Pangeran Sabrang Lor Adalah Julukan Untuk

Diposting pada

Pangeran Sabrang Lor Adalah Julukan Untuk – Seperti yang kita tahu bahwa Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam yang pertama kali didirikan di Jawa. Pada abad ke 16, Raden Patah mendirikan kerajaan ini karena disebut sebagai Jin Bun. Demak dijadikan sebagai kerajaan yang kuat dengan bantuan dari para ulama yang disebut dengan nama Wali Songo. Masa kejayaan kerajaan Demak terjadi pada masa pemerintahan raja ke 3 yaitu Sultan Trenggono.

Kerajaan Demak pada awalnya dipimpin oleh Pati Unus yang dijuluki sebagai Pangeran Sabrang Lor sebelum dikuasai oleh Sultan Trenggono. Pati Unus memperoleh julukan tersebut karena dikala itu Pati Unus dapat menyerbu Malaka yang dikuasai oleh Portugis dengan gagah berani. Dari penjelasan ini kita tahu bahwa pangeran sabrang lor adalah julukan untuk siapa.

Pangeran Sabrang Lor Adalah Julukan Untuk
Pangeran Sabrang Lor

Penyerangan yang dilakukan oleh Pati Unus memang belum membuahkan hasil yang sesuai harapan, tetapi dijadikan sebagai legenda secara turun temurun. Pati Unus bahkan memperoleh sumbangan jung dari Rembang dan Semarang. Maka dari itu sekitar 100 jung saja yang berangkat ke Malaka, sedangkan beberapa jung dapat pulang. Bahkan adapula yang lainnya hancur karena serangan pasukan Portugis. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pangeran sabrang lor adalah julukan untuk siapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pangeran Sabrang Lor Adalah Julukan Untuk

Kerajaan Demak dikuasai oleh Pati Unus secara penuh dari tahun 1518 – 1521 sehingga tergolong singkat waktu pemerintahannya. Pati Unus menggantikan raja pertama kerajaan Demak sekaligus pendiri Kerajaan Demak yang wafat pada tahun 1518 yaitu Raden Patah. Nenek Pati Unus sendiri berasal dari Kalimantan Barat Daya yang merantau menuju Malaka serta menikah dengan orang Melayu. Kemudian lahirlah ayah Pati Unus yang dikenal sebagai pedagang sukses.

Ayah Pati unus tersebut mempunyai jung yang memiliki wilayah kekuasaan di beberapa Kalimantan dan di Pulau Bangka. Kemudian ayah Pati Unus kembali ke jawa dan bergabung di kerajaan Demak. Pati Unus sendiri merupakan seorang putra yang sangat dibanggakan. Pati Unus kemudian menikah dengan Putri Raden patah dan diberikan kepercayaan untuk menjadi raja sekaligus memimpin pasukan Kasultanan demak untuk melakukan invlasi menuju Malaka. Lalu pangeran sabrang lor adalah julukan untuk siapa?

Baca Juga  Tinggi Rendahnya Nada Disebut

Menurut sejarah, nasib Pati Unus ketika menyerang Portugis di Malaka tersebut terdiri dari beberapa laporan atau versi. Ada yang berpendapat bahwa Pati Unus wafat dalam pertempuran. Tetapi adapula pendapat bahwa Pati Unus berhasil pulang ke jawa dan selamat. Adapula pendapat lainnya bahwa Pati Unus berhasil meskipun dengan tangan hampa. Meski begitu di Pulau Jawa tetap dikenal sebagai sang pangeran muda yang melawan Portugis. Hal ini dikarenakan Pati Unus berani melawan Portugis meskipun di usia muda serta terkenal sebagai tokoh yang tangguh dan kuat.

Pati Unus sempat mengalami kegagalan dalam menyerang Portugis, namun beliau tetap disambut gembira oleh beberapa pihak di Jawa, terutama pihak yang memiliki relasi dengan Portugis yang cukup baik. Dari penjelasan ini tentunya anda sudah mengetahui bahwa pangeran sabrang lor adalah julukan untuk siapa. Kemudian pengaruh Portugis di tanah Jawa mulai dihalau oleh Pati Unus agar tidak meluas dengan cara melakukan ekspansi di beberapa daerah di pantai Utara Jawa.

Pati Unus meninggal pada tahun 1521 karena sakit bengkak paru paru. Kemudian kerajaan Demak dikuasai oleh putra Raden patah bernama Sultan Trenggono. Setelah mengetahui alasan Pati Unus memperolehh julukan seperti di atas, coba kerajakan soal di bawah ini:

Pangeran Sabrang Lor Adalah Julukan Untuk . . .
A. Arya Penangsang
B. Raden Patah
C. Adipati Unus
D. Sunan Prawata
E. Sultan Trenggono

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Adipati Unus.


Seperti yang kita tahu bahwa pangeran sabrang lor adalah julukan untuk Pati Unus. Kata sabrang Lor sendiri terdiri dari kata Sabrang artinya menyeberang dan Lor berarti Utara. Julukan ini diberikan karena Pati Unus pernah melawan Portugis dengan menyeberangi laut Jawa menuju Malaka.