Orang Portugis yang Berhasil Menguasai Malaka Pada Tahun 1511 Adalah

Diposting pada

Orang Portugis yang Berhasil Menguasai Malaka Pada Tahun 1511 Adalah – Pada awal Juli 1511, Portugis melakukan ekspedisi menuju Malaka dengan pimpinan Afonso d’Albuquerque. Afonso d’Albuquerque adalah gubernur Portugis kedua yang berasal dari Estado da India. Kerajaan Portugis berangkat dari goa India dengan membawa 600 tentara dan 15 kapal besar maupun kecil.

Kemudian pada tanggal 10 Agustus 1511, d’Albuquerque dan pasukannya menaklukkan Malaka. Maka dari itu Portugis dapat mengendalikan perdagangan rempah rempah yang asalnya dari Asia menuju Eropa. Lantas orang portugis yang berhasil menguasai malaka pada tahun 1511 adalah siapa? Seperti yang kita tahu bahwa Portugis bersikeras untuk menguasai Malaka dengan alasan wilayah tersebut mempunyai kedudukan yang strategis dan peluang ekonomi berpotensial dalam proses perdagangan India sampai China.

orang portugis yang berhasil menguasai malaka pada tahun 1511 adalah
Penguasaan Portugis di Malaka

Dikala itu menaklukkan Malaka sama seperti menguasai perdagangan rempah rempah seperti kapulaga, lada, cengkeh, pala, hingga kopi. Menurut sejarah, dikala itu Malaka memiliki empat syahbandar, pengurus perdagangan yang dipilih pedagang asing sendiri dari berbagai kelompok bangsa untuk menyelesaikan keperluan dagang mereka. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban tentang pertanyaan orang portugis yang berhasil menguasai malaka pada tahun 1511 adalah siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Orang Portugis yang Berhasil Menguasai Malaka Pada Tahun 1511 Adalah

Malaka tentunya memiliki empat syahbandar yang meliputi syahbandar pertama menyelesaikan urusan perdagangan Gujarat, syahbandar kedua menyelesaikan urusan perdagangan Bengali, penduduk Pasai, Keling, dan Pegu. Kemudian syahbandar ketiga menyelesaikan urusan perdagangan di Maluku, Palembang, Filipina (Mangindanau dan Sulu), Jawa, Banda, dan Kalimantan. Sedangkan syahbandar ke empat mewakili dan menjaga pedagang di Kepulauan Liu Kiu maupun China.

Baca Juga  Tujuan Utama Pendirian VOC Adalah

Dari penjelasan ini tentunya kita tahu orang portugis yang berhasil menguasai malaka pada tahun 1511 adalah siapa. Orang Portugis sadar bahwa penghasil rempah rempah tersebut tidak hanya di India setelah beberapa lama menduduki Calcutta. Masih ada tempat tempat yang lain untuk dijadikan pusat perdagangan rempah rempah di Asia seperti Malaka ini. Maka dari itu Portugis melanjutkan ekspedisinya menuju ke arah timur.

Malaka yang ditaklukkan oleh Portugis tersebut memberikan kemudahan Portugis untuk menguasai perdagangan rempah rempah Asia menuju Eropa. Cara termudah Portugis menguasai perdagangan di Malaka adalah dengan menaklukkan atau merebut Malaka itu sendiri. Kemudian ekspedisi Portugis dikirim ke Malaka pada tahun 1511 dibawah pimpinan Afonso d’Albuquerque.

Setelah mengetahui siapa pemimpin ekspedisi Portugis di Malaka tersebut, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Orang Portugis yang berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511 adalah . . .
A. Alfonso d’Albuquerque
B. Vasco da Gama
C. Ferdinand Magelhaens
D. Bartolomeus Diaz

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Alfonso d’Albuquerque.

Dari jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa orang portugis yang berhasil menguasai malaka pada tahun 1511 adalah Alfonso d’Albuquerque. Portugis dapat mengembangkan terus sayapnya dengan menguasai Malaka dan membangun pangkalannya di wilayah timur seperti Maluku ataupun Sulawesi sebagai penghasil rempah rempah di Nusantara.