Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme

Diposting pada

Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme – Definisi seni secara umum adalah suatu hal yang tercipta dari tangan manusia dengan tambahan unsur keindahan di dalamnya. Sehingga hasil karya itu dapat membangkitkan semangat orang lain. Berdasarkan bahasa sansekerta, kata seni memiliki arti yaitu pelayanan, pemujaan, dan persembahan yang berkaitan dengan upacara keagamaan.

Sesuai bentuk dan konteksnya seni dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti contoh seni lukis. Seni lukis sendiri masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa kategori misalnya seni lukis Naturalisme. Masalahnya banyak siswa sering salah mengartikan apa itu seni lukis naturalisme ketika pelajaran kesenian.

Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme
Seni Lukis Naturalisme

Hal itu menurut saya cukup lumrah karena ciri ciri seni lukis naturalisme memang sulit untuk dihafalkan. Padahal semua materinya sudah terangkum pada buku pedoman serta LKS. Seni lukis dapat digambarkan sebagai pengembangan dari seni menggambar secara utuh. Adapun pengertian melukis itu sendiri yaitu mengolah gambar tiga dimensi menjadi gambar dua dimensi dengan menambahkan kesan tertentu.

Sebuah seni biasanya identik dengan istilah indah atau nilai estetik tinggi. Keindahan tersebut dapat berupa emosi dan ekspresi terhadap seni yang ingin ditampilan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni lukis Naturalisme dan ciri ciri seni lukis Naturalisme. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme

Sebelum membahas tentang pengertian seni lukis Naturalisme dan ciri ciri seni lukis Naturalisme. Ada baiknya kita memahami terlebih dulu apa itu seni rupa secara umum. Jika ditinjau dari fungsinya, seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Namun jika ditinjau dari wujudnya, seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Salah satu cabang seni rupa yang beradaptasi dan berkembang dalam nilai nilai budaya ialah seni lukis. Seni lukis sendiri memiliki macam macam aliran seni, Misalnya aliran seni lukis Naturalisme. Naturalisme merupakan aliran seni lukis yang menjelaskan tentang objek objek alam. 

Cara melukisnya pun cukup mudah yaitu melihat objeknya trelebih dahulu kemudian dilukis sesuai dengan apa yang dilihat. Para seniman yang menggunakan aliran seni lukis ini biasanya mengubah lukisannya semirip mungkin dengan objek.

Kemiripan tersebut dapat berupa tekstur, pewarnaan, proporsi, gelap terang, maupun perspektifnya sehingga terdapat ketelitian yang maksimal dalam lukisan tersebut. Seni lukis Naturalisme merupakan pengembangan dari seni lukis Realisme. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian seni lukis Naturalisme dan ciri ciri seni lukis Naturalisme.

Pengertian Seni Lukis Naturalisme

Apa itu seni lukis aliran naturalisme? pertanyaan ini mungkin sering terucap dari mulit siswa. Meski kegiatan praktikumnya terkesan menarik tapi ternyata masih banyak yang lemah ketika menghafal teori. Hal itu pun terbukti dari banyaknya siswa yang bertanya tentang aliran naturalis pada ilmu seni rupa.

Seni lukis naturalisme adalah jenis karya seni rupa yang menggunakan teknik melukis dengan cara meniru alam dan wujudkan dalam bentuk karya seni. Seni lukis naturalisme ini berkaitan dengan teknik pewarnaan, proporsi, prespektif dan teknik anatomi sehingga dapat semirip mungkin dengan objeknya. Seni lukis ini lebih menekankan pada keindahan alam yang ditampilkan dalam bentuk karya seni realistis. Tidak heran jika naturalisme merupakan pengembangan dari seni realistis yang pertama kali muncul pada abad ke 19.

Kata dasar dari naturalisme ialah “Natural” yang artinya alami atau asli. Maka dari itu seni rupa yang mengandung aliran naturalisme berhubungan dengan sesuatu hal yang bernuansa alami atau asli. Berdasarkan pengertian seni lukis Naturalisme dapat kita simpulkan bahwa karya seninya dapat berupa pantai, gunung, pemandangan alam, maupun pedesaan yang sering kita jumpai. Meski begitu adapula seni lukis naturalisme yang menggambarkan orang orang asli dengan budayanya masing masing. Maka dari itu seni naturalisme tidak selalu identik dengan lukisan alam.

Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme

Selain pengertian adapula ciri ciri seni lukis Naturalisme untuk membedakannya dengan jenis aliran seni lukis lainnya. Adapun ciri ciri seni lukis Naturalisme yaitu:

  1. Memiliki tema yang lebih condong pada keindahan alam.
  2. Menggunakan teknik gradasi warna.
  3. Menggunakan teknik pewarnaan, gelap terang, susunan perbandingan, tekstur dan prespektif dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Baca juga : Seni Kriya (Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Contoh)

Selain pengertian seni lukis Naturalisme dan ciri ciri seni lukis Naturalisme di atas. Saya akan membagikan beberapa contoh seni lukis yang menggunakan aliran tersebut. Berikut beberapa tokoh yang menggunakan aliran seni lukis Naturalisme:

Pengertian dan Ciri Ciri Seni Lukis Naturalisme
Contoh Seni Lukis Naturalisme

Seni lukis Naturalisme pertama kali diperkenalkan oleh Filsuf yang bernama John Amos Comenius pada abad ke 16. Pada saat itulah menjadi cikal bakal adanya pengertian seni lukis Naturalisme dan ciri ciri seni lukis Naturalisme.

Sekian penjelasan mengenai pengertian seni lukis Naturalisme dan ciri ciri seni lukis Naturalisme. Seni lukis tersebut merupakan hasil karya seni yang mengutamakan keindahan alam yang dilihat menggunakan mata kita. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Baca Juga  Tinggi Rendahnya Nada Disebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.