Kerajaan Makassar Merupakan Gabungan Dari Dua Kerajaan Yaitu

Diposting pada

Kerajaan Makassar Merupakan Gabungan Dari Dua Kerajaan Yaitu – Seperti yang kita tahu bahwa di tanah Sulawesi terdapat dua kerajaan berbeda yang bersatu hingga membentuk kerajaan Makassar. Dua kerajaan yang dimaksud adalah Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo. Maka dari itu tidak heran jika kerajaan Makasar dapat disebut juga dengan Kerajaan Gowa-Tallo atau Kesultanan Makassar.

Dari penjelasan ini tentunya anda sudah tahu mengenai kerajaan makassar merupakan gabungan dari dua kerajaan yaitu apa saja. Kerajaan Makassar pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari adanya masalah politik di masa lampau. Terbentuknya kerajaan Makassar ini berlangsung pada abad ke 16. Dalam periode tersebut, masing masing kerajaan di Sulawesi Selatan melakukan pengembangan dan pertahanan kekuatan politik, termasuk kerajaan Gowa dan Tallo.

Kerajaan Makassar Merupakan Gabungan Dari Dua Kerajaan Yaitu
Kerajaan Makassar

Di wilayah tersebut masih adapula beberapa kerajaan yang ditaklukkan oleh kerajaan lain karena kondisinya lemah. Ketika Daeng Matanre Karaeng Mangutungi Tumapa’risi Kallonna selaku raja kerajaan Gowa yang ke 9 memerintah pada tahun 1460 – 1510, beliau dapat menaklukkan kerajaan Tallo pada tahun 1490. Kerajaan Tallo dikala itu dipimpin oleh raja Tallo ke 2 bernama Samaranluka Tuni Labu ri Suriwa. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kerajaan makassar merupakan gabungan dari dua kerajaan yaitu apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kerajaan Makassar Merupakan Gabungan Dari Dua Kerajaan Yaitu

Setelah kerajaan Tallo ditaklukkan oleh kerajaan Gowa, kemudian kedua negara ini mengadakan perjanjian setia yang disertai dengan sumpah raja Tallo dan raja Gowa beserta Gellarang di balai kerajaan. Perjanjian ini berisi cerminan hubungan satu hamba, namun dua raja. Setelah kerajaan Tallo ditaklukkan oleh kerajaan Gowa, kemudian keduanya mengadakan perjanjian yang berisi hubungan satu hamba dengan dua raja.

Baca Juga  Perubahan Kenampakan Bulan dari Waktu ke Waktu Disebut

Lantas kerajaan makassar merupakan gabungan dari dua kerajaan yaitu apa saja? Raja Gowa dan Tallo melakukan sumpah yang isinya barang siapa yang mengadu domba kerajaan Gowa dan Tallo, maka akan dikutuk oleh dewata. Sejak saat itu kedua kerajaan ini melakukan hubungan yang cukup erat dan bahkan sulit dipisahkan. Maka dari itulah hubungan kedua kerajaan ini dinamakan dengan kerajaan Gowa-Tallo atau kerajaan Makassar.

Dalam kerajaan Makassar terdapat struktur kekuasaan yang meliputi raja Gowa berperan sebagai raja, sedangkan raja Tallo berperan sebagai mangkubumi. Kedua kerajaan bersaudara ini seiring berjalannya waktu mulai berkembang di Indonesia dan menjadi kerajaan besar di bagian timur. Setelah mengetahui apa itu kerajaan Makassar, coba kerjakan soal di bawah ini:

Kerajaan Makassar merupakan gabungan dari dua kerajaan yaitu . . .
A. Tallo dan Bone
B. Gowa dan Bone
C. Gowa dan Tallo
D. Gowa dan Wajo

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Gowa dan Tallo.

Kerajaan Gowa dan Tallo yang bersatu ini membentuk pusat pemerintahan yang berada di Somba Opu. Kerajaan Makassar tersebut terletak di jalur lalu lintas pelayaran Malaka dengan Maluku sehingga tergolong sangat strategis.