Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya

Diposting pada

Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya – Tidak semua orang tau apa saja jenis perubahan wujud benda. Padalah contoh perubahan wujud benda baik itu padat, cair, gas bisa dengan mudah kita jumpai dalam keseharian. Pembentukan benda benda ini asalnya dari molekul molekul berukuran kecil yang tersusun. Benda tersebut memiliki molekul yang dapat bergerak, baik bergerak berpindah tempat (gerak translasi) maupun bergetar di tempat (gerak vibrasi).

Gerak vibrasi benda pada umumnya dapat kita jumpai dalam molekul benda padat yang menyusunnya. Sedangkan molekul penyusun benda gas atau cair dapat melakukan gerak translasi maupun vibrasi. Pada dasarnya suatu benda dapat mengalami perubahan wujud tertentu. Apa macam macam perubahan wujud benda itu? Apa saja contoh perubahan wujud benda itu? Jenis jenis perubahan wujud benda ini didasarkan pada suhu kalornya.

Jenis jenis perubahan wujud benda tersebut dapat berupa membeku, menguap, mengkristal, mencair, menyublim dan mengembun. Pada dasarnya wujud benda dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu benda gas, benda padat dan benda cair. Suatu benda yang mengalami perubahan wujud ini disebabkan karena adanya perubahan suhu, baik didinginkan ataupun dipanaskan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam perubahan wujud benda beserta contoh perubahan wujud benda. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya

Kita sering menemukan contoh pada perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh panas seperti benda padat yang berubah menjadi cair atau sering disebut proses mencair. Perubahan wujud ini tidak hanya mencair saja, namun masih ada jenis jenis lainnya.

Baca juga : Pengertian Satuan Baku dan Tidak Baku Beserta Contoh

Apa saja jenis jenis perubahan wujud benda itu? Ketika di bangku sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi perubahan wujud benda dalam ilmu Fisika. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai macam macam perubahan wujud benda dan contoh perubahan wujud benda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Macam Macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya
Perubahan Wujud Benda

Pada dasarnya setiap contoh perubahan wujud benda yang terjadi tak lepas dari faktor suhu. Baik perubahan suhu panas ke dingin ataupun sebaliknya mampu mempengaruhi berbagai benda di sekitar kita. Tapi karena belum memiliki teori yang mumpuni membuat banyak siswa kesulitan ketika diminta menjelaskan proses terjadinya perubahan wujud benda.

Mencair

Apakah kalian sering membei es krim di toko? atau meminum es teh di warung? tanpa kita sadari es yang ada di dalam minuman tersebut lambat laun akan menghilang. Sebenarnya tak sepenuhnya hilang tapi es tersebut berubah menjadi air. Perisitiwa inilah yang akhirnya disebut sebagai proses mencair.

Perubahan wujud benda pertama yang ingin saya perkenalkan yakni mencair. Pengertian mencair adalah perubahan benda padat yang wujudnya menjadi benda cair. Mencairnya suatu benda dapat disebabkan oleh adanya panas, kita dapat juga menyebutnya sebagai meleleh. Adapun contoh mencair yaitu melelehnya es krim di hari yang panas, mencairnya mentega di atas panci dengan kompor menyala, mencairnya es batu, mencairnya batu batuan yang terkena magma panas karena eruspi gunung dan sebagainya.

Membeku

Macam macam perubahan wujud benda selanjutnya ialah membeku. Membeku merupakan jenis perubahan wujud benda yang membuat benda cair menjadi padat. Peristiwa membeku sendiri merupakan kebalikan dari mencair. Adapun contoh perubahan wujud benda yang membeku yaitu mencairnya es krim yang dapat diubah menjadi padat kembali setelah diletakkan pada freezer, lelehan lilin yang menetes karena panas dapat berubah menjadi padat ketika suhunya telah dingin dan lain lain.

Baca juga : Rumus Gerak Vertikal ke Bawah dan Contoh Soal

Proses pembekuan memang sangat jarang terjadi secara natural khususnya di Indonesia yang beriklim tropis. Mengapa demikian? sebab proses ini melibatkan penurunan suhu yang signifikan agar mampu merubah zat cair menjadi padat. Tapi kita tetap bisa mengamati tahapan ataupun contoh perubahan wujud benda satu ini ketika membuat es batu.

Menyublim

Pengertian menyublim ialah perubahan wujud benda yang awalnya berbentuk padat menjadi gas. Peristiwa menyublim ini dapat disebabkan karena adanya suhu dingin. Proses menyublim pada benda padat ini akan langsung berubah menjadi gas sehingga tidak perlu melalui proses menjadi cair terlebih dahulu. Adapun contoh menyublim yaitu kapur barus yang dibiarkan pada ruang terbuka akan menyebabkan lama kelamaan menjadi kecil dan habis. Kapur barus tersebut menjadi gas tanpa harus melalui proses mencair sehingga dapat dikatakan bahwa kapur tidak menghilang. Selain itu adapula contoh lainnya yaitu salju dan es kering ketika musim dingin.

Menguap

Macam macam perubahan wujud benda selanjutnya ialah menguap. Pengertian menguap ialah perubahan wujud benda yang terjadi pada benda cair menjadi benda gas. Menguap tersebut merupakan perubahan wujud pada benda yang disebabkan oleh adanya panas. Terjadinya penguapan ini hanya terdapat dalam permukaan benda cair saja. Untuk itu contoh perubahan wujud benda yang menguap dapat berupa menguapnya keringat untuk membuat tubuh menjadi dingin, penguapan minuman atau makanan yang masih panas dan sebagainya.

Mengembun

Jenis perubahan wujud benda selanjutnya sering kita jumpai ketika pagi hari sedang berjalan atua jogging. Mengembun adalah perubahan benda yang mula mula wujudnya gas hingga menjadi benda cair. Adapun contoh mengembun yaitu timbulnya embun karena mendinginnya gas diudara. Embun tersebut dapat kita jumpai ketika dipagi hari ataupun setelah hujan turun.

Tanpa perlu saya beri contoh konkret harusnya kita dapat menemukan contoh perubahan wujud benda tersebut. Proses pengembunan sering terjadi di pagi hari ketika terjadinya pergantian suhu udara. Kalian bisa menjumpai tetasan embun menempel pada dedaunan atau pepohonan.

Mengkristal

Pengertian mengkristal ialah perubahan benda yang wujudnya cair menjadi benda padat. Benda cair ini mengalami perubahan molekul sehingga tidak dapat disamakan dengan membeku walaupun sama sama memperoleh pengaruh dari dingin. Selain itu perubahan senyawa benda juga dapat berpengaruh terhadap benda yang mengalami perubahan wujud mengkristal. Adapun contoh mengkristal yaitu mengkristalnya molekul gula yang ada disekitaran wadah atau mulut botol madu. Cairan air gula ini mengalami proses pengkristalan.

Demikianlah penjelasan mengenai macam macam perubahan wujud benda beserta contoh perubahan wujud benda. Suatu benda dapat mengalami perubahan wujud ketika dipanaskan atau didinginkan, baik secara membeku, menyublim, menguap, mengkristal, mencair maupun mengembun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perubahan wujud benda di atas.

Baca Juga  Contoh Gelombang Transversal dan Longitudinal Beserta Penjelasan