Contoh Hewan yang Berkembang Biak Dengan Tunas dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Hewan yang Berkembang Biak Dengan Tunas dan Penjelasannya – Proses perkembangbiakan merupakan suatu proses penting untuk kelangsungan hidup suatu spesies. Tidak hanya pada tumbuhan, tapi kita juga akan menemukan perkembangbiakan vegetatif pada hewan. Menurut saya materi ini sangat menarik untuk dilewatkan karena kita akan membahas berbagai contoh hewan dengan kemampuan unik.

Masih banyak siswa tak tau ketika diminta sebutkan hewan yang berkembang biak dengan tunas diantaranya. Mengapa demikian? sebab mayoritas orang hanya tau proses lazim yakni beranak, bertelur, maupun keduanya. Di lain sisi, jenis hewan yang berkembang biak dengan tunas pun kurang mendapat sorotan saat pembelajaran. Sehingga menyebabkan siswa kesulitan saat menjawab soal.

Hewan yang Berkembang Biak Dengan Tunas dan Penjelasannya
Perkembangbiakan tunas pada hewan

Perkembangbiakan vegetatif pada dasarnya terjadi pada organisme hidup yang memiliki struktur tubuh kurang sempurna. Tak ada proses perkawinan yang terjadi antar organisme sehingga tak menyebabkan pembuahan sama sekali. Tapi sering kali siswa melupakan materi tersebut karena berbagai alasan klasik.

Contoh Hewan yang Berkembang Biak Dengan Tunas dan Penjelasannya

Pertunasan atau biasa disebut Budding adalah istilah yang sering dipakai pada hewan yang punya perkembangbiakan vegetatif. Tunas sendiri biasanya berasal dari tonjolan tubuh dari sang induk. Tonjolan itu lama kelamaan akan membentuk organisme baru yang punya sifat, karakter, dan genetik yang sama seperti induknya.

Pada ranah pendidikan kita bisa menjumpai materi ini saat menginjak bangku smp. Lebih tepatnya jenis hewan yang berkembang biak dengan tunas akan diajarkan dalam mapel biologi. Meski termasuk penting, sayangnya guru kurang memberi penekanan terhadap materi ajar. Sehingga siswa pun harus mencari sendiri tambahan referensi yang diperlukan.

Ada banyak sekali jenis hewan yang berkembang biak dengan tunas diantaranya spons air, bintang laut, dan ubur-ubur. Meski kini sudah tau, tapi apakah kalian tak penasaran seperti apa prosesnya? jika masih ingin menggali lebih dalam maka simaklah artikel di bawah. Karena saya akan paparkan penjelasan hewan apa saja yang berkembang biak dengan tunas.

Ubur Ubur

Ubur-ubur termasuk hewan laut yang menarik serta mempesona apabila kita amati secara kasat mata. Tapi dibalik keindahan itu ternyata juga menyimpan tanda tanya besar. Ternyata ubur ubur adalah hewan yang berkembang biak dengan tunas. Proses ini memungkinkan ubur-ubur untuk menghasilkan keturunan baru tanpa perlu bereproduksi.

Contoh Hewan yang Berkembang Biak Dengan Tunas
Contoh perkembangbiakan hewan dengan tunas

Proses perkembangbiakan dengan tunas pada ubur-ubur dimulai dengan pembentukan tunas di tubuh induk. Biasanya, tunas ini tumbuh dari bagian tubuh yang disebut polip. Polip adalah bentuk ubur-ubur yang menyerupai batang yang melekat pada permukaan bawah air, seperti terumbu karang atau bebatuan. Tunas ini muncul sebagai pertumbuhan yang menonjol di sekitar polip.

Meski ubur ubur termasuk jenis hewan yang berkembang biak dengan tunas. Tapi faktanya tak semua orang menyadarinya meski materi itu terangkum dalam buku pedoman. Lalu apa yang terjadi setelah tunas berkembang?

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi Trombosit Lengkap

Baca juga: Metagenesis Tumbuhan Lumut Beserta Skema Metagenesis Lumut

Saat tunas sudah bertumbuh mencapai ukuran yang cukup besar mereka akan memisahkan diri dari tubuh induknya. Proses ini biasanya melibatkan pemutusan atau pemisahan fisik dari polip atau struktur lain yang menghubungkannya dengan induk. Setelah pemisahan, tunas akan berenang bebas di lautan sebagai individu mandiri.

Bintang Laut

Apabila mendapat pertanyaan mana hewan yang berkembang biak dengan tunas bintang laut jawabannya. Hewan laut ini punya regenerasi yang luar biasa cepat. Jika bintang laut mengalami cedera atau kehilangan sebagian tubuhnya, mereka dapat memulai proses regenerasi untuk mengembalikan struktur tubuh yang hilang.

Berkat kemampuannya itu ia tak perlu melakukan proses reproduksi untuk meneruskan kelangsungan hidupnya. Dengan kata lain, proses perkembangbiakan bintang laut bersifat vegetatif. Setelah mengalami cedera atau kehilangan sebagian tubuhnya, ia akan memulai pertumbuhan tunas.

Contoh Hewan yang Berkembang Biak Dengan Tunas dan Penjelasannya
Contoh hewan bertunas

Tunas ini biasanya muncul di daerah yang terletak di sekitar bagian yang rusak atau hilang. Mereka akan berkembang menjadi struktur baru menyerupai induk seiring berjalannya waktu. Hewan yang berkembang biak dengan tunas ini akan memisahkan diri setelah mencapai ukuran tertentu.

Selanjutnya, ia akan terus tumbuh dan berkembang menjadi bintang laut dewasa yang lengkap. Mereka akan mengembangkan semua fitur karakteristik bintang laut, termasuk lengan yang mencolok dan struktur tubuh yang khas. Proses pertumbuhan memang akan memakan waktu dan biasanya menyesuaikan spesiesnya.

Spons Laut

Spons atau biasa dikenal hydra adalah makhluk unik serta berperan penting dalam ekosistem laut. menyaring air laut dan menyediakan tempat hidup bagi berbagai organisme laut lainnya. Dengan kemampuan berkembang biak dengan tunas mereka dapat melipat gandakan populasi. sehingga mendukung stabilitas ekosistem laut yang lebih besar.

Metode ini memungkinkan sponge laut untuk memperbanyak diri dengan cepat dan efisien, tanpa ketergantungan pada reproduksi seksual yang lebih rumit. Hal ini juga memberikan kemampuan adaptasi yang lebih besar terhadap perubahan lingkungan.

Secara garis besar, hewan yang berkembang biak dengan tunas ini memiliki mekanisme yang hampir sama seperti ubur-ubur dan bintang laut. Spons juga akan mengalami masa pertumbuhan tunas, pemisahan diri, serta mencapai tingkat kematangan atau dewasa.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan dengan menggunakan tunas merupakan fenomena menarik yang mengungkapkan keajaiban adaptasi dan kemampuan regeneratif di dunia hewan. Meskipun masih banyak yang harus dipelajari tentang mekanisme yang terlibat dalam proses ini. Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas adalah hydra, bintang laut, serta ubur ubur. Studi lebih lanjut tentang perkembangbiakan vegetatif pada hewan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang evolusi dan adaptasi organisme hidup secara umum.