Pada Masa Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia Sedang Dijajah Oleh

Diposting pada

Pada Masa Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia Sedang Dijajah Oleh – Apa itu pergerakan Nasional? Pengertian pergerakan Nasional adalah sebuah istilah yang digunakan bangsa Indonesia untuk menggapai kemerdekaan di masa lampau. Terjadinya pergerakan Nasional tersebut berlangsung pada tahun 1908 sampai 1945. Pergerakan Nasional ini lahir pada tahun 1908. Lahirnya pergerakan nasional tersebut disebabkan karena adanya perjuangan rakyat yang telah mempunyai visi skala Nasional.

Latar belakang pergerakan nasional tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Pelaksanaan pergerakan ini memang bertujuan untuk menentang penjajahan daerah yang sifatnya kedaerahan. Kemudian pada tahun 1908, berdirilah organisasi modern yang membawa cita cita Nasional. Tokoh tokoh pergerakan Nasional tersebut mulai bermunculan dengan alasan adanya politik etis yang diterapkan. Lalu pada masa pergerakan nasional bangsa indonesia sedang dijajah oleh siapa?

pada masa pergerakan nasional bangsa indonesia sedang dijajah oleh
Organisasi Pergerakan Nasional

Politik etis secara umum dapat diartikan sebagai sebuah gagasan yang menjelaskan bahwa tanggung jawab moral dipegang oleh pemerintah Belanda untuk menyejahterakan bumi putera. Tokoh tokoh pergerakan Nasional yang bermunculan ini menghasilkan kesadaran secara Nasional agar melaksanakan protes atas penindasan yang dilakukan oleh kaum penjajah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pada masa pergerakan nasional bangsa indonesia sedang dijajah oleh siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pada Masa Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia Sedang Dijajah Oleh

Pergerakan Nasional memang merupakan masa dimana bangsa Indonesia melakukan perjuangan untuk menggapai kemerdekaan dalam waktu 1908 sampai 1945. Rakyat Indonesia melakukan awal perjuangan pada tahun 1908 dengan tujuan atau visi Nasional.

Kemudian rakyat melaksanakan pergerakan untuk menentang kaum penjajah yang sifatnya masih kedaerahan. Kesadaran ini timbul demi mewujudkan cita cita Nasioal sehingga disertai dengan berdirinya organisasi organisasi modern di kala itu. Organisasi ini melahirkan satu kebangkitan Nasional yang berbeda bagi rakyat. Lalu pada masa pergerakan nasional bangsa indonesia sedang dijajah oleh siapa?

Baca Juga  Garam Dapur Termasuk Senyawa Karena

Tujuan utama pergerakan Nasional adalah membendung hasrat kaum kolonial yang berkeingingan untuk menanamkan kekuasaannya lagi di Indonesia. Setelah itu terbentuknya organisasi pergerakan Nasional sebagai refleksi rasa ketidaksetujuan dan ketidakpuasan tentang kondisi masyarakat yang cukup memprihatinkan. Setelah memahami sedikit mengenai masa pergerakan Nasional tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Pada masa pergerakan nasional bangsa indonesia sedang dijajah oleh . . .
A. Jepang
B. Belanda
C. Spanyol
D. Portugal

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Jepang.

Seperti yang kita tahu bahwa pada masa pergerakan nasional bangsa indonesia sedang dijajah oleh Jepang. Di kala itu terjadi perubahan dalam pergerakan perjuangan. Pada awalnya perjuangan bersifat kedaerahan, tetapi kini berubah menjadi Nasional. Meski begitu terjadinya pergerakan Nasional sebenarnya tidak hanya pada masa penjajahan Jepang saja. Di mulainya pergerakan ini saat berdirinya organisasi Budi Utomo tahun 1908. Bahkan hari lahir organisasi Budi Utomo tersebut menjadi Hari Kebangkitan Nasional.