga  Kebijakan Otonomi Daerah Dilatarbelakangi Oleh

Qadar secara istilah memiliki makna yaitu ketentuan atau perwujudan hukum Allah untuk semua makhluk ciptaan Allah apabila memenuhi syarat di dalamnya. Pada umumnya sifat qadar tersebut lebih spesifik dibandingkan qada. Dengan kata lain qadar terjadi karena doa dan ikhtiar seseorang. Lantas beriman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke berapa?

Qadar memiliki makna yaitu takdir. Takdir tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu takdir muallaq dan takdir mubram. Takdir mubram adalah ketetapan dan takdir Allah SWT yang tidak bisa diubah siapapun. Sedangkan takdir muallaq adalah takdir yang bisa diubah dengan cara ikhtiar dan usaha manusia. Jika membahas tentang qada dan qadar ini tentunya kita dapat menjumpai soal seperti di bawah ini:

Beriman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke . . .
A. 6
B. 5
C. 4
D. 3

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. 6.

Seperti yang kita tahu bahwa beriman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman yang ke 6. Hal tersebut dirujuk menurut salah satu hadist dari Nabi Muhammad, dimana telah diriwayatkan oleh imam muslim.

Berdasarkan hadist riwayat imam muslim, agama Islam memiliki enam rukun iman yaitu meliputi:

  1. Iman kepada Allah termasuk rukun iman pertama.
  2. Iman kepada Malaikat termasuk rukun iman kedua.
  3. Iman kepada kitab kitab Allah yang diturunkan kepada rasul-Nya termasuk rukun iman ketiga.
  4. Iman kepada Rasul utusan Allah termasuk rukun iman keempat.
  5. Iman kepada hari akhir atau hari kiamat termasuk rukun iman kelima.
  6. Iman kepada qada dan qadar termasuk rukun iman keenam.