Pengertian Hardware, Software, dan Brainware Beserta Penjelasan Lengkapnya

Diposting pada

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware Beserta Penjelasan Lengkapnya – Laptop dan komputer kini menjadi perangkat yang familiar di kalangan masyarakat. Fungsinya yang banyak dapat memudahkan pengguna menjalani rutinitas seperti bekerja, sekolah, ataupun sekedar mencari hiburan.

Materi yang membahas apa itu software, hardware, dan brainware biasanya terkandung dalam mata pelajaran informati. Di jenjang SMK khususnya jurusan TKJ para siswa bahkan diberikan penjelasan intensif tentang ketiga istilah tersebut. Lantas apa perbedaan software dan harware dari sudut pandang pengguna? apa fungsi brainware?

Mari kita mulai dari perangkat keras dan lunaknya terlebih dulu. Keduanya merupakan komponen penting yang wajib ada dan tak bisa kita pisahkan satu sama lain. Namun terkadang kita sering melupakan istilah brainware yang notabenya merupakan orang yang mengoperasikan komputer. Apabila ketiganya kita jabarkan maka kalian akan menemukan materi baru yang cukup menarik.

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware Beserta Penjelasan Lengkapnya

Mengetahui perbedaan hardware dan software bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Demikian pula dengan meinterpretasikan pengertian brainware. Sebab ketiganya telah terangkum dalam buku pedoman informati dan mulai diajarkan bahkan saat siswa berada di bangku SMP.

Oke, bagi Anda yang masih kebingungan mengenai pengertian software, hardware, dan brainware bisa simak artikel ini sampai selesai karena saya akan mencoba mengulasnya secara rinci dan akan saya berikan contoh contohnya sekalian.

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware Lengkap
Hardware, Software, dan Brainware

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa pengertian software, hardware, dan brainware serta contoh-contohnya. Pernahkan anda mendengar istilah tersebut? Kalau anak TKJ pasti sudah pernah lah karena dalam materi pembelajaran ada juga yang membahas mengenai pengertian dan macam-macam software, hardware, serta brainware.

Pengertian Hardware

Hardware atau juga dikenal sebagai perangkat keras komputer adalah sebuah komponen komputer yang memiliki wujud dan dapat disentuh secara langsung oleh manusia. Hardware memiliki fungsi sebagai pendukung sistem komputer agar bisa berjalan dengan semestinya.

Hardware juga memiliki kemampuan lain yang biasa disebut dengan instruction set, apa itu? Instruction set adalah sebuah perangkat keras yang dapat bekerja berdasarkan perintah yang diberikan dan ditentukan oleh penggune atau user. Hardware mengerti bahasa perintah yang diberikan oleh pengguna sehingga dapat melakukan apa yang diberikan oleh user.

Perintah-perintah tersebut tentu tidak berjalan begitu saja melainkan ada yang mengontrol dan memoderasi sebuah komputer agar dapat bekerja sesuai dengan mekanisme yang ada. Dan yang menjadi otak sebuah komputer adalah CPU (Central Processing Unit) atau yang lebih dikenal sebagai Processor.

Untuk bekerja secara optimal, CPU membutuhkan sebuah alat berupa masukan (input) dan keluaran (output). Perangkat input berfungsi memberikan perintah sedangkan perintah output berfungsi untuk memunculkan hasil. Di bawah ini terdapat beberapa contoh hardware yaitu meliputi:

Perangkat Masukan (Input Device)

Pengertian input device adalah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Input device juga digunakan untuk menerima input atau masukan dari luar sistem dan dapat berupa signal input atau mauntenance input.

Contoh hardware komputer yang memegang peranan sebagai perangkat input adalah sebagai berikut:

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Joystick
  4. Scanner
  5. Dll

Perangkat Keluaran (Output Device)

Pengertian output device adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data dari input device. Macam-macam keluaran tersebut biasanya berupa hard copt, soft copt, maupun suara.

Contoh hardware komputer yang berfungsi sebagai perangkat output adalah sebagai berikut:

  1. Printer
  2. Monitor
  3. Speaker
  4. Proyektor
  5. Dll

Input/Output Ports (I/O Ports)

Pada bagian ini digunakan sebagai penerima ataupun pengirim data ke luar sistem. I/O Ports juga biasa disebut dengan bagian interface atau antar muka, karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

Jadi bisa dikatakan bahwasannya I/O Port ini digunakan sebagai penghubung antara perangkat input (input device) dan perangkat output (output device).

Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan otak dari sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi yaitu ALU (Aritmetical Logical Unit) yang digunakan sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) yang digunakan sebagai pengontrol kerja komputer.

CPU merupakan tempat pemroses instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan microprosessor. Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia perdagangan, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan biasanya ditambah dengan nomor seri, sebagai contoh Intel 80486 DX2-400 (Dibuat oleh Intel dengan seri 80486 DX2-400)

Baca Juga  Cara Mematikan Update Windows 10, 8, dan 7 Secara Permanen

Memori

Memori dikategorikan menjadi dua bagian yaitu memori internal dan external. Memori internal berupa RAM atau Random Access Memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data secara sementara, dan ROM atau Read Only Memory yaitu memory yang hanya bisa membaca saja dan digunakan sebagai penyedia informasi saat komputer pertama kali hidup.

Pengertian Software

Software atau juga dikenal dengan perangkat lunak komputer adalah sebuah komponen komputer yang terdiri dari instruksi-instruksi atau program komputer yang berfungsi menjalankan perintah dari user. Software juga berarti suatu data yang terdapat pada komputer dan memiliki format tertentu lalu disimpan secara digital dalam komputer, sebagai contoh adalah program aplikasi.

Berbeda dengan hardware, software merupakan perangkat yang tidak dapat disentuh secara langsung oleh manusia. Jadi manusia hanya dapat melihat dan menjalankannya saja tanpa bisa menyentuh.

Jadi singkatnya, pengertian software atau perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan digital dalam komputer seperti misalnya program aplikasi komputer, dokumentasinya, serta berbagai informasi lain yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Software juga merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud.

Dalam pembuatan perangkat lunak sendiri memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya dikompilasi sehingga menjadi kode yang dikenali oleh prangkat keras hardware. Di bawah ini terdapat beberapa contoh software yaitu meliputi:

Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi dasar sistem. Sistem operasi digunakan sebagai penghubung antara software dan hardware. Adapun contoh dari sistem operasi adalah sebagai berikut:

  • Windows
  • Linux
  • Mac OS
  • Unix
  • Dll

Program Aplikasi

Orang awam sering menyamakan pengertian sotware komputer dan aplikasi. Pendapat itu memang tidak sepenuhnya salah, hanya kurang tepat saja.

Aplikasi adalah perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan oleh pengguna. Dan dengan aplikasi ini maka akan membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Sebagai contoh pelajar yang ingin menulis maka menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk keperluan tulis menulis.

Ada banya sekali contoh aplikasi komputer yang dapat kita install. Masing-masing memiliki fungsi serta syarat instalasi yang berbeda dan dapat disesuaikan oleh kebutuhan sang brainware. berikut contoh dari aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Photoshop
  • Corel Draw
  • Google Chrome
  • Microsoft Word
  • Winamp
  • Dll

Perangkat Lunak Perusak

Perangkat lunak perusak ini juga sering dikenal dengan malware. Perangkat lunak ini akan menggangu kinerja komputer dan bahkan bisa merusak sistem komputer. Software satu ini wajib kalian hindari apapun yang terjadi. Sebab, saat komputer atau laptop terkena malware maka performanya akan menurun drastis bahkan sampai tidak bisa digunakan.

Beruntungnya, seiring berjalannya waktu terciptalah software pelindung yang bisa kita sebut sebagai antivirus. Pengertian software komputer satu ini adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melindungi perangkat dari serangan virus dan malware.

Pengertian Brainware

Sering kali orang hanya berfokus mempelajari pengertian software dan hardware saja lalu mengesampingkan komponen terakhir, yakni brainware. Definisi Brainware atau yang juga dikenal dengan perangkat manusia adalah seseorang yang mengoperasikan sebuah komputer untuk saling bekerja sama antara software, hardware, serta brainware.

Jadi gampangnya, brainware adalah seseorang yang menjalankan komputer yang di dalamnya ada software dan hardware. Sebagai contoh ayah sedang mengerjakan tugas kantor lewat komputer. Maka ayah berperan sebagai brainware atau otak yang mengoperasikan perangkat yang terdiri dari hardware dan software.

Software, Hardware, dan Brainware merupakan perangkat yang harus saling berhubungan. Tanpa adanya salah satu komponen, maka yang lainnya juga tidak akan bisa berjalan. Sebagai contoh kecil, tanpa brainware (user) maka hardware dan software tidak akan bisa bekerja.

Semoga artikel mengenai pengertian hardware, software, dan brainware serta contohnya ini bisa bermanfaat untuk Anda dan saya pribadi. Apabila menjumpai kesulitan dalam menghafal ketiga istilah yang saya sebut di atas maka jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan lewat kolom komentar yang tersedia.