Identifikasi Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara Negara ASEAN

Diposting pada

Identifikasi Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara Negara ASEAN – Apa itu ASEAN? ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara. ASEAN merupakan suatu organiasi yang bertujuan untuk memajukan dan menyejahterakan negara negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Istilah ASEAN sendiri tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita.

Sejarah berdirinya ASEAN tersebut dapat anda pelajari pada artikel sebelumnya. Materi tentang ASEAN ini tentunya sudah kita pelajari ketika di bangku sekolah. ASEAN secara umum merupakan suatu organisasi ekonomi dan geopolitik yang beranggotakan negara negara di kawasan Asia Tenggara. Pembentukan organisasi tersebut disebabkan karena para pendiri ASEAN mempunyai keinginan yang kuat untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang aman, sejahtera, damai, dan stabil. Lantas coba identifikasi keunggulan dan keterbatasan indonesia dan negara negara ASEAN?

identifikasi keunggulan dan keterbatasan indonesia dan negara negara asean
Negara Negara ASEAN

Pada awalnya ASEAN dibentuk oleh lima negara yang dinamakan sebagai negara pendiri ASEAN. Negara yang mendirikan ASEAN tersebut dapat berupa negara Malaysia, Filipina, Thailand, Indonesia, dan Singapura. Kemudian sekarang ASEAN memiliki 10 anggota yang berupa Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang identifikasi keunggulan dan keterbatasan indonesia dan negara negara ASEAN. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Identifikasi Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dan Negara Negara ASEAN

Pada tanggal 8 Agustus 1967, ASEAN didirikan oleh 5 negara dan termasuk negara Indonesia. Berdirinya ASEAN disebabkan karena negara negara pendirinya memiliki kesamaan di kala itu yaitu sama sama baru lepas dari jajahan kolonial, kecuali negara Thailand. ASEAN ini berdiri di Bangkok Thailand yang bertempat di aula utama gedung Departemen Luar Negeri. Batas wilayah ASEAN tersebut dapat anda pelajari pada artikel sebelumnya.

Organisasi ini dibentuk dengan tujuan tertentu dan ditandatangani oleh wakil lima menteri luar negeri sebagai bentuk Deklarasi ASEAN. Deklarasi ASEAN adalah dokumen pendek yang menggunakan kata kata sederhana dengan isi lima halaman. Dokumen ini secara garis besar berisi tujuan dan maksud pembentukan ASEAN. Lantas coba identifikasi keunggulan dan keterbatasan indonesia dan negara negara ASEAN?

Baca Juga  Pengertian Konstitusi, Fungsi, Tujuan dan Jenis Jenisnya

Gagasan berdirinya ASEAN pada mulanya muncul ketika Thailand menengahi rekonsiliasi perselisihan tertentu antara Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Lantas keempat negara ini sadar bahwa kerjasama regional cukup penting untuk menghindarkan mereka dari masa depan yang tidak pasti. Maka dari itu keempat negara ini mengajak Singapura bergabung agar dapat memperkuat kawasan dan memperbaiki hubungan.

Berdasarkan materi di atas tentunya kita sudah paham sedikit mengenai apa itu ASEAN. Kemudian coba kerjakan soal di bawah ini:

Identifikasi keunggulan dan keterbatasan indonesia dan negara negara ASEAN?

Jawaban.
Di bawah ini terdapat beberapa keunggulan Indonesia daripada negara negara ASEAN yaitu:

  1. Indonesia bisa melaksanakan kerja sama di berbagai sektor.
  2. Indonesia dapat melakukan proses impor dan ekspor yang lebih mudah dibandingkan negara ASEAN lainnya.
  3. Mempunyai SDA (Sumber Daya Alam) di berbagai daerah seperti melimpahnya flora dan fauna.
  4. Bisa bekerja sama dalam bidang ekonomi dan pertahanan.

Jawaban.
Di bawah ini terdapat beberapa keterbatasan Indonesia daripada negara negara ASEAN yaitu:

  1. Kurangnya import barang yang berasal dari kawasan ASEAN.
  2. Sektor perdagangan di masing masing negara ASEAN tidak stabil.
  3. Kekurangan SDA di kawasan ASEAN karena Sumber Daya Alamnya terus digerus.

Inilah jawaban mengenai identifikasi keunggulan dan keterbatasan indonesia dan negara negara ASEAN. ASEAN merupakan suatu organisasi ekonomi dan geopolitik yang beranggotakan negara negara di kawasan Asia Tenggara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.