Cara Mencari Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu Mudah Terlengkap

Diposting pada

Cara Mencari Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu Mudah Terlengkap – Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dicap sulit untuk dipelajari para siswa. Pada mapel ini kalian akan berjumpa berbagai materi berisi teori serta rumus kompleks. Salah satunya yakni mempelajari rumus jarak, rumus kecepatan, maupun rumus selisih waktu dalam satuan hitung tertentu. Jika mampu menghafalnya, maka kalian tak akan merasa kesulitan saat mengerjakan contoh soal pada materi tersebut.

Cara Mencari Jarak, Kecepatan dan Selisih Waktu Mudah Terlengkap
Jarak, Kecepatan dan Waktu

Penerapan rumus jarak, kecepatan dan selisih waktu matematika sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja pada speedometer mobil yang terus meningkat seiring gas terpacu. Alat pengukur jarak dan kecepatan ini digunakan untuk mengetahui kecepatan pengendara saat menjalankan kendaraannya.

Lantas bagaimana cara mencari jarak itu? Bagaimana cara mencari kecepatan itu? Bagaimana cara mencari selisih waktu itu? Rumus jarak dan rumus kecepatan tentunya memilik konsep berbeda, begitu pula dengan rumus selisih waktu. Tidak heran apabila masing-masing memiliki cara menghitung dan langkah pengerjaan yang tak sama.

Cara Mencari Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu Mudah Terlengkap

Secara garis besar baik rumus jarak, rumus kecepatan, dan selisih waktu sudah dipernekalkan bahkan sedari kelas 5 SD. Meski sering dianggap mudah, namun masih adapula beberapa orang yang kebingungan saat mengerjakan contoh soalnya. Padahal materi ini merupakan hal dasar sekaligus wajib dipahami apabila ingin beranjak ke jenjang selanjutnya.

Sebelum mengetahui rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus selisih waktu tentunya anda harus mehamami pengertian hal hal tersebut terlebih dahulu. Rumus waktu yang ditempuh, jarak yang ditempuh dan kecepatan ini tentunya dapat memudahkan anda dalam mencari besar nilai didalamnya. Dengan begitu pengerjaannya dapat diselesaikan lebih cepat dan mudah.

Pengertian jarak ialah panjang lintasan pada benda yang ditempuh tanpa harus melihat arahnya terlebih dahulu. Untuk itu jarak hanya memiliki nilai saja sehingga tergolong dalam besaran skalar. Kemudian adapula pengertian perpindahan ialah kedudukan dari titik awal hingga titik akhir yang berubah dan diukur dengan memperhatikan arah pencapaian dari benda tersebut. Perpindahan ini memiliki arah dan nilai sehingga termasuk dalam besaran vektor.

Baca juga : Rumus Bangun Ruang Beserta Sifat Sifatnya Terlengkap

Rumus Jarak, Kecepatan, dan Selisih Waktu

Dalam materi jarak, kecepatan dan selisih waktu ini juga mengenal adanya kinematika. Pengertian kinematika adalah ilmu dalam Fisika yang mempelajari tentang gerak tanpa memperhatikan penyebab dari gerak itu sendiri.

Hal ini dikarenakan dalam materi Dinamika terdapat pembahasan yang lebih lengkap terkait penyebab dari gerak itu sendiri. Kemudian adapula pengertian kecepatan ialah kedudukan sebuah benda yang berubah setiap satuan waktu. Di bawah ini terdapat rumus cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisisih waktu. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rumus Kecepatan

v = s/t

Rumus Jarak

s = v x t

Rumus Waktu

t = s/v

Keterangan :
v = Kecepatan benda (m/s)
s = Jarak atau perpindahan (m)
t = waktu (s)

Setelah memahami rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu di atas. Saya juga akan menjelaskan tentang perbedaan antara jarak dengan perpindahan. Kedua hal ini mungkin sering kali disamakan. Lalu apa saja perbedaan jarak dengan perpindahan itu? Berikut penjelasannya:

  • Jarak ialah lintasan yang dihitung seluruhnya, sedangkan perpindahan ialah kedudukan awal dan akhir yang hanya dihitung perubahannya.
  • Jarak tergolong dalam besaran skalar, sedangkan perpindahan tergolong dalam besaran vektor.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisih waktu mudah terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Jarak, Kecepatan dan Waktu

Setelah membagikan rumus cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisih waktu di atas. Kemudian saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

1. Selama 5 menit, Joni menempuh jarak sejauh 600 meter dengan motornya. Hitunglah kecepatan pada motor Joni?

Pembahasan.
Diketahui : t = 5 menit = 5 x 60 sekon = 300 sekon; s = 600 m
Ditanyakan : v = ?
Jawab :
v = s/t
   = 600/300
   = 2 m/s
Jadi kecepatan pada motor Joni ialah 2 m/s.

Baca juga : Trik Hitung Cepat Perkalian Matematika dan Contohnya

2.  Ana mengendarai mobilnya selama 1,5 jam dari kota Jogja ke Solo dengan jarak 60 km. Setelah itu perjalanan dilanjutkan selama 2 jam dari Solo ke Semarang yang berjarak 70 km. Dari Semarang kemudian perjalanan dilanjutkan sampai di kota A selama 1 jam sejauh 30 km. Tentukan kecepatan rata rata mobil Ana dari kota Jogja sampai kota A?

Pembahasan. 
Diketahui : s = 60 + 70 + 30 = 160 km; t = 1,5 + 2 + 1 = 4,5 jam
Ditanyakan : v = ?
Jawab. 
Cara mencari kecepatan tersebut dapat menggunakan rumus kecepatan seperti di bawah ini:
v = s/t
   = 160/4,5
   = 35,56 km/jam
Jadi kecepatan rata rata mobil Ana ialah 35,56 km/jam.

3. Sepeda Andi dikayuh selama 60 detik dengan kecepatan 5 m/s. Hitunglah jarak yang ditempuh Andi?

Pembahasan.
Diketahui : t = 60 s; v = 5 m/s
Ditanyakan : s = ?
Jawab. 
Cara mencari jarak tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan rumus jarak seperti di bawah ini:
s = v x t
   = 5 x 60
   = 300 m
Jadi, Andi menempuh jarak sejauh 300 meter.

4. Selama 1 jam sebuah mobil dapat menempuh jarak yang jauhnya 60 km. Tentukan kecepatan rata rata dari mobil itu?

Diketahui : t = 1 jam; s = 60 km
Ditanyakan : v = ?
Jawab. 
v = s/t
   = 60/1
   = 60 km/jam
Jadi mobil tersebut memiliki kecepatan rata rata 60 km/jam.

5. Jarak yang ditempuh oleh seorang atlet lari dapat mencapai 270 meter dengan waktu 30 detik. Tentukan kecepatan rata rata atlet lari tersebut?

Diketahui : s = 270 m; t = 30 s
Ditanyakan : v = ?
Jawab. 
Contoh soal kecepatan di atas dapat diselesaikan dengan rumus kecepatan seperti di bawah ini:
v = s/t
   = 270/30
   = 9 m/s
Jadi atlet lari tersebut memiliki kecepatan rata rata sekitar 9 m/s.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mencari jarak, cara mencari kecepatan dan cara mencari selisih waktu mudah terlengkap. Untuk menyelesaikan contoh soal jarak, contoh soal kecepatan dan contoh soal selisih waktu tersebut, anda dapat menggunakan rumus jarak, rumus kecepatan dan rumus waktu yang tersedia. Dengan begitu pengerjaannya dapat dilakukan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Apa Saja yang Menyebabkan Terjadinya Peristiwa Membeku Mencair dan Menguap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.