Tokoh Yang Mewakili Australia Dalam UNCI Adalah

Diposting pada

Tokoh Yang Mewakili Australia Dalam UNCI Adalah – Indonesia pada umumnya belum terlepas dari bayangan penjajah (terutama Belanda) setelah proklamasi kemerdekaan terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Belanda berupaya untuk terus menguasai Indonesia dengan melancarkan Agresi Militer sebanyak dua kali. Pada tanggal 21 Juli 1947 terjadi Agresi Militer Belanda I dan 19 Desember 1948 terjadi Agresi Militer Belanda II. Setelah terjadi Agresi Militer Belanda I, kemudian terdapat Komisi Tiga Negara (KTN) yang dibentuk oleh PBB untuk menengahi konflik antara Belanda dengan Indonesia.

Lalu tokoh yang mewakili Australia dalam UNCI adalah siapa? KTN dikala itu dianggap gagal dalam menjalankan tugasnya karena Belanda masih melancarkan Agresi Militer Belanda II. Setelah Agresi Militer Belanda II selesai, kemudian UNCI (United Nations Commission for Indonesia) mulai dibentuk oleh Dewan Keamanan PBB untuk menggantikan KTN.

Tokoh Yang Mewakili Australia Dalam UNCI Adalah
Pembentukan UNCI

Badan PBB memiliki wewenang yang luas dengan mewujudkan perdamaian Belanda dan Indonesia melalui pembentukan UNCI. PBB mengubah KTN menjadi UNCI dengan tujuan untuk membawa masalah Indonesia dengan Belanda dalam KMB (Konferensi Meja Bundar) serta memulihkan kedudukan dari bangsa Indonesia. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tokoh yang mewakili Australia dalam UNCI adalah siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tokoh Yang Mewakili Australia Dalam UNCI Adalah

UNCI atau United Nations Commission for Indonesia dikenal dengan nama Komisi Perserikatan Bangsa Bangsa Indonesia. UNCI adalah komisi yang diberikan tugas oleh PBB untuk menggantikan tugas dari KTB atau komisi sebelumnya.

Lalu tokoh yang mewakili Australia dalam UNCI adalah siapa? Seperti yang kita tahu bahwa pada tanggal 28 Januari 1948, Dewan Keamanan PBB membentuk UNCI untuk menggantikan adanya KTN atau Komisi Tiga Negara. UNCI menggantikan KTN karena komisi tersebut dianggap gagal dalam melakukan tugasnya untuk mendamaikan konflik tertentu.

Baca Juga  Tangga Nada Diatonik Terdiri Dari

Setelah mengetahui apa itu UNCI, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Tokoh yang mewakili Australia dalam UNCI adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah Thomas Critchley.

Seperti yang kita tahu bahwa pembentukan United Nations Commission for Indonesia (UNCI) dilakukan untuk menggantikan KTN karena gagal dalam menjalankan tugasnya. UNCI memiliki beberapa anggota seperti halnya KTN, tetapi mereka memiliki perwakilan yang berbeda. Tokoh yang mewakili Australia dalam UNCI adalah Thomas Critchley. Kemudian untuk wakil diplomat Amerika Serikat bernama Merle Cochran dan wakil diplomat Belgia bernama Herremans. Peran UNCI disini adalah untuk menyelesaikan konflik antara Belanda dengan Indonesia melalui perundingan Roem Royen.