Materi Isotop, Isobar dan Isoton (Pengertian dan Contoh)

Diposting pada

Materi Isotop, Isobar dan Isoton (Pengertian dan Contoh) – Isotop, isobar dan isoton merupakan materi pembelajaran Kimia yang membahas tentang kriteria atom tertentu seperi persamaan jumlah neutron dalam atom, persamaan nomor atom, maupun persamaan nomor massa. Apa pengertian isotop itu? Apa pengertian isobar? Apa pengertian isoton? Bagaimana contoh isotop? Bagaimana contoh isobar? Bagaimana contoh isoton? Nomor atom menggambarkan banyaknya proton pada sebuah unsur. Sedangkan penentuan nomor massanya berasal dari jumlah neutron dan proton. Dalam inti sebuah atom terdapat jumlah proton yang pada umumnya sama dengan jumlah neutronnya. 

Jumlah neutron dalam beberapa atom terkadang juga berbeda dengan jumlah protonnya. Inilah yang berkaitan dengan materi isotop, isobar dan isoton. Dalam materi ini tentunya terdapat penjelasan mengenai pengertian isotop, pengertian isobar, pengertian isoton, contoh isotop, contoh isobar dan contoh isoton. Sebelum mempelajari tentang materi ini tentunya anda harus memahami mengenai komponen komponen sebuah unsur. Pemberian lambang unsur biasanya untuk nomor atom maupun nomor massa. Lambang unsur inilah yang dapat menjadi wakil dari jumlah neutron dan proton pada sebuah unsur.

Materi Isotop, Isobar dan Isoton (Pengertian dan Contoh)
Isotop, Isobar dan Isoton

Dalam sebuah unsur juga dapat dketahui jumlah elektronnya sekaligus. Dalam pembahasan tentang pengertian isotop, pengertian isobar, pengertian isoton, contoh isotop, contoh isobar dan contoh isoton terdapat beberapa kriteria tertentu. Untuk itulah materi atom tersebut terdapat makna yang berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang materi isotop, isobar dan isoton, baik pengertian maupun contohnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Isotop, Isobar dan Isoton (Pengertian dan Contoh)

Baik isoton, isotop, maupun isobar adalah unsur kimia yang sangat penting yang memiliki komposisi dan sifat atomik berbeda. Ketiganya sering kali membuat siswa bingung karena memiliki istilah nama yang hampir sama. Hal ini pun terkonfirmasi saat mereka mengerjakan soal isotop misal yang mengharuskan menghitung nomor atom.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa ada berbagai kriteria khusus dalam isotop, isobar dan isoton. Kriteriteria yang pertama ialah persamaan nomor atom dengan unsur, namun berbeda dengan nomor massanya. Misalnya atom O (Oksigen). Kemudian kriteria yang kedua ialah perbedaan nomor atom pada dua unsur tetapi mempunyai persamaan nomor massa. Misalnya atom Na (Natrium) dan atom Mg (Magnesium). 

Baca juga : Bentuk Bentuk Molekul Menurut Teori Domain Elektron dan Hibridisasi

Setelah dua kriteria di atas tentunya adapula kriteria ketiga. Kriteria terakhir ialah perbedaan dua atom tetapi terdapat persamaan jumlah neutronnya. Misalnya nitrogen dan karbon. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai materi isotop, isobar, dan isoton. Dalam pembahasan tersebut terdapat penjelasan mengenai pengertian isotop, pengertian isobar, pengertian isoton, contoh isotop, contoh isobar dan contoh isoton yaitu:

Isotop

Apa itu isotop dalam ilmu kimia? apa fungsinya? pertanyaan ini sangat umum saya jumpai. Soal isotop seringkali membebani siswa karena mereka harus menghafal aspek seperti nomor atom. Untuk membantu kalian, mari kita perdalam pemahaman tentang apa itu isotop.

Definisi isotop ialah sebuah persamaan nomor atom yang dimiliki oleh unsur sejenis. Dengan kata lain isotop juga dapat diartikan dengan unsur sejenis yang mempunyai perbedaan jumlah neutron dan persamaan jumlah proton. Dalam istilah yang lebih sederhana, isoton adalah isotop-isotop dari unsur-unsur yang berbeda, tetapi memiliki jumlah neutron yang sama.

Adakah contoh isotop dalam konteks kehidupan sehari hari? tentu saja. Apabila kalian mendapat contoh soal isotop demikian maka oksigen bisa menjadi perwujudan yang sempurna. Atom oksigen tersebut memiliki nomor atom 8, maka nomor massa yang ditemukan tidak sama yakni 18, 16 dan 17.

Isobar

Setelah penjelasan di atas, mari kita ganti topik ke pengertian isobar dan contoh isobar dalam keseharian. Sebagai unsur penting dalam ilmu kimia isobar mendapat porsi pembahasan yang lumayan banyak di buku pedoman. Selain dari sumber tertulis, tak jarang pula guru membahasnya ketika pembelajaran tatap muka bersama siswa.

Tapi taukah kalian apa itu isobar? berapa nomor atom isobar? inilah yang menjadi poin pertanyaannya. Karena contoh soal isobar sudah pasti keluar saat ujian berlangsung akhirnya membuat siswa kewalahan.

Pengertian isobar ialah atom yang berasal dari perbedaan unsur, namun di dalamnya memiliki persamaan nomor massa dan perbedaan nomor atom. Adapun contoh isobar yaitu atom Mg (Magnesium) dan atom Na (Natrium). Jika atom Na (Natrium) memiliki nomor 11 dan atom Mg (Magnesium) mempunyai nomor 12. Maka dari itu terdapat persamaan nomor massa diantara kedua atom tadi (Mg dan Na) yaitu 24.

Baca juga : Pengertian Basa Kuat dan Basa Lemah Beserta Contohnya Lengkap

Isoton

Setelah menjelaskan tentang pengertian isotop, contoh isotop, pengertian isobar dan contoh isobar. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian isoton dan contoh isoton. Definisi isoton ialah atom yang berasal dari unsur berbeda dimana terdapat persamaan jumlah neutron serta perbedaan nomor massa dan nomor atomnya.

Adapun contoh isoton bisa kita amati pada nitrogen (N) dan karbon (C). Jika nomor atom yang dimiliki karbon (C) adalah 6 dan nomor massanya 13, maka neutronnya memiliki jumlah 7. Kemudian nomor atom nitrogen (N) ialah 7 dan nomor massa 7, maka neutronnya akan berjumlah 7 juga.

Contoh Soal Isoton, Isobar dan Isoton

Dalam materi isotop, isobar dan isoton terdapat pembahasan mengenai pengertian dan contohnya. Selain penjelasan tersebut, kemudian saya akan membagikan contoh soal terkait materi tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Jumlah proton dan neutron yang dimiliki unsur X ialah 12 dan 14. Kemudian nomor massa dan nomor atom yang dimiliki unsur Y ialah 26 dan 12. Unsur X dan Y tersebut tergolong dalam kategori apa?

Pembahasan
Unsur X

  • Jumlah proton = 12
  • Jumlah neutron = 14

Unsur Y

  • Nomor massa (A) = 26
  • Nomor atom = jumlah proton (p) = 12
  • Jumlah neutron = A – p = 26 – 12 = 14

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa unsur X memiliki jumlah neutron yang sama dengan unsur Y yakni 14. Karena terdapat kriteria persamaan jumlah neutron pada kedua unsur maka tergolong dalam kategori isoton.

Sekian penjelasan mengenai materi isotop, isobar dan isoton, baik pengertian maupun contohnya. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan tentang pengertian isotop, pengertian isobar, pengertian isoton, contoh isotop, contoh isobar dan contoh isoton. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Materi Pemisahan Campuran dan Analisis Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.