Faktor Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah

Diposting pada

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa dalam kehidupan manusia terdapat faktor penting yang berkontribusi besar di dalamnya seperti ilmu Fisika tersebut. Banyak alat alat yang ditemukan berdasarkan hukum hukum Fisika sehingga dapat membuat berbagai aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Contohnya saja dongkrak hidrolik yang berguna untuk mengangkat mobil. Alat ini menggunakan tekanan zat cair yang terdapat dalam hukum pascal.

Pada kenyataannya ketika sedang belajar Fisika tentunya banyak orang yang sering merasa jenuh. Hal ini dikarenakan rumus dalam Fisika menggunakan perhitungan angka angka seperti pada Matematika. Meski begitu sebenarnya kita dapat dengan mudah mempelajari Fisika tersebut dengan cara memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Seperti halnya mempelajari materi tekanan dalam Fisika. Lalu faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah apa saja?

faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah
Contoh Penerapan Tekanan Fisika

Materi tekanan secara umum memang dianggap rumit. Terlebih lagi dalam materi tekanan tersebut terdapat beberapa hal yang dibahas seperti grafik, hitungan, gambar, dan simbol simbol. Maka dari itu kita perlu memahami beberapa aspek di dalamnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah

Apa itu tekanan? Pengertian tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja setiap satuan. Konsep tekanan tersebut menyerupai konsep gaya yang bisa mempengaruhi perubahan bentuk dan gerak benda. Tekanan tersebut berkaitan dengaan volume, luas, dan suhu seperti pada materi gaya. Satuan tekanan dalam Sistem Internasional (SI) adalah newton per satuan Luas (N/m²). Kemudian untuk simbol tekanan adalah p atau P.

Lalu faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah apa saja? Kita dapat mengamati terjadinya tekanan ketika sedang berjalan di atas tanah yang lembek. Di tanah tersebut akan muncul jejak kaki setiap kita melangkah. Jejak ini membuktikan bahwa telapak kaki menyebabkan adanya tekanan. Pada dasarnya seluruh telapak kaki akan ditapakkan ke tanah lembek supaya tidak mudah tenggelam. Berbeda lagi jika kita berjalan jinjit, maka kaki akan tenggelam dengan cepat karena tanah menerima tekanan yang lebih besar.

Baca Juga  Alat Alat Laboratorium Beserta Fungsi Dan Gambarnya

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa tekanan adalah besarnya sebuah gaya yang diberikan pada luas permukaan. Tekanan tersebut memiliki besar yang didasarkan pada besar gayanya. Setelah memahami apa itu tekanan, coba kerjakan salah satu soal seperti di bawah ini:

Faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah . . .
A. Luas bidang tekan dan gaya tekan
B. Gaya tekan dan massa benda
C. Luas bidang tekan dan gaya gravitasi
D. Gaya tekan dan gaya gravitasi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Luas bidang tekan dan gaya tekan.

Tekanan memiliki konsep yang serupa dengan penyebaran gaya pada luas sebuah permukaan. Maka dari itu jika semakin besar gaya (F) yang diberikan pada benda, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Sebaliknya jika hasil tekanannya semakin kecil, maka akan semakin luas permukaan sebuah benda. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah luas bidang tekan dan gaya tekan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.