Apa Penyebab Jatuhnya Kabinet Wilopo

Diposting pada

Apa Penyebab Jatuhnya Kabinet Wilopo – Seperti yang kita tahu bahwa berlangsungnya kabinet Wilopo terjadi pada tanggal 3 April 1952 sampai 3 Juni 1953. Kabinet ini dibentuk untuk menggantikan Kabinet Sukiman Suwiryo. Dalam kabinet Wilopo terdapat perdana menteri Indonesia yang berasal dari partai PNI yaitu Wilopo.

Kabinet Wilopo mengusung program kerja yang tidak berbeda dengan kabinet kabinet sebelumnya. Akan tetapi kekuasaan kabinet Wilopo menimbulkan berbagai gerakan separatis muncul di Indonesia hingga dapat mengganggu stabilitas pemerintahan. Kebinet ini pada akhirnya berakhir karena aksi keras dari parlemen mengenai peristiwa di Tanjung Morawa Sumatera Selatan. Lantas apa penyebab jatuhnya kabinet wilopo?

Apa Penyebab Jatuhnya Kabinet Wilopo
Kabinet Wilopo

Terjadinya peristiwa Tanjung Morawa disebabkan karena pemerintah menyerahkan tanah Deli Planters Vereenging kembali. Hal ini dikarenakan pemilik sebelumnya dalam kabinet sebelumnya telah meninggalkan tanah tersebut sesuai dengan kebijakan. Berlangsungnya penyerahan pada masa kabinet Wilopo berdampak pada para petani yang menggarap Deli Planters Vereenging diusir karena tidak memiliki ijin. Peristiwa pengusiran ini mengakibatkan 5 petani tewas dan terjadi bentrok. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang apa penyebab jatuhnya kabinet wilopo. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Penyebab Jatuhnya Kabinet Wilopo

Seperti yang kita tahu bahwa pada masa kabinet Wilopo terjadi aksi keras dari para pers dan parlemen karena peristiwa pengusiran para petani tanpa ijin. Pada akhirnya anggota Serikat Tani Indonesia, Sidik Kertapati mengajukan mosi tidak percara yang dipimpin oleh Wilopo. Wilopo mengembalikan mandatnya secara resmi kepada Presiden Soekarno pada tanggal 2 Juni 1953.

Lantas apa penyebab jatuhnya kabinet wilopo? Kabinet Wilopo terbentuk atas dasar kegagalan dua tokoh politik yang ditunjuk oleh Soekarno untuk menjadi formatur kabinet. Dua tokoh politik tersebut adalah Prawoto Mankusasmito dari Partai Masyumi dan Sidik Djojosukarto dari PNI. Parlemen tidak mendukung kedua tokoh ini secara penuh sehingga dapat menyebabkan kegagalan dalam kabinet. Maka dari itu Wilopo kemudian ditunjuk oleh Soekarno untuk menjadi formatur kabinet yang baru.

Baca Juga  18+ Peninggalan Zaman Praaksara di Indonesia Beserta Gambar

Kabinet Wilopo dijadikan sebagai kabinet zeken yang merupakan jajaran para tokoh ahli dalam bidang masing masing. Kabinet Wilopo memiliki beberapa program kerja dalam beberapa bidang seperti di bawah ini:

  1. Organisasi
  2. Keamanan
  3. Kemakmuran
  4. Luar Negeri
  5. Perburuhan
  6. Negara
  7. Pengajaran dan Pendidikan

Setelah mengetahui apa itu kabinet Wilopo, coba kerjakan soal di bawah ini:

Apa penyebab jatuhnya Kabinet Wilopo?

Jawaban.
Jatuhnya Kabinet Wilopo disebabkan karena kabinet tersebut dianggap bersalah dalam menyelesaikan masalah tanah perkebunan milik modal asing di Sumatera Utara (Peristiwa Tanjung Morawa).

Inilah jawaban dari pertanyaan apa penyebab jatuhnya kabinet wilopo di atas. Kebinet Wilopo adalah kabinet ketiga yang didirikan setelah Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.