Perbedaan Mitosis dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel Beserta Penjelasannya – Pembelahan sel menjadi salah satu proses penting dalam kehidupan organisme. Dalam ilmu biologi kita mengenal dua jenis pembelahan sel yakni mitosis dan meiosis. Meski memiliki tujuan yang sama, tapi keduanya mempunyai alur proses serta hasil yang berbeda. Faktor itulah yang terkadang menjadi pengecoh sehingga siswa salah pada saat mengerjakan sola ataupun menjawab pertanyaan guru.

Sel sendiri dapat kita artikan sebagai bagian terkecil dari makhluk hidup. Baik tumbuhan, hewan, maupun manusia sekalipun pasti mengalami proses pembelahan sel. Perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel adalah materi yang menurut saya cukup menyenangkan untuk diikuti. Karena selain teori guru biasanya juga akan melibatkan praktikum maupun model belajar interaktif. Dengan demikian harusnya sisw tak akan mengalami kebosanan saat mengikuti jalannya pembelajaran.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel Beserta Penjelasannya

Karena memiliki konsep serta tujuan serupa, akhirnya banyak yang terkecoh dan tak mampu menyebutkan perbedaan keduanya. Padahal, sedikit banyak perbedaan mitosis dan meiosis pasti akan muncul dalam bentuk soal saat tes atau ujian. Nah, agar kalian terhindar dari kendala pada saat menjawab. Maka mari kita pelajari lebih terperinci apa saja perbedaan antara kedua jenis pembelahan sel tersebut.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis Dalam Bentuk Tabel Beserta Penjelasannya

Mitosis adalah proses pembelahan pada inti sel yang akhirnya akan menghasilkan kumpulan sel baru berkromosom sama. Singkatnya, proses mitosis akan menghasilkan sel yang identik secara genetik. Jadi, masing-masing sel akan memiliki sifat, ciri ciri, maupun karakteristik yang sama selayaknya sang induk. Contoh pembelahan mitosis dapat kita jumpai dalam konteks kehidupan baik itu pada tumbuhan maupun manusia sekalipun.

Lalu apa perbedaan mitosis dan meiosis yang benar? untuk menjawab pertanyaan ini kalian pun perlu mengetahui satunya. Meiosis adalah pembelahan sel yang ada pada organ reproduksi. Tujuan utamanya tak lain untuk menghasilkan sejumlah sel baru yang bersifat tidak identik (berbeda). Perbedaan itu terletak pada jumlah kromosom yang hanya setengah dari induknya.

Menurut saya yang paling mencolok dari perbedaan mitosis dan meiosis adalah jumlah kromosom akhirnya setelah proses pembelahan. Tapi fakta ini terkadang sering terlupakan oleh siswa meski sudah tercantum dalam buku pedoman sekalipun. Padahal, materi itu sering kali muncul sebagai butir yang merepotkan untuk dijawab.

Tabel Perbedaan pembelahan Mitosis dan Meiosis

Maka dari itu, dalam aritkel kali ini kita akan mempelajari apa saja perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel. Selain mengetahuinya, saya pun juga akan menjelaskan setiap poin agar kalian memiliki pemahaman lebih lanjut.

NoMitosisMeiosis
1.Pembelahan terjadi pada seluruh sel tubuh terkecuali kelami. Misalnya sel darah, sel tulang, sel lemak, sel otot.Sel kelamin mengalami pembelahan sehingga mendukung terbentuknya sel gamet (jantan / betina).
2.Pembelahan hanya terjadi satu kali.Pembelahan terjadi dua kali.
3.Menghasilkan 2 anak sel.Menghasilkan 4 anak sel.
4.Menghasilkan kromosom berjumlah sama seperti induknya.Menghasilkan setengah jumlah kromosom dari sel induk.
5.Sel yang dihasilkan bersifat identik dan diploid.Sel yang dihasilkan berbeda dan bersifat haploid.
6.Profase mitosis lebih singkat daripada meiosis.Mengalami 5 tahapan pada saat proses profase.
Tabel perbedaan mitosis dan meiosis

Pembelahan mitosis dan meiosis memang sangat penting pada tubuh organisme hidup. Karena fungsinya untuk menggantikan fungsi-fungsi sel yang sudah mati termakan usia. Fenomena ini pun juga telah dikonfirmasi oleh berbagai penelitian. Bahwasanya sel memiliki siklus hidup mulai dari proses pembelahan sampai kematian. Pada kasus orang dewasa, mereka memerlukan jumlah sel yang sifatnya konstan. Oleh karenanya, saat sel-sel tubuh mati harus digantikan melalui mitosis maupun meiosis.

Baca Juga  10 Jenis Termometer Beserta Fungsinya

Kalau kita coba uraikan lagi maka perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel dapat kita tinjau dari berbagap aspek. Mulai dari pengertian, fungsi, perbedaan jenis reproduksi, organisme yang mengalami, sampai jumlah sel maupun kromosom yang dihasilkan.

Perbedaan Pengertian

Mitosis merupakan jenis pembelahan sel bersifat identik dan masing-masing sel yang terbelah akan memiliki nukleus. Maka dari itu, tipe reporduksinya yakni aseksual sehingga pembelahan hanya terjadi sebanyak satu kali saja.

perbedaan mitosis dan meiosis dari segi genetik
Gambar mitosis dan meiosis

Sedangkan meiosis adalah jenis pembelahan sel yang terjadi pada organel dengan ketentuan kromosomnya hanya berjumlah setengah dan tidak bersifat identik. Demikian pula tipe reporduksi meiosis bersifat seksual.

Perbedaan Genetik

Pada perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel di atas kita bisa melihat susunan sel secara genetik. Mengingat mitosis menghasilkan sel dengan karakter identik dan sifatnya yang aseksual maka pembelahan mitosis sama sekali tidak terjadi percampuran genetik. Jadi, kode genetik dari sang induk akan diterukan langsung pada sel anak tanpa mengalami perubahan sama sekali.

Adapun pembelahan meiosis yang notabenya bersifat seksual akan menghasilkan sel anak dengan karakter unik atau baru. Secara garis besar kode genetik dari induk akan mengalami percampuran. Fungsi antara keduanya pun berbeda.

Pembagian Sel dan Kromosom

Apabila memperhatikan perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel pada sesi sebelumnya. Kalian akan mengetahui bahwasanya jumlah sel dan kromosom yang dihasilkan oleh dua proses pembelahan sel tersebut sangat berbeda. Siklus mitosis lebih singkat karena hanya mengalami satu kali proses saja. Sedangkan tahapan meiosis sedikit lebih panjang karena harus melewati dua kali proses.

Karena lebih singkat, proses mitosis akan membentuk sel sel baru yang sangat mirip dari karakteristik dan bersifat diploid. Tapi tidak dengan meiosis yang notabenya menghasilkan empat sel haploid.

Begitu pula dengan jumlah kromosom mitosis sudah pasti akan sama antara sel anak dan induk. Hal ini bertentangan dengan meiosis yang hanya menghasilkan setengah jumlah kromosom dari awalnya.

Biologi memang bukan mata pelajaran favorit di mata para siswa sekolah. Tapi berdasar pendapat saya, mapel ini cukup menyenakan untuk diikuti. Karena minimnya rumus hitung tak seperti matematika dan justru lebih didominasi oleh kegiatan praktikum.

Saya cukupkan artikel yang menjelaskan perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel di atas. Jika kamu masih mempunyai pertanyaan atau ada materi yang kurang jelas maka jangan ragu untuk bertanya. Karena baik proses pembelahan mitosis dan meiosis sangat penting untuk menambah wawasan.