Apa Peran Sukarni Dalam Proklamasi

Diposting pada

Apa Peran Sukarni Dalam Proklamasi – Siapa itu Sukarni? Sukarni Kartodiwirjo adalah tokoh penting yang berperan dalam melakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sukarni tersebut juga berperan dalam peristiwa Rengasdengklok yang terjadi menjelang proklamasi. Sukarni menjadi salah satu tokoh yang merintis perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia.

Lantas apa peran sukarni dalam proklamasi itu? Sukarni lahir pada tanggal 14 Juli 1916 di Desa Sumberdiran, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sukarni adalah anak ke empat dari Dimun Kartodiwirjo, keturunan dari Eyang Onggo, dimana beliau memiliki 9 bersaudara. Sukarni sejak kecil telah menimba ilmu di sekolah formal. Mulai dari tingkat SD bersekolah di HIS, Sekolah Guru bersekolah di Kweekschool, sampai bersekolah di Universitas Rakyat atau Volks Universiteit.

Apa Peran Sukarni Dalam Proklamasi

Sukarni sebelum masuk ke HIS tersebut telah bersekolah di Mardisiswo yang dipimpin oleh Mohammad Anwar yaitu seorang Nasionalis dari Banyumas. Ketika bersekolah di Mardisiswo, Sukarni mendapatkan tempaan semangat Nasionalisme atau semangat anti penjajahan. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang apa peran sukarni dalam proklamasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Peran Sukarni Dalam Proklamasi

Seperti yang kita tahu bahwa dalam diri Sukarni terdapat rasa Nasionalisme yang tinggi sehingga terdorong untuk aktif dalam hal pergerakan. Sukarni memiliki pemikiran yang berpihak pada rakyat dan wong cilik meskipun memiliki garis keturunan yang memperoleh privilese pada masanya. Maka dari itu ketika Sukarni masih muda telah menjadi perhatian dari polisi rahasia Hindia-Belanda (PID).

Seperti yang kita tahu bahwa Sukarni Kartodiwirjo adalah salah satu pejuang dalam kemerdekaan Indonesia. Sukarni berperan dalam kemerdekaan Indonesia ini sejak usianya 14 tahun. Pada tahun 1930, Sukarni telah bergabung dalam organisasi Perhimpunan Indonesia. Sukarni juga berperan dalam pengusulan naskah proklamasi yang harus ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Baca Juga  Sejarah dan Isi Perjanjian Renville

Selain itu Sukarni juga memiliki beberapa peran lain dalam proklamasi kemerdekaan. Setelah mengetahui salah satu peran Sukarni tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Apa peran Sukarni dalam proklamasi?

Jawaban.
Dalam Proklamasi Kemerdekaan terdapat beberapa peran Sukarni yaitu seperti berikut:

  1. Memberikan usulan supaya naskah Proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Hatta.
  2. Menjadi salah satu tokoh dalam penculikan Sukarno dan Hatta pada peristiwa Rengasdengklok.
  3. Memberikan usulan agar penulisan naskah Proklamasi atas nama rakyat Indonesia.
  4. Membentuk Komite Van Aksi, barisan buruh Indonesia, dan angkatan Pemuda Indonesia.

Sekian jawaban dari pertanyaan apa peran sukarni dalam proklamasi. Sukarni tersebut memiliki peran penting dalam perumusan Proklamasi Kemerdekaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.