Pelaksanaan Politik Luar Negeri Mencerminkan

Diposting pada

Pelaksanaan Politik Luar Negeri Mencerminkan – Pada dasarnya politik luar negeri merupakan suatu action theory atau kebijaksanaan sebuah negara yang ditujukan untuk negara lain demi menggapai kepentingan bersama. Lantas apa itu politik luar negeri? Secara umum pengertian politik luar negeri adalah sebuah perangkat formula sikap, sasaran, nilai, dan arah yang digunakan untuk mengamankan, memajukan, dan mempertahankan kepentingan Nasional menggunakan peraturan dunia Internasional.

Lalu pelaksanaan politik luar negeri mencerminkan apa? Politik luar negeri pada umumnya termasuk sebuah komitmen atau strategi dasar yang digunakan untuk menggapai sebuah tujuan, baik dari luar negeri ataupun dalam negeri. Dengan menggunakan politik luar negeri ini, keterlibatan sebuah negara dalam lingkungan sekitar atau isu isu Internasionalnya dapat ditentukan.

pelaksanaan politik luar negeri mencerminkan
Politik Luar Negeri

Pengertian politik luar negeri tersebut pada dasarnya telah saya jelaskan lengkap pada artikel sebelumnya. Dalam praktiknya, politik luar negeri menjadi sebuah studi kompleks yang berhubungan dengan aspek internal dan aspek eksternal suatu negara. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pelaksanaan politik luar negeri mencerminkan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pelaksanaan Politik Luar Negeri Mencerminkan

Seperti yang kita tahu bahwa masing masing negara mempunyai kepentingan Nasional yang harus digapai. Kepentingan negara tersebut dapat digapai di dalam wilayah negara maupun di luar wilayah negara. Untuk pencapaian kepentingan negara yang dilaksanakan di luar wilayah negara dapat dinamakan dengan politik luar negeri.

Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa politik luar negeri adalah tingkah, sikap, dan kebijakan pemerintah sebuah negara yang digunakan untuk melaksanakan hubungan dengan badan hukum Internasional, negara lain, maupun organisasi Internasional. Jenis politik luar negeri yang pernah dianut oleh bangsa Indonesia adalah politik luar negeri bebas aktif.

Baca Juga  Jelaskan Bentuk Muka Bumi Indonesia

Apa itu politik luar negeri bebas aktif? Bebas aktif yang dimaksud dalam politik luar negeri ini bukan merupakan politik netral. Yang dimaksud adalah politik luar negeri yang bebas dalam menentukan kebijakan dan sikap mengenai permasalahan Internasional serta aktif dalam menggapai perdamaian dunia. Materi politik luar negeri ini pada dasarnya telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Bahkan materi ini juga sering ditemukan dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Pelaksanaan politik luar negeri mencerminkan . . .
A. Ideologi negara
B. Sistem politik
C. Tujuan negara
D. Sosiokultural masyarakat
E. Cita cita bangsa

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Ideologi negara.

Seperti yang kita tahu bahwa ideologi negara merupakan landasan ideal mengenai politik luar negeri suatu negara. Ideologi negara tersebut digunakan sebagai dasar negara yang isinya tentang pedoman semua aspek kehidupan berbangsa maupun bernegara. Maka dari itu pelaksanaan politik luar negeri mencerminkan ideologi negara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.