Persamaan Karya Seni Kolase dan Mozaik Adalah

Diposting pada

Persamaan Karya Seni Kolase dan Mozaik Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa karya seni budaya dan prakarya memiliki jenis yang beragam seperti seni kriya, seni musik, seni rupa, dan sebagainya. Salah satu jenis seni rupa tersebut adalah seni rupa teknik tempel. Karya seni tempel adalah karya seni yang dihasilkan dari bahan bahan sekitar. Seni tempel sendiri terdiri dari seni mozaik, seni kolase, dan seni montase. Apa itu seni kolase? Apa itu seni mozaik?

Jenis jenis seni tempel tentunya memiliki pengertian dan cara pembuatannya sendiri. Letak teknik dasar kolase, mozaik, dan montase ini tentunya hampir sama dan kadang kadang sulit untuk dibedakan. Lalu persamaan karya seni kolase dan mozaik adalah apa? Karya seni mozaik, kolase, dan montase memang termasuk karya seni tempel dengan manfaat mengembangkan kreativitas. Pengertian montase, mozaik dan kolase sendiri telah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Persamaan Karya Seni Kolase dan Mozaik Adalah
Contoh Seni Tempel

Seni menempel ini bertujuan untuk melatih konsentrasi dan koordinasi tangan mata, melatih motorik halus, mengungkapkan ekspresi, mengasah kemampuan kognitif, dan meningkatkan kepercayaan diri. Ketiga hasil karya seni tempel jika ditinjau dari teknik pembuatannya memang sama sama memanfaatkan potongan material dan menggunakan teknik menempel dalam proses pembuatannya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang persamaan karya seni kolase dan mozaik adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Persamaan Karya Seni Kolase dan Mozaik Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa karya seni rupa teknik tempel adalah seni yang dihasilkan dari bahan bahan di sekitar kita. Seni tempel memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis sehingga menghasilkan karya berbentuk mozaik, montase, dan kolase. Mozaik, kolase dan montase memang sama sama menggunakan teknik tempel, tetapi bahan yang digunakan berbeda.

Baca Juga  Perbandingan Tegangan Terhadap Regangan Disebut

Lalu persamaan karya seni kolase dan mozaik adalah apa? Agar anda mengetahui pengertian montase, pengertian kolase, dan pengertian mozaik tersebut. Maka saya akan membagikan penjelasan mengenai masing masing karya seni ini menurut bahan yang digunakannya yaitu sebagai berikut:

  1. Kolase hanya menggunakan satu jenis bahan.
  2. Montase menggunakan satu bahan dari gambar gambar yang banyak dengan hasil membentuk satu tema.
  3. Mozaik menggunakan kepingan bahan kecil yang penyusunannya menghasilkan satu tema tertentu.

Dari sini kita tahu bahwa komponen penyusun kolase, mozaik, dan montase ini memang berbeda. Dalam kolase sendiri terdapat susunan komponen gambar besar yang berbentuk lukisan, foto kecil, ataupun gambar gambar. Jika membahas tentang karya seni tempel tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Persamaan karya seni kolase dan mozaik adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah kolase dan mozaik dibuat menggunakan teknik menempelkan potongan bahan pada media yang dipakai.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa persamaan karya seni kolase dan mozaik adalah teknik pembuatannya seperti teknik menempel ini. Teknik pembuatan mozaik dan kolase adalah menempelkan potongan bahan di atas media. Media penempelan ini dapat berbentuk papan, kertas, dan benda datar yang lain. Kita dapat menggunakan bahan seperti potongan kertas, biji bijian, potongan daun kering, ataupun potongan kain. Kita juga dapat menempelkan bahan ke media mengguakan lem PVAC ataupun lem kertas. Setelah itu lemnya ditunggu sampai kering sehingga kita dapat menikmati karya tersebut.