Bagaimana Peran Indonesia Terhadap Pertukaran Budaya ASEAN

Diposting pada

Bagaimana Peran Indonesia Terhadap Pertukaran Budaya ASEAN – ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan suatu organisasi yang dibentuk untuk memajukan dan menyejahterakan negara di Asia Tenggara. ASEAN tersebut dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa Bangsa atau PBB. Pada tanggal 8 Agustus 1967 terjadi pendirian ASEAN yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

ASEAN didirikan oleh beberapa negara. Negara pendiri ASEAN tersebut adalah negara Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia. Kemudian pada tanggal 7 Januari 1984, negara Brunei Darussalam mulai bergabung dengan ASEAN. Selain itu adapula beberapa negara lain yang bergabung seperti Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995, Myanmar dan Laos pada tanggal 23 Juli 1997, serta Kamboja pada tanggal 30 April 1999. ASEAN tersebut mulai dibentuk dengan adanya penandatanganan Deklarasi Bangkok. Lalu bagaimana peran indonesia terhadap pertukaran budaya ASEAN?

bagaimana peran indonesia terhadap pertukaran budaya asean
Peran Indonesia dalam Bidang Budaya

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang berperan penting dalam proses pembentukan ASEAN. ASEAN tersebut memiliki peran penting terhadap beberapa negara di Asia Tenggara. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana peran indonesia terhadap pertukaran budaya ASEAN. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagaimana Peran Indonesia Terhadap Pertukaran Budaya ASEAN

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang latar belakang berdirinya ASEAN. Nama ASEAN sendiri tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. ASEAN merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.

Sampai sekarang organisasi ASEAN memiliki jumlah anggota resmi sebanyak 10 negara seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Kamboja, Indonesia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Tujuan berdirinya ASEAN tersebut adalah untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, stabil, sejahtera, dan aman. Lalu bagaimana peran indonesia terhadap pertukaran budaya ASEAN?

Baca Juga  Apa Saja Tujuan Yang Mungkin Diungkapkan Dalam Surat Pribadi

Peran Indonesia dalam organisasi ASEAN tersebut sudah saya jelaskan selengkapnya pada artikel sebelumnya. Pembahasan materi terkait organisasi ASEAN tersebut pernah diajarkan ketika di bangku sekolah. Maka dari itu anda sudah paham mengenai apa itu organisasi ASEAN tersebut. Lantas coba kerjakan salah satu contoh soal seperti di bawah ini:

Bagaimana peran indonesia terhadap pertukaran budaya ASEAN?

Jawaban.
Dalam organisasi ASEAN terdapat banyak sekali peran Indonesia. Seperti halnya negara Indonesia yang berperan dalam bidang budaya khususnya peran Indonesia terhadap pertukaran budaya yakni melakukan pengenalan budaya secara aktif melalui berbagai kegiatan sehingga pertukaran pelajar dapat terjadi diantara negara negara ASEAN. Bahkan pemerintah Indonesia juga mendukung seniman asal Indonesia untuk mengadakan teater, pentas seni, atau musik khas Indonesia di beberapa negara ASEAN.

Dari penjelasan di atas tentunya kita sudah paham mengenai bagaimana peran indonesia terhadap pertukaran budaya ASEAN tersebut. Selain bidang budaya, peran Indonesia dalam organisasi ASEAN juga dapat dilihat dalam berbagai bidang lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.