Urutan Proses Pembentukan Urine yang Benar Adalah

Diposting pada

Urutan Proses Pembentukan Urine yang Benar Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa ekskresi merupakan proses dalam tubuh yang dilakukan untuk membuang zat zat sisa metabolisme. Salah satu jenis zat yang dikeluarkan dalam proses eksresi tersebut adalah urine, Apakah anda tahu proses pembentukan urine itu? Dalam tubuh kita tentunya terdapat zat zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan karena dianggap sebagai sampah tidak terpakai. Zat tersebut memang tidak digunakan lagi dan apabila dibiarkan mengendap, maka akan membahayakan tubuh karena dapat berubah menjadi racun.

Lantas urutan proses pembentukan urine yang benar adalah bagaimana? Pada umumnya terjadinya proses pembentukan urine ini berada di organ ginjal. Ginjal memiliki fungsi utama yaitu menyaring darah, Setelah proses penyaringan terjadi, kemudian terjadi pengeluaran zat sisa yang bentuknya urine ini. Setiap harinya manusia pasti akan melakukan proses eksresi dalam tubuh atau membuang zat zat sisa metabolisme.

urutan proses pembentukan urine yang benar adalah

Urine merupakan salah satu contoh zat sisa dalam proses ekskresi dalam tubuh manusia. Selain urine, adapula zat sisa metabolisme lainnya yang dikeluarkan tubuh yaitu keringat. Faktor yang mempengaruhi pengeluaran keringat tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Namun materi yang akan saya bahas ini berhubungan dengan zat sisa urine. Apa yang dimaksud dengan urine itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang urutan proses pembentukan urine yang benar adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Urutan Proses Pembentukan Urine yang Benar Adalah

Pengertian urine adalah hasil sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh ginjal melalui proses ekskresi dalam tubuh. Biasanya dalam urine tersebut mengandung zat zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Maka dari itu zat ini harus dikeluarkan agar tidak meracuni tubuh. Dalam tubuh manusia memang sudah sewajarnya terjadi proses pembentukan urine karena kadar air dalam tubuh dapat berlebihan dan zat sisa metabolisme/racun yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh harus dikeluarkan.

Baca Juga  Unsur Utama Yang Ada Dalam Poster Adalah

Apakah anda tahu faktor yang mempengaruhi produksi urine itu? Pada umumnya proses pembentukan urine melibatkan beberapa organ dalam tubuh seperti saluran kemih, ginjal, maupun kandung kemih. Lantas urutan proses pembentukan urine yang benar adalah bagaimana? Produksi urine akan semakin banyak jika cairan yang dikonsumsi juga semakin banyak. Urine dapat terbentuk melalui tiga tahapan seperti penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorsi), maupun pengeluaran zat (augmentasi).

Seperti yang kita tahu bahwa setiap tahap pembentukan urine dilakukan dalam bagian organ tertentu. Materi tentang pembentukan urine di ginjal tersebut pada dasarnya telah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Materi ini tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, namun juga menjadi bahan soal soal ujian seperti berikut:

Urutan proses pembentukan urine yang benar adalah . . .
A. Filtrasi – Absorsi – Augmentasi
B. Filtrasi – Augmentasi – Reabsorsi
C. Filtrasi – Reabsorsi – Augmentasi
D. Reabsorsi – Augmentasi – Filtrasi
E. Reabsorsi – Filtrasi – Augmentasi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Filtrasi – Reabsorsi – Augmentasi.

Seperti yang kita tahu bahwa urutan proses pembentukan urine yang benar adalah filtrasi, reabsorsi, dan augmentasi. Terjadinya filtrasi pada dasarnya terletak di bagian glomerulus dan kapsul Bowman. Kemudian untuk terjadinya reabsorsi berada di bagian lengkung Henle dan tubulus proksimal. Sedangkan terjadinya augmentasi berada di bagian tubulus kolektivus (pengumpul) dan tubulus kontortus distal sebagai tempat sementara untuk menyimpan urine.