Salah Satu Peristiwa yang Menunjukkan Bahwa Gelombang Dapat Dipantulkan Adalah

Diposting pada

Salah Satu Peristiwa yang Menunjukkan Bahwa Gelombang Dapat Dipantulkan Adalah – Apa itu gelombang? Gelombang merupakan sebuah fisis dalam Fisika yang mengandung pola periodik dan riak riak padanya. Maka dari itu pengertian gelombang adalah getaran yang merambat. Sebuah gelombang memiliki bentuk ideal yang mengikuti gerak sinusoidenya. Adanya peristiwa gelombang tersebut sebenarnya dapat dijumpai disekitar kita.

Pernahkan anda melempar batu ke danau atau kolam? Apa yang terjadi setelah itu? Ketika batu dilempar menuju genangan air maka akan menyebabkan terjadinya perambatan dan pembentukan beberapa lingkaran di atas permukaan air. Hal ini dikarenakan adanya sebagian energi kinetik dari benda yang jatuh dan kemudian ditransfer oleh air. Lingkaran lingkaran di atas permukaan air ini menandakan adanya peristiwa pemantulan gelombang. Lantas salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah apa?

Gelombang memang merupakan getaran yang merambat atau menyebarnya gangguan energi karena adanya getaran. Gelombang tersebut memiliki medium perambatan yang berupa zat gas, zat padat, maupun zat cair. Ciri ciri zat padat, gas, dan cair tersebut telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Salah Satu Peristiwa yang Menunjukkan Bahwa Gelombang Dapat Dipantulkan Adalah

Pada umumnya gelombang dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut amplitudo, zat perantara, dan arah getarnya. Gelombang tersebut juga memiliki beberapa sifat seperti dapat dibiaskan, dipantulkan, difraksi, dan interferensi. Untuk sifat gelombang yang akan saya bahas ini berkaitan dengan pemantulan gelombang. Apa itu pemantulan gelombang?

Baca Juga  Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal

Pengertian pemantulan gelombang adalah perubahan arah rambat gelombang ketika mengenai dinding penghalang menuju arah medium asalnya (dipantulkan). Lalu salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah apa? Pemantulan gelombang ini memiliki hukum tertentu di dalamnya. Adapun hukum pemantulan gelombang tersebut yaitu meliputi:

  1. Sudut datang gelombang sama dengan sudut pantul gelombang.
  2. Letak gelombang datang, garis normal, dan gelombang pantul berada pada satu bidang datar.
salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah
Konsep Pemantulan Gelombang

Pada dasarnya salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah terjadinya gaung dan gema. Sebenarnya masih ada lagi contoh contoh pemantulan lainnya yang dapat anda jumpai. Setelah memahami apa itu pemantulan gelombang, coba kerjakan soal di bawah ini:

Salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah . . .
A. Terbentuknya ombak laut
B. Terjadinya gempa bumi
C. Siaran radio diterima dimana mana
D. Penyerapan cahaya matahari oleh atmosfer

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Siaran radio diterima dimana mana.

Gelombang memang memiliki salah satu sifat yaitu dapat diantulkan. Maka dari itu salah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa gelombang dapat dipantulkan adalah siaran radio diterima dimana mana. Siaran radio dapat diterima dimana mana karena terjadi pemantulan sinyal radio pada lapisan atmosfer. Sedangkan terjadinya ombak laut disebabkan karena adanya angin laut. Energi angin tersebut ditransfer menuju perairan yang mengakibatkan adanya alun/bukit dan riak riak sehingga menghasilkan gelombang air laut. Gelombang air laut ini menghasilkan grafik atau kurva sinusoidal.