Macam Macam Topologi Jaringan Komputer (Materi TKJ), Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Diposting pada

Macam Macam Topologi Jaringan Komputer (Materi TKJ), Pengertian, Kelebihan, dan KekurangannyaPengertian topologi jaringan adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan. Sehingga sekumpulan perangkat tersebut bisa saling terkoneksi satu sama lain. Dalam penggunaanya ada beberapa jenis topologi jaringan komputer yang wajib kita hafalkan. Masing-masing memiliki perbedaan dari aspek kecepatan transfer data, anggaran biaya, serta kemudahan maintenance.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer

Menghafal setiap jenis topologi jaringan komputer menjadi Seperti yang telah kita ketahui bahwa topologi jaringan sederhana hanya terdiri dari server dan client. Server ibarat sebagai pusat dan clientnya merupakan penerima dari server itu sendiri. Topologi jaringan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis topologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Baik kelebihan dan kekurang setiap macam topologi jaringan komputer sebenarnya sudah diajarkan oleh guru. Materinya pun terangkum dalam buku pedoman produktif TKJ di jenjang kelas X hingga XI. Sejatinya ada banyak sekali variasi serta model topologi. Tapi yang wajib kita ketahui sebagai siswa TKJ adalah topologi Bus, Ring, Star, Mesh, dan Tree. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit mengenai topologi-topologi tersebut, mulai dari pengertian, kelebihan, serta kelemahan dari setiap topologi jaringan komputer.

Macam Macam Topologi Jaringan Komputer (Materi TKJ), Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

TKJ menjadi jurusan yang kini sangat populer dan banyak digemari oleh siswa. Antusiasme itu disebabkan oleh aktivitas serta materi ajar yang menyenangkan karena selalu bersinggungan dengan teknologi. Mampu membuat topologi jaringan pun akhirnya harus dikuasai siswa sebagai bentuk penguasaan materi.

Apa pengertian topologi jaringan itu? Apa saja jenis jenis topologi jaringan? Topologi jaringan komputer pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Setiap jenis topologi jaringan komputer tersebut memiliki pengertian dan karakterisik masing masing.

Pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan berbagai macam topologi jaringan yang diajarkan di sekolah. Bagi kalian siswa TKJ yang masih bingung terhadap materi ini simaklah apa yang akan saya sampaikan.

Jenis Topologi Jaringan Komputer

Menyusun jaringan komputer secara maksimal bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk mencapai tujuan itu kalian harus benar-benar menghitung tingkat kerumitan, anggaran, dan mempertimbangkan aspek lainnya.

Inilah yang melatarbelakangi materi topologi jaringan yang notabenya mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak masuk kelas X.

Ada berapa jenis topologi jaringan? Setidaknya ada 5 topologi yang diajarkan di sekolah khususnya SMK jurusan TKJ. diantaranya adalah:

  1. Topologi Bus.
  2. Topologi Ring.
  3. Topologi Star.
  4. Topologi Mesh.
  5. Topologi Tree.

Agar anda lebih paham mengenai pengertian topologi dan macam macam topologi di atas. Maka saya akan membagikan beberapa penjelasan mengenai masing masing jenis topologi tersebut. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu:

Topologi Bus

Topologi jaringan komputer BUS hanya menggunakan satu kabel coaxial. Setiap komputer terhubung dengan kabel tersebut dengan menggunakan BNC, dan kedua ujung kabel coaxial harus diakhiri terminator.

Saat duduk di bangku kelas X siswa jurusan TKJ biasanya akan diminta guru mendalami setiap aspek pada topologi bus. Hal itu tentunya mencakup bagaimana cara perakitan, gambar, hingga kekurangan dan kelebihannya.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Bus

Kelebihan Topologi Bus:

  1. Hemat kabel
  2. Susunan sederhana (simple)
  3. Penambahan dan pengurangan workstation tidak akan mengganggu workstation lain.

Kekurangan Tolopologi Bus:

  1. Kepadatan jalur lalu lintas.
  2. Jika kabel pusat bermasalah, maka semua workstation akan terganggu.

Topologi Ring

Dari bermacam macam topologi jaringan komputer mari kita bahas topologi ring terlebih dulu. Sama seperti namanya, topologi ini mengadaptasi bentuk melingkar layaknya cincin untuk menghubungkan komputer.

Topologi Ring menggunakan data token yang digunakan untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data. Sebagai contoh komputer 1 akan mengirim data ke komputer 4. Maka data tersebut akan melewati komputer 2 dan 3 sebelum sampai ke komputer 4.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Ring

Dari proses itu bisa kita simpulkan bahwa jenis topologi jaringan ini ibarat rangkaian yang menghungkan semua perangkat dalam satu jalur. Salah satu keuntungan topologi ring terletak pada biaya pembuatan yang murah karenanya hanya memerlukan LAN Card saja.

Baca Juga  Pengertian Subnetting Classfull dan Subnetting Classless

Kelebihan Topologi Ring:

  1. Proses pemasangan mudah.
  2. Hemat kabel.
  3. Hemat biaya.

Kekurangan Topologi Ring:

  1. Jika salah satu komputer bermasalah, maka komputer lain akan terganggu.
  2. Proses maintenance dan perbaikan yang rumit.
  3. Pengiriman data yang buruk.

Topologi Star

Macam topologi jaringan komputer selanjutnya ialah topologi star. Topologi jaringan komputer Star menghubungkan komputer dengan hub atau switch menggunakan kabel UTP, hub atau switch ini merupakan pusat dari topologi Star. Dari namanya pun kita sudah bisa menyimpulkan bahwa bentuk topologi ini menyerupai bintang dengan pusat penghubung berada di tengahnya.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Star

Jika komputer 1 akan mengirim data ke komputer 4, data akan dikirimkan ke switch dan langsung diterima oleh komputer 4 tanpa harus melewati komputer lainnya. Dari proses ini dapat disimpulkan bahwa topologi star menawarkan tingkat keamanan lebih baik daripada ring. Sebab data akan langsung diterima client tanpa perlu melewati komputer lainnya.

Jenis topologi komputer satu ini menjadi fokus pembelajaran jurusan TKJ di SMK. Sebab implementasinya banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, kantor, hingga sarana umum lainnya.

Kelebihan Topologi Star:

  1. Paling fleksibel.
  2. Kontrol terpusat.
  3. Kemudahan deteksi kesalahan.
  4. Kemudahan pengelolaan jaringan.
  5. Tingkat keamanan tinggi.

Kekurangan Topologi Star:

  1. Boros kabel.
  2. Biaya instalasi yang mahal.
  3. Apabila hub/switch error maka jaringan akan bermasalah.
  4. Switch atau hub menjadi pusat, jadi jika switch atau hub bermasalah maka semua komputer akan terganggu.

Topologi Mesh

Pengertian topologi jaringan komputer Mesh ialah jenis topologi yang menghubungkan setiap komputer dengan komputer lain menggunakan kabel tunggal. Jadi proses pengiriman data akan langsung ke komputer tujuan. Misalnya komputer 1 akan mengirim data ke komputer 4, maka data akan langsung dikirim ke komputer 4 tanpa harus melewati komputer lain ataupun hub/switch.

Topologi mesh biasanyatercipta karena sang teknisi kurang berpengalaman sehingga tak mampu membuat rencana pada saat membangun sebuah jaringan. Bagi siswa TKJ mesh merupakan jenis topologi jaringan yang paling dihindari. Sebab ada banyak sekali kekurangan yang diperoleh atas penggunaan topologi tersebut.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Mesh

Kelebihan Topologi Mesh:

  1. Keamanan data baik
  2. Besar bandwith lebar
  3. Pengiriman data lebih cepat
  4. Tidak perlu khawatir akan tabrakan data

Kekurangan Topologi Mesh:

  1. Biaya mahal
  2. Instalasi rumit dan susah

Topologi Tree

Macam topologi jaringan komputer selanjutnya ialah topologi tree. Topologi Tree adalah gabungan dari beberapa topologi star dan topologi bus. Jadi setiap topologi star akan terhubung dengan topologi star yang lain dengan perantara topologi bus. Dalam topologi ini, biasanya terdapat beberapa tingkatan jaringan. Jaringan yang berada di tingkatan atas akan dapat mengontrol jaringan yang terdapat di bawah atau yang lebih rendah.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Tree

Dari gambar di atas menurut saya jenis topologi jaringan komputer satu ini merupakan yang paling kompleks dari semuanya. Sebab topologi tree merupakan perluasan sekaligus gabungan dari dua atau lebih topologi.

Kelebihan Topologi Tree:

  1. Pengembangan jaringan mudah
  2. Mendeteksi kesalahan mudah
  3. Manajemen data baik

Kekurangan Topologi Tree:

  1. Kinerja lambat
  2. Boros kabel (boros biaya)
  3. Jika komputer di tingkat tinggi bermasalah, maka komputer di bawahnya juga akan terganggu.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian topologi jaringan serta macam-macam topologi jaringan komputer. Topologi jaringan komputer merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi satu jaringan yang saling terkoneksi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.