Sebutkan Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Pembuatan Es Krim

Diposting pada

Sebutkan Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Pembuatan Es Krim – Apa itu perubahan wujud benda? Pengertian perubahan wujud benda adalah peristiwa berubahnya bentuk sebuah benda menjadi bentuk yang berbeda lainnya. Di sekitar kita tentunya peristiwa ini sering dijumpai, meskipun prosesnya tidak terlihat atau bahkan tidak kita sadari.

Kita tentunya sering menemukan tiga wujud benda secara umum yaitu benda padat, benda gas, dan benda cair. Benda benda tersebut memiliki molekul yang dapat bergerak seperti gerak translasi (melakukan gerakan berpindah tempat) dan gerak vibrasi (melakukan getaran di tempat). Benda padat, gas, dan cair ini tentunya mengalami perubahan wujud menjadi bentuk lainnya. Selain berubah bentuk, ketiga benda tersebut juga mengalami perubahan bau maupun perubahan warna. Lantas sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim?

sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim
Proses Terjadinya Membeku

Seperti yang kita tahu bahwa terjadinya perubahan wujud disebabkan karena pemanasan atau pendinginan benda dalam suhu tertentu. Sifat dari perubahan wujud benda tersebut dapat berupa tidak sementara ataupun sementara serta tidak dapat menghasilkan zat baru ataupun menghasilkan zat baru. Lantas apa saja macam macam perubahan wujud benda itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pertanyaan sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Pembuatan Es Krim

Perubahan wujud benda dari satu bentuk menjadi bentuk lainnya memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti suhu. Dalam kehidupan sehari hari, kita dapat menemukan contoh perubahan wujud benda seperti mencairnya es batu atau menguapnya air ketika dipanaskan. Terjadinya perubahan wujud benda ini disebabkan karena benda melakukan sebuah aksi.

Lantas sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim? Seperti yang kita tahu bahwa macam macam perubahan wujud benda dapat berupa seperti di bawah ini:

Baca Juga  Tinggi Rendahnya Nada Disebut
  1. Mencair adalah perubahan wujud benda dari zat padat ke zat cair. Contohnya pemanasan mentega, mencairnya es batu menjadi air, mencairnya es krim, mencairnya lilin.
  2. Membeku adalah perubahan wujud benda dari zat cair ke zat padat. Contohnya memadatnya lilin cair, membekunya air menjadi es batu.
  3. Menguap adalah perubahan wujud benda dari zat cair ke zat gas. Contohnya mendidihnya air.
  4. Mengembun adalah perubahan wujud benda dari zat gas ke zat cair. Contohnya dipagi hari kita menemukan uap air di atas daun.
  5. Mengkristal adalah perubahan wujud benda dari zat gas ke zat padat. Contohnya berubahnya uap air menjadi salju.
  6. Menyublim adalah perubahan wujud benda dari zat padat ke zat gas. Contohnya menguapnya kapur barus, menguapnya biang es.

Jika membahas tentang materi perubahan wujud benda tersebut, tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim?

Jawaban.
Dalam pembuatan es krim terjadi perubahan wujud benda seperti membeku. Terjadinya peristiwa membeku ini disebabkan karena perubahan suhu sehingga adonan es krim yang awalnya cair dapat berubah wujud menjadi es krim karena membeku.

Kita tahu bahwa perubahan wujud benda ini tergolong dalam jenis perubahan Fisika. Sifat perubahan fisika ini adalah sementara sehingga terjadinya perubahan wujud benda ini dapat kembali seperti bentuk semula serta tidak membentuk zat baru. Inilah jawaban dari pertanyaan sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.