Pembahasan Kitab-Kitab Allah dan Penjelasannya

Diposting pada

Pembahasan Kitab-Kitab Allah dan Penjelasannya – Apa saja kitab kitab milik Allah itu? Pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah kitab-kitab Allah dan penjelasannya. Kitab yang diturunkan oleh Allah SWT berjumlah 4 yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an. Sebagai umat Islam, kita wajib percaya dan mengimani keempat kitab tersebut bahwa pernah diturunkan oleh Allah kepada para Nabi dan Rasulnya. Iman kepada Kitab Allah merupakan bentuk keyakinan dan kepercayaan kepada Allah SWT sepenuh hati karena kitab kitab yang diturunkan-Nya kepada para rasul atau nabi.

Kitab yang diturunkan oleh Allah memiliki isi wahyu Allah agar seluruh umat manusia dapat disampaikan apa yang terkandung di dalamnya. Iman kepada kitab Allah pada dasarnya terdapat beberapa tingkatan seperti membaca saja (Qotmil), membaca dan memahami (Tartil), serta membaca, memahami, menghafalkan dan mengamalkan (Hafidz). Dengan kata lain kitab kitab Allah perlu untuk diimani ole seluruh umat Islam di dunia. Selain itu para umat juga harus membaca, memahami dam mempelajari isi yang terkandung di dalamnya.

Pembahasan Kitab-Kitab Allah dan Penjelasannya

Mengimani kitab kitab Allah menjadi rukun iman ke 3 yang harus kita terapkan. Bukan cuma mempercai tapi kita juga harus mengamalkan isi pada kitab tersebut khususnya Al-Qur’an bagi umat muslim. Pembahasan kitab kitab Allah sendiri sebenarnya bisa kita temukan dengan mudah pada mapel Agama.

Dengan membaca, mempelajari dan memahami kandungan dari isi kitab kitab Allah tersebut diharapkan umat Islam di dunia dapat mengetahui aturan aturan yang terdapat dalam kitab tersebut. Maka dari itu kandungan isi kitab kitabnya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Di bawah ini terdapat beberapa macam kitab Allah. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kitab Taurat

Kitab Taurat merupakan tulisan berbahasa Ibrani yang berisikan syariat (hukum) dan kepercayaan yang benar. Kitab Taurat diturunkan oleh Allah kepada Nabi Musa. Isi pokok kitab Taurat adalah 10 Firman Allah bagi bangsa Israel. Selain itu, Taurat berisi tentang sejarah Nabi-Nabi terdahulu hingga Nabi Musa dan kumpulah hukum.

Pembahasan Kitab-Kitab Allah dan Penjelasannya
Kitab Kitab Allah SWT

Di bawah ini merupakan 10 Firman Allah yang diterima oleh Nabi Musa dalam kitab Taurat:

  1. Hormati dan cintai Allah saja
  2. Sebutkan nama Allah dengan hormat
  3. Kuduskan hari Tuhan (hari ke-7 atau hari Sabtu)
  4. Hormati Ibu dan Bapakmu
  5. Jangan membunuh
  6. Jangan berbuat cabul
  7. Jangan mencuri
  8. Jangan berdusta
  9. Jangan ingin berbuat cabul
  10. Jangan ingin memiliki barang orang lain dengan cara yang tidak halal
Baca Juga  Pengertian Qada dan Qadar Beserta Perbedaannya

Kitab Zabur

Kitab Taurat merupakan tulisan berbahasa Qibti yang berisikan mazmur (nyanian pujian bagi Allah). Kitab Taurat diturunkan oleh Allah kepada Nabi Daud. Kitab Zabur tidak mengamdung syariat karena Nabi Daud diperintahkan untuk meneruskan syariat yang telah dibawa oleh Nabi Musa. Di bawah ini merupakan nyanyian rohani dalam garis besar yang disenandungkan Nabi Musa dalam kitab Zabur:

  1. Nyanyian untuk memuji Tuhan
  2. Nyanyian perorangan sebagai tanda syukur
  3. Ratapan-ratapan jamaah
  4. Ratapan do’a dan individu
  5. Nyanyian untuk raja

Kitab Injil

Kitab Injil pertama ditulis menggunakan bahasa Suryani melalui murid-murid Nabi Isa untuk bangsa Israel sebagai penggenap ajaran Nabi Musa. Kata Injil berasal dari bahasa Yunani yaitu Euangelion yang berarti Kabar Gembira. 

Kitab Injil tidak mempunyai pembahasan sistematis tentang satu tema atau tema tertentu, meskipun dalam kitab Injil banyak membahas hal kerajaan Surga. Selain itu, kitab Injil juga menjelaskan bahwa akan ada di akhir zaman, lahir Nabi terakhir dan penutup para Nabi dan Rasul yaitu Ahmad atau Nabi Muhammad SAW.

Kitab Al-Qur’an

Kitab Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril secara berangsur-angsur. Waktu turun Al-Qur’an kurang lebih 23 tahun, atau lebih tepatnya 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Al-Qur’an terdiri dari 30 Juz, 114 Surat, 6.236 Ayat, 74.437 Kalimat, dan 325.345 Huruf.

Al-Qur’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW menghapus sebagian syariat yang ada pada kitab terdahulu dan melengkapinya dengan tuntunan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Wahyu pertama yang turun adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5 yang diturunkan pada 17 Ramadhan tahun 610 Masehi di Gua Hira.

Nah, itulah artikel mengenai kitab-kitab Allah dan Penjelasannya. Kitab kitab Allah sendiri terdiri dari kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur’an. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon, jika ada kesalahan dalam penjelasan harap segera lapor melalui kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.