Contoh Perubahan Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Perubahan Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari dan Penjelasannya – Terjadinya perubahan zat, wujud, maupun materi pada benda dapat kita tinjau secara ilmiah. Tapi secara umum kita bisa membedakannya menjadi dua jenis yakni perubahan fisika dan kimia. Masing-masing memiliki ciri ciri berbeda yang terkadang membuat bingung para siswa.

Contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari dan penjelasannya
Perubahan fisika

Fisika sendiri merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan perilaku materi serta interaksi di antara mereka. Salah satu aspek penting dalam dunia fisika adalah perubahan zat maupun materi. Contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari ada banyak sekali. Dan biasanya merujuk pada transformasi atau modifikasi yang terjadi pada materi tanpa melibatkan perubahan substansi dasarnya.

Singkatnya, contoh perubahan fisika bisa terjadi pada wujud, volume, sifat, maupun karakteristik fisik lain. Kendati demikian perubahan tersebut sama sekali tak menciptakan zat baru dan bisa kembali seperti semula. Misalnya, es batu yang mencair dapat kembali ke wujud semula apabila mengalami pembekuan. Senyawa utamanya pun juga tetap sama yakni H2O.

Contoh Perubahan Fisika Dalam Kehidupan Sehari Hari dan Penjelasannya

Fisika termasuk salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dikuasai. Banyak materi kompleks yang menyertai setiap pembelajaran sehingga membuat siswa kesulitan. Apalagi kalau diminta menghafal rumus serta teori yang begitu banyaknya. Salah satunya adalah sifat sekaligus perubahan wujud benda.

Contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari bisa kita temukan dengan sangat mudah. Bahkan tanpa perlu repot mencari di internet pun fenomena itu sudah melekat menjadi bagian dari aktivitas. Tapi karena siswa kurang memahami pengertian perubahan fisika akhirnya membuat mereka kurang peka.

Pada dasarnya, perubahan fisika melibatkan pemindahan atau transformasi energi yang mempengaruhi sifat fisik suatu benda, tetapi tidak mengubah komposisi kimianya. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menyaksikan dan bahkan mengalami sendiri berbagai fenomena perubahan fisika yang menarik. Mari kita amati lebih lanjut dengan memperhatikan beberapa contoh perubahan fisika di bawah:

  1. Air menguap saat dimasak.
  2. Air membeku menjadi es saat didinginkan.
  3. Es yang mencair terkena cuaca panas.
  4. Karet memanjang ketika ditarik.
  5. Rel kereta api memuai terkena panas.
  6. Air berubah warna saat dimasukan sirup.
  7. Suhu berubah dingin karena AC.
  8. Tanah lempung yang mengalami pemadatan.
  9. Cat yang berubah jadi encer setelah didiamkan.
  10. Teh yang diseduh.
  11. Ban motor yang halus karena bergesekan dengan aspal jalan.
  12. Balon mengecil maupun membesar saat menerima tiupan.
  13. Kapur barus menguap.
  14. Fenomena uap yang berubah menjadi awan.
  15. Aspal mencair saat dibakar.
  16. Bijih kopi berubah jadi bubuk setelah digiling.
  17. Suhu minuman berubah jadi dingin setelah dimasukan es batu.
  18. Menghaluskan bumbu dengan blender.
  19. Cermin pecah saat jatuh.
  20. Kaos oblong menjadi berat ketika basah terkena air.

Semua contoh perubahan fisik dalam kehidupan sehari hari di atas menurut saya masih sangat umum. Tapi kalau kita klasifikasikan lagi maka fenomena tersebut akan terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan prosesnya.

Baca Juga  Materi Medan Magnet: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal
Contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari dan penjelasannya
Contoh perubahan fisika

Penguapan: Ketika kita memasak air dalam panci, kita dapat melihat air yang mendidih dan berubah menjadi uap. Inilah adalah contoh perubahan fisika yang disebut penguapan secara nyata. Pada saat air mendidih, panas mengubah keadaan fisik air dari cair menjadi gas (uap). Meskipun bentuknya berubah, komposisi dan sifat kimia air tetap sama.

Pembekuan: contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari ini terjadi saat zat cair mengalami pemadatan. Ketika kita menempatkan air dalam freezer lalu set suhu menjadi minus 20 maka air akan berubah menjadi ES. Pada suhu yang lebih rendah, partikel-partikel air kehilangan energi dan mulai mengatur diri dalam struktur yang teratur. Perubahan fisik itu mengubah air yang semula dalam bentuk cair menjadi padat, yaitu es. Setelah membeku, es masih memiliki sifat dan komposisi kimia yang sama dengan air.

Pemuaian: Saat kita meninggalkan botol minuman ringan di dalam mobil yang terkena sinar matahari, kita seringkali menemukan bahwa botol tersebut menjadi melebar atau bahkan pecah. Hal ini disebabkan oleh fenomena pemuaian akibat paparan panas. Ketika suhu meningkat, bahan yang terdiri dari atom dan molekul mulai bergerak dengan lebih energik. Akibatnya, bahan tersebut meluas dan memperoleh volume yang lebih besar.

Di sisi lain, pemuaian benda padat juga terjadi ketika suhu turun. Contoh peruahan fisika dalam kehidupan sehari hari ini dapat diamati pada fenemena pendinginan. Saat kamu memasukkan gelas kaca panas ke dalam air dingin, gelas tersebut dapat retak atau bahkan pecah. Perubahan fisika ini terjadi karena suhu yang lebih rendah menyebabkan partikel-partikel dalam benda padat saling bergerak lebih lambat, sehingga menyebabkan benda padat menyusut atau menciut.

Konduksi Panas: Anda mungkin pernah menyaksikan bahwa ujung sendok logam yang dibiarkan di dalam cangkir teh panas menjadi panas juga. Ini terjadi karena fenomena konduksi panas yang berpindah lewat kontak langsung. Dalam kasus ini, panas dari cairan panas di cangkir teh ditransfer ke sendok logam, yang kemudian menjadikannya panas juga.

Perubahan fisika adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Dalam banyak kasus, perubahan ini mungkin tampak sederhana atau bahkan dianggap biasa, tetapi memahami konsep dan mekanisme di balik perubahan fisika ini memperkaya pemahaman kita tentang dunia yang kita tinggali. Mungkin cukup sekian artikel yang sedikit banyak membahas contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari.