Yang Tidak Termasuk Fungsi Khusus Seni Rupa Dua Dimensi adalah

Diposting pada

Yang Tidak Termasuk Fungsi Khusus Seni Rupa Dua Dimensi adalah – Di negara kita ini tentunya seni rupa semakin berkembang maju. Meskipun begitu banyak perhatian yang harus dicurahkan kepada seni rupa dua dimensi tersebut. Gerakan seni rupa yang semakin maju ini dibuktikan dengan adanya jumlah galeri dan museum yang berdiri di masing masing daerah dan kota.

Kemajuan seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi dapat dijumpai dari berbagai jenis festival. Banyak festival yang diselenggarakan di kota kota besar atau daerah tertentu. Materi seni rupa dua dimensi juga telah dipelajari ketika di bangku sekolah. Bahkan adapula pertanyaan yang tidak termasuk fungsi khusus seni rupa dua dimensi adalah apa saja. Fungsi seni rupa dua dimensi tentunya berbeda dengan fungsi seni rupa tiga dimensi.

Yang Tidak Termasuk Fungsi Khusus Seni Rupa Dua Dimensi adalah
Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Seperti yang kita tahu bahwa seni rupa dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa tersebut merupakan sebuah barang yang bertujuan untuk menampilkan keindahan indera peraba dan mata yang dapat dinikmati. Hal ini dikarenakan seni rupa dua dimensi menghasilkan ciptaan ekspersi, keindahan alam, kualitas, atau segala hal yang keasliannya dapat lebih dari benda aslinya. Lantas yang tidak termasuk fungsi khusus seni rupa dua dimensi adalah apa saja?

Yang Tidak Termasuk Fungsi Khusus Seni Rupa Dua Dimensi adalah

Dalam artikel sebelumnya tentunya saya telah membahas tentang contoh karya seni rupa dua dimensi. Jenis karya seni rupa ini memiliki ciri khasnya sendiri. Apa itu karya seni rupa dua dimensi? Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang mempunyai lebar dan panjang saja. Maka dari itu tidak ada ruang dalam seni rupa dua dimensi tersebut karena di dalamnya tidak memiliki ketinggian atau ketebalan.

Apakah anda tahu apa saja unsur unsur seni rupa itu? Asal seni rupa dua dimensi ini adalah dari beberapa unsur pembentuk yang diolah sedemikian rupa oleh desainer atau perupa agar dapat diciptakan. Kita dapat menjumpai contoh seni rupa dua dimensi dalam bentuk ilustrasi, poster, lukisan, seni grafis, batik dan masih banyak lagi. Materi ini tentunya telah di bahas ketika dibangku sekolah. Bahkan adapula salah satu jenis pertanyaan seperti yang tidak termasuk fungsi khusus seni rupa dua dimensi adalah apa saja.

Baca Juga  Tinggi Rendahnya Nada Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa seni rupa dua dimensi hanya memiliki dua sisi saja seperti sisi lebar dan sisi panjang saja. Maka dari itu kita hanya dapat melihat karya seni rupa ini dari satu arah saja. Dalam materi seni rupa dua dimensi tersebut, kita dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan yang sering muncul seperti di bawah ini:

Yang tidak termasuk fungsi khusus seni rupa dua dimensi adalah . . .
A. Rekreasi
B. Komunikasi
C. Religi
D. Individual
E. Edukasi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Individual.

Seperti yang kita tahu bahwa karya karya seni rupa dua dimensi selalu memiliki kesan terhadap apa yang dibuat. Misalnya saja lukisan yang biasanya berisi apa yang selalu dialami dalam kehidupan sehari hari. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi seni rupa dua dimensi yaitu sebagai berikut:

  • Komunikasi yaitu digunakan untuk menyampaikan pesan yang terkandung di dalamnya. Contohnya poster, spanduk, iklan dan sebagainya.
  • Rekreasi yaitu fungsi khusus seni rupa dua dimensi yang digunakan untuk mengurangi kesedihan atau melepas kejenuhan. Misalnya lukisan yang keindahannya dapat kita nikmati dan menghibur hati.
  • Edukasi adalah fungsi yang digunakan dalam jenjang pendidikan. Contohnya gambar ilustrasi pada poster ilmiah, foto, maupun buku pelajaran.
  • Keagamaan atau Religi yaitu fungsi seni yang menjadi pesan atau ciri khas keagamaan. Contohnya kaligrafi. Kaligrafi adalah sebuah seni artistik dari tulisan tangan yang menggunakan bahasa arab. Dengan adanya kaligrafi ini, ekspresi seni mengenai budaya Islam dan konteks keagamaan dapat disampaikan kepada banyak orang.

Sekian penjelasan mengenai yang tidak termasuk fungsi khusus seni rupa dua dimensi adalah apa saja. Seni rupa dua dimensi memiliki ciri khas yaitu mempunyai panjang dan lebar saja sehingga tidak ada ruang di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.