Negara Indonesia Pernah Menerapkan Bentuk Negara Serikat Yaitu Pada

Diposting pada

Negara Indonesia Pernah Menerapkan Bentuk Negara Serikat Yaitu Pada – Setelah bangsa Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, negara tersebut masih memperoleh ancaman dari Belanda. Ancaman dan masalah masalah yang timbul mengakibatkan bentuk pemerintahan bangsa Indonesia terus berganti ganti. Negara Indonesia pernah menerapkan salah satu bentuk pemerintahan seperti RIS atau Republik Indonesia Serikat.

Apa itu Republik Indonesia Serikat? Pengertian Republik Indonesia Serikat adalah sebuah negara federasi yang dibentuk dari hasil kesepakatan tiga pihak dalam KMB atau Konferensi Meja Bundar pada tanggal 27 Desember 1949. Tiga pihak yang dimaksud adalah Belanda, Republik Indonesia, dan Bijeenkomst voor Federaal Overleg atau BFO. Kesepakatan tiga pihak ini disaksikan oleh perwakilan PBB yaitu UNCI atau United Nations Commission for Indonesia. Lalu negara indonesia pernah menerapkan bentuk negara serikat yaitu pada masa apa?

negara indonesia pernah menerapkan bentuk negara serikat yaitu pada
Negara Republik Indonesia Serikat

Latar belakang terbentuknya RIS adalah kembalinya bangsa Belanda ke Indonesia untuk menguasainya kembali dengan cara memecah belahnya. Cara tersebut dilakukan dengan membentuk negara boneka yang dipimpin oleh Belanda seperi negara Jawa Timur, negara Indonesia Timur, negara Pasundan, dan negara Sumatera Timur. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang negara indonesia pernah menerapkan bentuk negara serikat yaitu pada masa apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Negara Indonesia Pernah Menerapkan Bentuk Negara Serikat Yaitu Pada

Di kala itu terjadi pertempuran dan invasi fisik seperti Agresi Militer I pada tahun 1947 dan Agresi Militer II pada tahun 1948 yang sejalan dengan usaha Belanda. Terjadinya Agresi Militer Belanda tersebut membuat PBB dan dunia menjadi prihatin sehingga pemerintah Indonesia dan Belanda didesak untuk melakukan perundingan yang disebut dengan Konferensi Meja Bundar.

Baca Juga  Nilai Moral yang Terkandung Dalam Demokrasi Pancasila Bersumber Dari

Lalu negara indonesia pernah menerapkan bentuk negara serikat yaitu pada masa apa? Perundingan dalam Konferensi Meja Bundar menghasilkan tiga persetujuan pokok seperti:

  1. Membentuk Negara Republik Indonesia Serikat atau RIS.
  2. Menyerahkan kedaulatan kepada RIS.
  3. Mendirikan kerajaan Belanda dan Uni atau Republik Indonesia Serikat.

Seperti yang kita tahu bahwa Konferensi Meja Bundar berlangsung di Den Haag. Selama KMB berlangsung, disaat yang bersamaan telah didirikan Hukum Tata Negara dan Panitia Ketatanegaraan yang membahas tentang rancangan Konstitusi Sementara Republik Indonesia Serikat. Pekerjaan tersebut telah diselesaikan oleh panitia ini pada tanggal 29 Oktober 1949. Setelah mengerti apa itu RIS di atas, coba kerjakan soal di bawah ini:

Negara indonesia pernah menerapkan bentuk negara serikat yaitu pada . . .

Jawaban.
Negara indonesia pernah menerapkan bentuk negara serikat yaitu pada tanggal 27 Desember 1949. Terbentuknya negara RIS ini asalnya dari hasil keputusan KMB (Konferensi Meja Bundar) yang berlangsung pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949 di Den Haag, Belanda.