Pengertian Gurindam, Ciri Ciri, Jenis dan Contoh Gurindam

Diposting pada

Pengertian Gurindam, Ciri Ciri, Jenis dan Contoh Gurindam – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai sastra. Sastra tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti gurindam, puisi maupun pantun. Setiap jenis karya sastra memiliki ciri khasnya sendiri sendiri. Seperti halnya ciri ciri gurindam, jenis jenis gurindam maupun contoh gurindam. Apa yang dimaksud gurindam itu? Gurindam termasuk dalam karya sastra lama yang tidak dapat disamakan dengan pantun atapun puisi. Meskipun demikian gurindam memiliki bentuk hampir sama dengan puisi maupun pantun.

pengertian gurindam lengkap dengan jenis, ciri ciri dan contohnya
Karya Sastra Gurindam

Kita bisa menemukan contoh gurindam dalam pembelajaran bahasa jawa di sekolah. Materi gurindam yang terdiri dari pengertian, ciri ciri gurindam, jenis serta contohnya dirumuskan dalam silabus pendidikan. Sayangnya karya sastra yang harusnya dipelajari siswa ini jarang sekali diminati. Meskipun demikian sudah menjadi tanggung jawab kita untuk melestarikan budaya jawa yang masih ada.

Karya sastra gurindam memang tidak terlalu dikenal oleh orang banyak. Namun karya sastra ini dapat dipelajari dengan mudah. Karya sastra gurindam sendiri memiliki bentuk yang serupa dengan puisi. Tetapi isi gurindam serupa dengan pantun. Dengan kata lain gurindam adalah kombinasi dari puisi dengan pantun. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian gurindam, ciri ciri gurindam, jenis jenis gurindam dan contoh gurindam. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Gurindam, Ciri Ciri, Jenis dan Contoh Gurindam

Puisi adalah salah satu karya sastra yang mampu menyampaikan pesan, perasaan, hingga pemikiran lewat untaian kata. Dalam kontekstualisasi kita bisa menjumpai berbagai jenis puisi, salah satunya yakni gurindam. Mayoritas orang menganggap gurindam sebagai puisi tradisional yang mengangkat nilai nilai budaya melayu.

Apa itu gurindam? hampir semua orang salah pada saat pertama kali menjawab pertanyaan tersebut. Faktanya, gurindam memiliki sejarah yang panjang sebagai salah satu bentuk karya sastra lama. Perubahan bahasa, budaya, bahkan aksara pun turut meliputi sepak terjang perkembangan puisi tersebut. Hingga sekarang, contoh gurindam tentang berbagai tema terjaga tetap lestari sebagai materi pembelajaran.

Gurindam pertama kali dikenal melalui sastrawan terkenal seperti Raja Ali Haji. Ia merupakan penyair Melayu terkenal yang hidup pada abad ke-19. Raja Ali salah satu penyair yang membuat popularitas puisi lama naik pesat lewat contoh gurindam buattnya berjudul gurindam dua belas.

Pengertian Gurindam

Definisi gurindam adalah jenis puisi lama yang isinya dua bait, dimana di dalamnya terdapat satu kesatuan utuh. Selain itu setiap bait memiliki dua baris yang rimanya sama. Dikala itu orang Hindu membawa sastra yang bernama gurindam. Menurut bahasa Tamil atau India, kata gurindam berarti krindam yang maknanya perumpamaan.

Isi baris pertama gurindam adalah soal, masalah ataupun perjanjian. Sedangkan isi baris kedua gurindam ialah akibat atau jawaban dari perjanjian maupun masalah yang terdapat pada baris pertama tadi. Inilah alasan mengapa dalam pengertian gurindam disebutkan bahwasanya masing-masing bait saling berkaitan.

Kita bisa menemukan materi lengkap dan contoh gurindam di berbagai media belajar seperti buku pegangan siswa maupun LKS. Untuk mempelajari gurindam tidak diperlukan skill khusus dan semua orang bisa melakukannya. Mengapa demikian? karena gurindam pada hakikatnya sama seperti pantun atuapun puisi. Hanya saja dalam konteks pendidikan contoh gurindam disampaikan dengan bahasa jawa.

Baca Juga  Materi Teks Cerita Fantasi: Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Cerita Fantasi

Ciri Ciri Gurindam

Tidak semua orang mampu mengidentifikasi ciri ciri gurindam dengan benar. Hal itu terjadi sebab minimnya pengetahuan mereka tentang puisi lama tersebut. Padahal sedikit banyak ciri ciri gurindam pasti akan muncul di kala ulangan harian berlangsung.

Semua karya sastra yang dibuat tentu memiliki ciri khusus baik itu puisi, syair, pantun dan lain sebagainya. Pada sesi sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian gurindam. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri ciri dari gurindam. Adapun ciri ciri gurindam yaitu sebagai berikut:

  1. Tersusun oleh dua bait, dimana setiap bait memiliki dua baris.
  2. Jumlah kata pada setiap baris sebanyak 10 – 14 kata.
  3. Hubungan antar setiap bait berupa sebab akibat.
  4. Setiap baris memiliki rima atau sajak A- A, B – B, C – C, dan sebagainya.
  5. Di baris kedua gurindam terdapat isi atau maksud didalamnya.
  6. Pada umumnya gurindam memiliki isi yang berupa nasihat, kata mutiara, maupun filosofi hidup.

Jenis dan Contoh Gurindam

Gurindam dapat di bagi menjadi dua jenis berdasarkan barisnya yaitu gurindam berangkai dan gurindam berkait. Macam macam gurindam tersebut memiliki ciri dan contohnya masing masing. Berikut penjelasan selengkapnya:

Contoh Gurindam Berangkai

Pengertian gurindam berangkai ialah jenis gurindam yang memiliki kata pada setiap baris yang sama dalam bait pertamanya. Adapun contoh gurindam berangkai yaitu:

Pahami makna arti berusaha
Untuk menjadi seorang pengusaha
Berjuanglah untuk menjadi orang tidak malas
Agar menjadi orang yang berkualitas

Seiring berjalannya waktu, masyarakat pun mulai melupakan definisi dan ciri ciri gurindam. Semua itu akibat gempuran teknologi serta akulturasi yang semakin tidak terbendung. Meski contoh gurindam ada bahkan sejak jaman dulu tapi karya sastra lama tersebut tak boleh kita lupakan. Oleh karena itu, melestarikan gurindam adalah tugas penting untuk menjaga warisan sastra dan budaya Melayu.

Gurindam adalah contoh nyata bagaimana puisi dapat menjadi cerminan budaya dan nilai-nilai masyarakat. Dalam kata-kata sederhana dan irama yang indah, gurindam memperkaya pemahaman kita tentang sejarah, etika, dan perasaan manusia.

Contoh Gurindam Berkait

Definisi gurindam berkait ialah jenis gurindam yang bait pertamanya berhubungan dengan bait berikutnya dan seterusnya. Adapun contoh gurindam berkait yaitu:

Sebelum bertindak pikirlah dulu
Supaya tidak menyakiti orang sekitarmu
Jika bertindak semaumu
Pasti akan banyak yang tidak menyukaimu

Barang siapa tidak mempunyai agama
Pasti hidup sesat di dunia
Barang siapa tidak ingin hidup sesat di akhirat dan dunia
Maka bertaubatlah dengan cepat nantinya

Sekian penjelasan mengenai pengertian gurindam, ciri ciri gurindam, jenis jenis gurindam dan contoh gurindam. Karya sastra gurindam adalah kombinasi antara puisi dengan pantun karena bentuknya serupa dengan puisi dan isinya serupa dengan pantun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.