Faktor Pendorong Terjadinya Mobilitas Sosial Antara Lain Adalah

Diposting pada

Faktor Pendorong Terjadinya Mobilitas Sosial Antara Lain Adalah – Apakah anda tahu dalam kehidupan masyarakat pasti ada perubahan strata sosial ataupun perpindahan masing masing individu? Perubahan strata sosial atau perpindahaan ini bahkan dapat terjadi pada diri kita sendiri bersama dengan keluarga terdekat. Lalu apakah hal ini dapat dihindari?

Sebenarnya terjadinya perubahan starta sosial dan perindahan tersebut merupakan hal yang wajar, baik perubahan strata sosialnya menjadi lebih rendah ataupun lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Masing masing anggota mastarakat tentunya menginginkan kehidupan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Maka dari itu mereka akan merubah strata sosial tersebut dengan cara berusaha giat. Inilah yang dapat dinamakan dengan adanya mobilitas sosial. Lantas faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah apa saja?

faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah
Terjadinya Mobilitas Sosial

Apa itu mobilitas sosial? Pengertian mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki oleh kelompok atau seseorang menuju status sosial lainnya yang terdapat dalam masyarakat. Perpindahan status sosial ini menghasilkan strata yang lebih rendah, tetap sederajat, atau bahkan menjadi lebih tinggi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Faktor Pendorong Terjadinya Mobilitas Sosial Antara Lain Adalah

Apakah anda tahu perpindahan strata setiap orang itu berbeda? Perbedaan ini disebabkan adanya mobilitas yang terdiri dari beberapa bentuk. Bentuk bentuk mobilitas sosial ini berhubungan dengan adanya faktor pendorong mobilitas sosial maupun faktor penghambat mobilitas sosial.

Mobilitas sosial dapat dibagi menjadi beberapa bentuk menurut hasil perpindahan status sosial yang dimiliki sesuai dengan derajat sosialnya. Bentuk mobilitas sosial secara umum terdiri dari bentuk horizontal, intragenerasi, vertikal, maupun antargenerasi. Lalu faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah apa saja?

Baca Juga  Berikut Ini yang Bukan Termasuk Bentuk Reklame Adalah

Dalam mata pelajaran sosiologi tentunya kita pernah membahas tentang materi mobilitas sosial. Mobilitas sosial secara garis besar merupakan perpindahan posisi sekelompok orang atau seseorang dari satu lapisan menjadi lapisan masyarakat lainnya. Maka dari itu secara sederhana, mobilitas sosial adalah berbeda beda. Jika anda telah memahami apa itu mobilitas sosial, coba kerjakan soal di bawah ini:

Faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah . . .
A. Komunikasi yang bebas
B. Urbanisasi
C. Perbedaan ras
D. Perbedaan jenis kelamis
E. Diskriminasi kelas

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Urbanisasi.

Seperti yang kita tahu bahwa mobilitas sosial digunakan untuk mendorong individu melakukan perubahan. Maka dari itu faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah:

  1. Pekerjaan bertujuan untuk meningkatkan status sosial individu jika dilakukan dengan baik
  2. Perbedaan fertilasi maksudnya adalah status sosial dipengaruhi oleh keturunan, gen, ataupun keluarga.
  3. Keadaan ekonomi maksudnya tingkat status sosial rendah atau tinggi yang dapat dicapai seseorang dipengaruhi oleh faktor kaya dan miskin.
  4. Situasi politik maksudnya status sosial yang menyejahterakan masyarakat disebabkan adanya politik tertentu.
  5. Urbanisasi dan Transmigrasi adalah perpindahan penduduk menuju kota yang lebih maju agar status sosialnya dapat ditingkatkan.

Inilah jawaban mengenai pertanyaan faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial antara lain adalah apa saja. Mobilitas sosial merupakan perpindahan status sosial yang dimiliki oleh kelompok atau seseorang menuju status sosial lainnya yang terdapat dalam masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.