Pemersatu Komunikasi Berbagai Suku Bangsa di Indonesia Adalah

Diposting pada

Pemersatu Komunikasi Berbagai Suku Bangsa di Indonesia Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa bahasa Nasional negara Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa ini dijadikan sebagai bahasa pemersatu bangsa dengan berbagai budayanya. Bahasa Indonesia pertama kali dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1928. Pada tahun tersebut, Bahasa Indonesia juga ditetapkan menjadi bahasa Nasional. Kemudian adapula penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945.

Bahasa Indonesia pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi sehari hari, seperti halnya penggunaan bahasa daerah. Bahasa daerah dan bahasa Indonesia memiliki perbedaan utama yang terletak pada jangkauan penggunaan bahasanya. Biasanya bahasa daerah digunakan untuk jangkauan daerah, sedangkan jangkauan bahasa Indonesia mencakup semua daerah di Indonesia. Contohnya bahasa Jawa yang penggunaannya berada di wilayah Jawa Tengah ataupun Yogyakarta. Lalu pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah apa?

pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah
Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa

Apa saja fungsi bahasa Indonesia itu? Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa Nasional tentunya memiliki beberapa fungsi di dalamnya seperti pemersatu masyarakat, sebagai identitas Nasional, sebagai kebanggaan negara Indonesia, serta untuk melakukan komunikasi antar masyarakat Indonesia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pemersatu Komunikasi Berbagai Suku Bangsa di Indonesia Adalah

Bahasa Indonesia pada umumnya dibuat oleh orang Indonesia untuk dijadikan sebagai bahasa pemersatu. Asal Bahasa Indonesia sendiri ialah dari bahasa Melayu. Asal usul Bahasa Indonesia tersebut diketahui dari penemuan beberapa prasasti di wilayah wilayah Indonesia. Misalnya saja prasasti di Kedukan Bukit Palembang tahun 683 M, prasasti Kota Kapur di Bangka Barat tahun 686 M, ataupun prasasti Talang Tuwo di Palembang tahun 684 M.

Pernyataan bahasa Melayu yang dijadikan sebagai induk Bahasa Indonesia tersebut semakin diperkuat dengan adanya informasi dari I Tsing yaitu seorang ahli sejarah dari Cina. Beliau menemukan informasi bahwa Bahasa Melayu biasanya dimanfaatkan sebagai bahasa penghubung antar wilayah di Kepulauan Nusantara. Setelah itu kedudukan bahasa Indonesia diresmikan sebagai bahasa negara dan bahasa Nasional. Hal ini tercantum dalam pasal 36 UUD 1945 dan diresmikan tanggal 18 Agustus 1945 oleh pemerintah. Lalu pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah apa?

Baca Juga  Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Pengertian dan Contoh

Bahasa Indonesia yang kedudukannya sebagai Bahasa Nasional memiliki fungsi yaitu sebagai sarana pemersatu suku bangsa, lambang kebanggaan Nasional, alat komunikasi antar budaya daerah, dan lambang identitas Nasional. Jika anda sudah paham mengenai kegunaan bahasa Indonesia tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah . . .

Jawaban.
Pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di indonesia adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia ini digunakan sebagai bahasa pemersatu suku bangsa di Indonesia. Bahkan Bahasa Indonesia ini sudah ditetapkan sebagai bahasa negara dan bahasa Nasional.

Bahasa Indonesia secara umum merupakan jati diri bangsa. Menggunakan bahasa Indonesia sama halnya mempunyai jiwa Nasionalisme yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Bahasa Indonesia digunakan dalam gerakan Nasional karena dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan dari bangsa Indonesia. Maka dari itu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat mencerminkan rasa Nasionalisme dalam diri kita. Apakah anda sudah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar? Jika sudah, maka anda sudah berupaya untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dalam diri anda.