Ebonit Adalah Isolator Karena Bersifat

Diposting pada

Ebonit Adalah Isolator Karena Bersifat – Seperti yang kita tahu bahwa dalam ilmu Fisika terdapat materi konduktor dan isolator. Materi yang akan saya bahas ini berhubungan dengan isolator. Isolator sendiri merupakan bahan yang tidak menghantarkan arus listrik maupun panas. Isolator dalam arus listrik mempunyai peran yang cukup penting karena dapat melapisi konduktor. Konduktor tersebut adalah bahan yang bisa menghantarkan arus listrik dan panas.

Seperti yang kita tahu bahwa pengertian konduktor dan isolator tersebut telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Konduktor dan isolator memang mempunyai fungsi yang berkebalikan karena isolator kegunaannya tidak bisa menghantarkan arus listrik, sedangkan konduktor bisa menghantarkan arus listrik. Salah satu contoh benda isolator sendiri adalah ebonit. Apa itu ebonit? Ebonit adalah isolator karena bersifat apa?

ebonit adalah isolator karena bersifat
Karet Ebonit

Isolator memang banyak ditemukan pada benda berbentuk kabel. Kabel sendiri memiliki bagian luar yang asalnya dari karet ataupun plastik. Sedangkan dalam kabel tersebut terdapat kawat yang berasal dari konduktor karena bisa menghantarkan listrik. Dapat disimpulkan jika isolator bukan penghantar listrik dan konduktor merupakan penghantar listrik yang baik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ebonit adalah isolator karena bersifat apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ebonit Adalah Isolator Karena Bersifat

Seperti yang kita tahu bahwa isolator disebut juga dengan penghambat aliran listrik. Kemudian adapula isolator listrik adalah bahan yang tidak bisa dilalui arus listrik. Adapula isolator termal merupakan bahan yang digunakan untuk mencegah adanya panas yang dilaluinya. Isolator memiliki bahan yang berupa benda tertentu sebagai penopang beban dan untuk memisahkan konduktor tanpa mengeluarkan arus listriknya.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud dengan Kalimat Utama dalam Paragraf

Isolator listrik memang termasuk dalam bahan non konduktor karena material yang digunakan memiliki zat dengan resistensi tinggi terhadap aliran arus listrik dan termasuk jenis konduktor yang buruk. Salah satu contoh isolator tersebut adalah ebonit. Lalu ebonit adalah isolator karena bersifat apa? Apa itu ebonit? Pengertian ebonit adalah karet vulkanisasi yang hitam, keras, dan berasal dari campuran belerang dengan karet.

Ebonit berguna untuk komponen alat teknik dan keperluan elektrik karena memiliki keunggulan sifat yang tahan benturan/pukulan, kuat, dan rigid. Pada dasarnya karet memang termasuk jenis ebonit yang memiliki fungsi untuk menghambat panas atau listrik karena bersifat isolator. Sifat isolator dalam ebonit tersebut pernah kita jumpai dalam salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Ebonit adalah isolator karena bersifat . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah karena tidak dapat menghantarkan panas atau listrik.

Karet ebonit adalah karet yang keras berasal dari karet sintetis atau karet alam yang dicampur sulfur sekitar 25 – 60 bagian (phr) sehingga cukup banyak jumlahnya. Setelah itu karet ini divulkanisasi menggunakan proses pemanasan dengan waktu cukup lama.

Seperti yang kita tahu bahwa ebonit adalah isolator karena bersifat tidak dapat menghantarkan panas atau listrik. Bentuk ebonit sendiri adalah karet yang asalnya dari belerang dengan sifat yang sulit untuk menghantarkan panas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.