Belanda Berupaya Masuk Kembali ke Wilayah Indonesia Dengan Cara

Diposting pada

Belanda Berupaya Masuk Kembali ke Wilayah Indonesia Dengan Cara – Seperti yang kita tahu bahwa Belanda dan Sekutu datang ke Indonesia lagi setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu dan Sekutu berhasil memenangkan Perang Dunia II. Di kala itu tanggal 15 Agustus 1945 terjadi penyerahan kekuasaan Jepang kepada Sekutu tanpa syarat ketika perang Dunia II. Dengan kata lain Sekutu sebagai pemenang Perang Dunia II mempunyai hak untuk menguasai wilayah Jepang ataupun wilayah yang pernah dikuasai Jepang.

Masuknya sekutu ke Indonesia tersebut di boncengi oleh NICA atau Netherlands Indies Civil Administration sebagai wakil dari pemerintahan Belanda. Kemudian mereka masuk melalui beberapa pintu di wilayah Indonesia, khususnya daerah pusat pemerintahan Jepang seperti Surabaya, Jakarta, dan Semarang. Karena kerjasama dua negara tersebut menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Lantas belanda berupaya masuk kembali ke wilayah indonesia dengan cara apa?

Belanda Berupaya Masuk Kembali ke Wilayah Indonesia Dengan Cara
Kedatangan Sekutu dan Belanda

Kedatangan Belanda dan Sekutu dilatar belakangi oleh masa kekosongan kekuasaan atau vacuum of power di negara Indonesia. Kemudian Belanda melakukan perundingan dengan Inggris di London setelah perang Dunia II dengan hasil Civil Affairs Agreement. Civil Affairs Agreement berisi pengaturan untuk menyerahkan Indonesia dari Inggris ke Belanda lagi. Terutama berhubungan dengan daerah Sumatera sebagai daerah yang terletak di bawah pengawasan SEAC (South East Asia Command). Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang belanda berupaya masuk kembali ke wilayah indonesia dengan cara apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Belanda Berupaya Masuk Kembali ke Wilayah Indonesia Dengan Cara

Seperti yang kita tahu bahwa datangnya Belanda dan Sekutu ke Indonesia karena beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Belanda yang masuk ke kelompok Sekutu berkeinginan untuk menjajah Indonesia lagi.
  2. Berperan sebagai pemenang dari Perang Dunia II.
  3. Sekutu memiliki tanggung jawab terhadap wilayah jajahan Jepang, khususnya Indonesia.
  4. Belanda memiliki perasaan bahwa negara tersebut dapat berkuasa lagi di Indonesia, sama seperti Jepang merebutnya. Dengan kata lain Belanda ingin menjajah Indonesia lagi.
Baca Juga  Sejarah Kerajaan Islam di Sumatera Terlengkap

Lalu belanda berupaya masuk kembali ke wilayah indonesia dengan cara apa? Setelah Perang Dunia II selesai, Sekutu beranggapan bahwa Sekutu memiliki tanggung jawab terhadap wilayah bekas jajahan Jepang. Adapun tanggung jawab Sekutu tersebut yaitu:

  1. Pelaksanaan pelucutan senjata pada tentara Jepang.
  2. Melaksanakan normalisasi kondisi di bekas jajahan Jepang.
  3. Melaksanakan pemulangan tentara Jepang.

Rakyat Indonesia pada kenyataannya melakukan proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Keadaan ini bertolak belakang dengan sudut pandang Sekutu dan Belanda. Apalagi Jepang merupakan pihak yang kalah perang sehingga Sekutu diminta untuk menjaga Indonesia dalam kondisi status quo. Hal ini menyebabkan Indonesia berkonflik dengan Belanda dan Sekutu. Setelah memahami bagaimana upaya tersebut, coba kerjakan salah satu soal seperti di bawah ini:

Belanda berupaya masuk kembali ke wilayah Indonesia dengan cara . . .
A. Menyerang langsung Yogyakarta
B. Menghancurkan kekuatan Jepang
C. Mendompleng misi Sekutu
D. Mengadu domba bangsa Indonesia
E. Memblokade perairan Indonesia.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Mendompleng misi Sekutu.

Sekian jawaban dari pertanyaan belanda berupaya masuk kembali ke wilayah indonesia dengan cara apa tersebut. Belanda berupaya untuk masuk ke wilayah Indonesia lagi dengan cara mendompleng misi pada Sekutu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.