Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Pengertian dan Jenisnya

Diposting pada

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Pengertian dan Jenisnya – Apa pengertian pasar persaingan tidak sempurna itu? Apa saja ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna? Apa saja macam macam pasar persaingan tidak sempurna itu? Definisi pasar persaingan tidak sempurna ialah pasar yang tidak terorganisir, dimana sangat banyak jumlah pembelinya dan sedikit penjualnya. Jumlah penjual pada inperfect competition market (pasar persaingan tidak sempurna) hanya beberapa saja dalam penguasaan pasarnya sehingga harga pasarnya dapat ditentukan penjual dan keuntungan yang diambil dapat lebih besar.

Tidak semua orang mampu menyebutkan contoh persaingan pasar tidak sempurna saat ditanya. Penyebabnya karena mereka kurang memahami konsep yang bersumber dari pengertian, jenis jenis pasar persaingan, dan ciri cirinya. Pasar persaingan ini dinamakan tidak sempurna karena terdapat anggapan bahwa pasar ini cacat sehingga dalam pasar itu tidak tercipta ketidakadilan. Pada umumnya pasar persaingan tidak sempurna tersebut memiliki berbagai jenis jasa atau barang yang dijual atau heterogen, tetapi cukup terbatas. Pasar persaingan tidak sempurna tersebut pada dasarnya berbeda dengan pasar persaingan sempurna.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Pengertian dan Jenisnya
Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Saat pasar tersebut tidak memenuhi ciri ciri khusus di dalamnya, maka persaingan tidak sempurna akan dialaminya. Kondisi pasar tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi menjadi tidak seimbang. Walaupun begitu, jenis pasar ini tetap dapat memperoleh keuntungan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh pasar persaingan tidak sempurna beserta pengertian, dan jenis pasar tersebut. Selain itu saya juga akan menjelaskan ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Pengertian dan Jenisnya

Definisi pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu jenis pasar yang menjelaskan tentang sebuah situasi dimana hanya beberapa atau tunggal saja jumlah penjualnya. Hal itu akhirnya menyebabkan sifat pembeli pasar menjadi pasif. Produk yang ada dalam pasar tersebut bersifat tunggal sehingga tidak ada penggantinya atau tidak mempunyai cadangan lain. Jenis pasar persaingan tidak sempurna merupakan keterbalikan dari bentuk pasar sempurna.

Sebenarnya contoh pasar persaingan tidak sempurna bisa kita jumpai dengan mudah. Misalnya pada sebuah desa terpencil hanya memiliki satu pasar dengan jumlah 1 toko kelontong saja. Pembeli pun akhirnya tak memiliki pilihan lain untuk berbelanja karena hanya ada satu pasar dan 1 toko tersebut. Tapi karena minimnya pemahaman terkadang membuat siswa lupa ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna seperti apa.

Baca juga : 5 Tokoh Kebangkitan Nasional dan Peran Terlengkap

Dari pernyataan di atas pun juga bisa kita tarik simpulan bahwa jenis pasar tersebut memiliki ketimpangan antara pembeli, penjual, dan barang yang tersedia. Hal ini membuat harga pasarnya dipengaruhi oleh penjualan dan penawarannya secara drastis karena ketidakseimbangan. Di bawah ini terdapat pembahasan tentang ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna, contoh pasar persaingan tidak sempurna, dan macam macam pasar persaingan tidak sempurna. Berikut penjelasan selengkapnya:

Ciri Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Mengetahui seperti apa karakteristik dari jenis pasar persaingan satu ini memang sangatlah penting. Tak jarang siswa terjebak pada saat mengerjakan soal karena kurang memahami materi.

Setelah menjelaskan tentang definisi pasar persaingan tidak sempurna, selanjutnya saya akan membagikan beberapa ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna. Jenis pasar ini memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya seperti di bawah ini:

  1. Penjual dalam pasar tersebut hanya beberapa saja, tetapi sangat banyak jumlah pembelinya.
  2. Mengandung unsur monopoli karena harga produk yang dijual dapat ditentukan sendiri oleh penjualnya.
  3. Penentuan harganya kurang mengandung peran dari interaksi ekonomi seperti penawaran dan permintaannya.
  4. Cenderung sulit masuknya penjual atau produsen baru dalam pasarnya karena lebih banyak pembeli yang memilih belanja di penjual lama.
  5. Adanya kerjasama antara beberapa produsen lama sehingga timbul ketidakadilan dan produsen baru dapat dijatuhkan.
  6. Memiliki banyak jenis jasa atau barang, tetapi barang alternatifnya sulit didapatkan dengan persamaan fungsinya.

Dari ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna di atas sebenarnya kita bisa simpulkan beberapa poin penting. Salah satunya yakni kekuatan serta sumber daya pasar yang tidak merata di antara para pelaku usaha. Misalnya pada pasar monopolu yang notabenya hanya ada satu penjual yang mengontrol baik sumber daya ataupun transaksi pasar.

Jenis Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Setelah menjelaskan tentang pengertian pasar persaingan tidak sempurna dan ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna di atas. Selanjutnya saya akan membagikan macam macam pasar persaingan tidak sempurna tersebut. Setiap jenis pasar ini tentunya memiliki contoh pasar persaingan tidak sempurna yang berbeda beda. Adapun macam macamnya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Alasan Papua Ingin Merdeka dari Indonesia Beserta Pembahasannya

Pasar Monopoli

Jenis pasar persaingan tidak sempurna yang pertama yaitu pasar monopoli. Pengertian pasar monopoli ialah pasar yang memiliki satu produsen besar untuk menguasainya sehingga semua permintaan konsumennya dapat dilayani. Produsen besar tersebut pada umumnya telah dikenal oleh masyarakat sehingga tidak perlu melakukan promosi lagi.

Pasar monopoli tersebut memiliki produsen yang dapat menetapkan hak ekslusif dan hak cipta pada produk mereka. Maka dari itu produk sejenis tidak dapat dibuat sehingga perusahaan lain dapat dibuat menjadi sulit berkembang. Di bawah ini terdapat beberapa contoh pasar monopoli yaitu meliputi:

  • Telkom Indonesia
  • PLN (Perusahaan Listrik Negara)
  • Perusahaan Gas dan Minyak Bumi

Pasar Monopolistik

Macam macam pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar monopolistik. Pasar monopolistik ialah pasar yang mengandung banyak produsen di dalamnya, dimana serupa produknya tetapi produk tersebut seluruhnya masih mempunyai keunikannya sendiri. Para produsen dalam pasar ini dapat dengan mudah masuk dan keluar sehingga tidak terbatas jumlah penjualnya.

Masing masing produsen dapat memperoleh kesuksesan karena kemampuannya dalam pelaksanaan promosi, inovasi dan kreativitasnya. Di bawah ini terdapat contoh pasar persaingan tidak sempurna berupa pasat monopolistik yaitu seperti:

  • Pasar makanan kemasan
  • Pasar aneka minuman rasa
  • Pasar perabotan rumah tangga
  • Pasar pakaian

Pasar Oligopoli

Jenis pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar oligopoli. Pengertian pasar oligopoli ialah pasar yang memiliki beberapa penjual atau produsen didalamnya dan banyak pula jumlah pembelinya. Dalam pasar tersebut terdapat produk yang dijual dengan sifat homogen meskipun berbeda beda penjualnya.

Dalam pasar oligopoli tersebut memang cukup ketat persaingannya karena banyak faktor yang mempengaruhi angka penjualan. Di pasar ini terdapat penjual baru yang sulit berkembang karena penjual lama cenderung lebih dipilih oleh pembelinya. Di bawah ini terdapat contoh pasar oligopoli yaitu meliputi:

  • Industri baja
  • Industri pasta gigi
  • Industri rokok
  • Industri sabun

Pasar Monopsoni

Macam macam pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar monopsoni. Pengertian pasar monopsoni yaitu pasar yang banyak penjual di dalamnya, tetapi sangat sedikit jumlah pembelinya atau pembeli tunggal. Dalam pasar tersebut terdapat produk yang dijual dengan kualitas baik sehingga banyak persaingan antar pedagang agar menjadi yang paling baik.

Pada contoh pasar persaingan tidak sempurna ini tentunya ada keuntungan untuk pembelinya karena harga barangnya bisa ditentukan. Meski begitu keuntungan sebesar besarnya dapat diperoleh dengan usaha yang tetap diupayakan para penjualnya.

Pasar Oligopsoni

Jenis pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar oligopsoni. Pengertian pasar oligopsoni ialah banyak yang memiliki banyak penjual di dalamnya, namun pembelinya hanya beberapa saja. Di pasar tersebut terdapat produk yang dijual berupa hasil alam atau bahan mentah.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Saat bicara soal pasar sebenarnya tak hanya mencakup tempat jual beli saja. Namun maknanya bisa lebih luas mencakup kebutuhan dalam kehidupan sehari hari. Untuk menambah pemahaman dan mematangkan konsep, saya akan coba memberikan beberapa contoh. Berikut adalah beberapa contoh pasar persaingan tidak sempurna:

  1. Dalam industri telepon rumah Indihome memonopoli pasar.
  2. Tolak angin menguasai pasar obat herbal.
  3. Brand MSI menguasai segmentasi pasar laptop gaming.
  4. IKEA mendominasi pasar furniture sehingga produk lokal kalah bersaing.
  5. PLN menguasai industri energi di Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh pasar persaingan tidak sempurna beserta pengertian pasar persaingan tidak sempurna dan jenis jenis pasar persaingan tidak sempurna. Definisi pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu jenis pasar yang menjelaskan tentang sebuah situasi dimana hanya beberapa atau tunggal saja jumlah penjualnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Berikut Ini Dua Negara yang Termasuk Anggota KTN Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.