Mengapa Larutan HCL Dapat Menghantarkan Listrik

Diposting pada

Mengapa Larutan HCL Dapat Menghantarkan Listrik – Apa itu larutan? Pengertian larutan dalam kimia adalah campuran homogen yang berasal dari dua zat atau lebih. Zat dalam larutan yang jumlahnya lebih sedikit dinamakan dengan zat solut atau terlarut. Sedangkan zat dalam larutan yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan zat lain dinamakan solven atau pelarut. Dalam larutan sendiri terdapat komposisi zat terlarut yang dinyatakan dalam bentuk konsentrasi larutan. Namun proses bercampurnya zat pelarut dan terlarut akan menghasilkan larutan dinamakan dengan solvasi atau pelarutan.

Pada umumnya kita akan menjumpai contoh larutan yang berupa padatan yang dilarutkan dalam cairan seperti gula atau garam. Adapula gas yang bisa dilarutkan dalam cairan seperti hidrogen klorida atau HCL dalam air. Lalu mengapa larutan HCL dapat menghantarkan listrik? Selain itu adapula contoh larutan yang berbentuk cairan terlarut dalam cairan lainnya ataupun cairan gas yang terlarut dalam gas lain.

Mengapa Larutan HCL Dapat Menghantarkan Listrik
Larutan HCL

Salah satu contoh larutan yang akan saya bahas adalah larutan HCL. Larutan HCL termasuk dalam jenis larutan elektrolit. Larutan HCL sendiri merupakan larutan akuatik yang asalnya dari gas Hidrogen Klorida sehingga dapat disebut juga dengan Asam Klorida. HCL sendiri termasuk dalam senyawa yang mempunyai berbagai kegunaan dalam kehidupan kita. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang alasan mengapa larutan HCL dapat menghantarkan listrik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Mengapa Larutan HCL Dapat Menghantarkan Listrik

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai larutan HCL, anda harus memahami pengertian asam dan basa terlebih dahulu. Seperti yang kita tahu bahwa HCL atau Asam Klorida merupakan larutan akuatik yang asalnya dari hidrogen klorita. HCL termasuk dalam kategori asam kuat serta tergolong dalam komponen utama asam lambung. HCL biasanya banyak digunakan dalam bidang industri secara luas. HCL bersifat korosif sehingga harus berhati hati dalam menggunakannya dan memperhatikan keselamatan.

Baca Juga  Sebutkan Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis

Lalu mengapa larutan HCL dapat menghantarkan listrik? HCL pertama kali ditemukan oleh ahli kimia Jabir bin Hayyan (Geber) pada tahun 800 setelah masehi ketika mencampurkan asam sulfat dengan natrium klorida. Senyawa tersebut kemudian digunakan oleh alkimiawan pada sepanjang abad pertengahan untuk mencari batu filsuf. Bahkan ilmuan Eropa seperti Davy, Glauber, dan Priestley juga menggunakannya untuk membangun pengetahuan kimia modern.

HCL secara umum termasuk dalam senyawa ikatan kovalen seperti kovalen polar. Jika senyawa kolaven polar dilarutkan dalam air, maka senyawa tersebut bisa menghantarkan listrik. Bahkan larutan HCL ini bisa menghantarkan listrik dengan baik karena terjadinya ionisasi pada HCL berlangsung dengan sempurna hingga membentuk ion ion dalam air. Dengan ion ion inilah larutan HCL dapat menghantarkan arus listrik. Setelah memahami apa itu larutan HCL, kemudian coba anda kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Mengapa larutan HCL dapat menghantarkan listrik?

Jawaban.
Larutan HCL dapat menghantarkan listrik karena ketika terurai dapat menghasilkan ion ion terlarut.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa alasan mengapa larutan HCL dapat menghantarkan listrik adalah karena HCL dapat terionisasi dengan sempurna ketika di dalam air. Berbeda lagi dengan HCL dan lelehan HCL dalam benzena yang tidak terionisasi sehingga tidak bisa menghantarkan arus listrik karena tidak memiliki ion ion yang bergerak bebas.