Perpindahan Kalor Tanpa Zat Perantara Disebut

Diposting pada

Perpindahan Kalor Tanpa Zat Perantara Disebut – Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita pernah menjumpai suatu benda yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Benda tersebut tentunya menggunakan media kalor. Apa yang dimaksud kalor itu? Apakah kalor dapat berpindah? Bagaimana proses perpindahan kalor itu?

Pengertian kalor adalah energi panas yang bisa melakukan perpindahan dari benda bersuhu tinggi menuju benda bersuhu rendah. Kalor ini memiliki satuan dalam SI yaitu Joule (J). Kalor dalam bidang giizi lebih populer dengan istilah kalori. Tubuh manusia dapat mengubah makanan menjadi energi panas. Cara mengukur energi panas tersebut dapat menggunakan satuan kilo kalori (kkal atau Kal). Lantas perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut apa?

perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut
Perpindahan Kalor

Pada umumnya suhu suatu benda dapat dinaikkan dengan adanya kalor. Jika massa bendanya semakin besar, maka kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhunya juga semakin besar. Contohnya suhu kayu dan suhu air yang akan dinaikkan, maka kedua benda ini memerlukan jumlah kalor yang berbeda beda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perpindahan Kalor Tanpa Zat Perantara Disebut

Apakah kalor dapat berpindah? Jawabannya bisa, karena kalor dapat melakukan perpindahan melalui beberapa cara. Perpindahan kalor ini terjadi pada benda yang suhunya tinggi menuju benda yang suhunya rendah. Kalor memang sering disebut dengan panas atau kalori dalam bahasa pergizian. Kalor ini dapat kita temukan di sekeliling kita, baik di sadari ataupun tidak.

Lantas perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut apa? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa perpindahan kalor terjadi melalui beberapa proses seperti konveksi, radiasi, dan konduksi. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu:

Baca Juga  Penyerangan Fatahillah ke Sunda Kelapa Bertujuan
  1. Konduksi adalah perpindahan kalor melalui zat tanpa diikuti perpindahan partikel zatnya karena terdapat selisih atau perpindahan suhu.
  2. Konveksi adalah perpindahan kalor pada zat yang diikuti dengan perpindahan partikel zatnya.
  3. Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa disertai dengan zat perantara. Contohnya sinar matahari yang akan terasa panas jika terkena kulit.

Setelah memahami apa saja perpindahan kalor di atas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut . . .
A. Asimilasi
B. Radiasi
C. Konveksi
D. Konduksi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Radiasi.

Seperti yang kita tahu bahwa perpindahan kalor tanpa zat perantara disebut radiasi. Berpindahnya panas ini dapat terjadi dari tempat yang satu menuju tempai lain melalui tiga cara seperti radiasi, konduksi, dan konveksi. Konveksi dan konduksi pada umumnya membutuhkan materi sebagai medium perantara sehingga dapat mentransfer panas. Sedangkan radiasi tidak membutuhkan medium perantara.

Apabila dua tempat atau benda memiliki suhu yang berbeda, maka perpindahan panas akan selalu terjadi dari tempat atau benda bersuhu tinggi menuju tempat atau benda bersuhu rendah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.