Kapan Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu

Diposting pada

Kapan Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu – Jepang menyerah kepada Sekutu tanpa syarat pada tanggal 14 Agustus 1945 atau menurut waktu Jepang terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945. Kabar menyerahnya Jepang kepada Sekutu ini didengar oleh Wikana, Chairul Saleh, Sutan Sjahrir, dan Darwis melalui Radio BBC. Di kala itu golongan muda mendesak golongan tua secara langsung agar proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dilakukan. Tetapi golongan tua menolak karena mereka khawatir jika terjadi pertumpahan darah.

Di kala itu Soekarno dan Mohammad Hatta dibawa oleh golongan muda menuju Rengasdengklok supaya tidak terpengaruh oleh janji pihak jepang, mengingat kabar menyerahnya Jepang tanpa syarat ke Sekutu sudah didengar. Lantas kapan jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu? Kedua golongan merumuskan naskah proklamasi dan kembali ke Jakarta untuk memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Kapan Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu
Menyerahnya Jepang kepada Sekutu

Pihak sekutu sebelum Jepang menyerah tanpa syarat melakukan penyusunan Deklarasi Postdam yang isinya persyaratan dan tuntutan penyerahan Jepang. Hal ini dikarenakan jepang menyatakan adanya perang di Pasifik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kapan jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kapan Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu

Di kala itu Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, pemimpin Nasionalis China Chiang Kai-shek, dan Presiden AS Harry S. Truman menyusun Deklarasi Postdam pada tanggal 28 juli 1945. Deklarasi tersebut berisi klaim tentang perhitungan penasihat militer Jepang yang menjadi penyebab kehancuran negara itu. Pihak Sekutu kemudian memberikan ultimatum kepada Jepang agar kekuasaannya segera diserahkan.

Jepang diberikan syarat untuk melucuti senjatanya secara total, Sekutu menduduki daerah tertentu, dan pembuatan pemerintah yang bertanggung jawab harus disetujui. Lalu kapan jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu? Deklarasi Postdam ini memberikan janji kepada Jepang agar tidak dihancurkan sebagai suatu bangsa dan diperbudak sebagai ras. Jepang akan diancam untuk dihancurkan jika tidak menyetujui.

Baca Juga  Pakaian Adat Gorontalo Beserta Keterangan dan Gambar

Minister Suzuki Kantarō selaku perdana menteri Jepang merespons ultimatum tersebut dengan “mokusatsu” ketika jumpa pers dan lebih lanjut tidak memberikan pernyataan. Secara kasar arti dari mokusatsu adalah “no comment”. Kemudian ultimatum itu dimanifestasikan kepada Sekutu melalui pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Setelah mengetaui alasan menyerahnya sekutu tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Kapan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu?

Jawaban.
Menyerahnya Jepang kepada Sekutu tanpa syarat terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945 ketika kaisar Hirohito sedang berpidato.

Menyerahnya Jepang ini terjadi ketika Amerika Serikat melakukan pengeboman atom pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki. Jepang yang menyerah ini menjadi akhir dari perang Dunia II, dimana Jepang terlibat dalam penyerangan Amerika pada tanggal 7 Desember 1941 di Pearl Harbor. Kemudian serangan ini diikuti oleh serangan Jepang sehingga wilayah jajahan Inggris, Belanda, dan Perancis di Asia tenggara dapat dikuasai, temasuk Indonesia atau Hindia belanda.

Dari sini dapat kita ketahui bahwa jawaban dari pertanyaan kapan jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu adalah pada tanggal 14 Agustus 1945 atau 15 Agustus 1945 menurut waktu jepang. Penyerahan jepang kepada Sekutu tanpa syarat ini terjadi ketika kaisar Hirohito sedang berpidato. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.