Apa yang Dimaksud Dengan Penyerbukan? Pengertian, Jenis, dan Prosesnya

Diposting pada

Apa yang Dimaksud Dengan Penyerbukan? Pengertian, Jenis, dan Prosesnya – Mempelajari sistem reproduksi tumbuhan termasuk materi dasar yang wajib kita pelajari. Di dalamnya, kalian tak hanya akan menjumpai pengertian penyerbukan semata. Tapi juga pembahasan lain mulai dari bagian bagian bunga, fungsi, manfaat, tujuan, hingga proses penyerbukan.

Apa yang Dimaksud Dengan Penyerbukan

Pernahkan kalian memikirkan kenapa lebah hinggap di bungan dan apa yang sebenarnya terjadi? Tanpa sadar, saat hinggapnya lebah dapat membantu proses penyerbukan. Penyerbukan adalah kunci bagi reproduksi tumbuhan untuk menghasilkan benih tanaman baru. Nah, dalam artikel singkat kali ini kalian akan mempelajari secara singkat apa yang dimaksud penyerbukan dan prosesnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Penyerbukan? Pengertian, Jenis, dan Prosesnya

Normalnya, tanaman akan berusaha menarik serangga dengan nektar, madu, ataupun bau. Fenomena itu akhirnya mengarah pada hubungan yang saling menguntungkan. Serangga memperoleh makanan, sedangkan serbuk sari tumbuhan akan disebarkan oleh serangga saat terbang.

Apa yang dimaksud dengan penyerbukan sebenarnya sudah sering dijelaskan oleh guru. Penyerbukan sendiri merupakan bagian dari proses reproduksi tumbuhan. Sehingga baik buku pedoman siswa atau LKS sudah pasti mencantumkan materi tersebut.

Tapi ada kalanya siswa kesulitan pada saat menjelaskan lantaran bingung merangkai kata. Untuk membantu mendalami materi saya akan coba jelaskan apa pengertian penyerbukan. Tidak hanya berhenti di situ, kalian juga akan mempelajari bagian bagian bunga yang terlibat dalam prosesnya.

Pengertian Penyerbukan

Penyerbukan adalah proses pembuahan alami berupa jatuhnya serbuk sari dan melekat pada kepala putik bunga. Penyerbukan juga sering dikaitkan dengan istilah pembuahan dalam proses reporduksi tumbuhan. Hal itu dapat terjadi secara langsung maupun melalui perantara serangga sebagai media pembawa serbuk sari.

Sejumlah besar tumbuhan memang bergantung pada serangga untuk membawa serbuk sari demi memperbesar potensi pembuahan. Tanaman akan mengeluarkan nektar yang notabenya memikat serangga untuk hinggap. Selanjutnya serbuk sari pun akan menempel pada serangga dan jatuh ke bunga lain. Proses semacam ini dinamakan sebagai penyerbukan silang.

Tapi ada pula beberapa spesies tanaman yang memang mengalami pembuahan alami dengan menjatuhkans erbuk sari pada putik bunganya sendiri.

Jadi, apa yang dimaksud dengan penyerbukan adalah terjadi pembuahan yang terjadi pada tumbuhan. Secara garis besar ada perbedaan cukup signifikan pada penyerbukan tumbuhan biji dan bunga. Mungkin kita akan mempelajarinya di lain waktu saja.

Bagian Bunga yang Berperan Dalam Penyerbukan

Penyerbukan bukanlah proses pembuahan yang tergolong kompleks menurut saya. Kendati demikian banyak siswa yang belum bisa menganalisis bagian yang andil dalam penyerbukan itu sendiri.

Baca Juga  Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh
bagian bagian bunga dan fungsinya untuk reproduksi tumbuhan

Setelah menjelaskan apa yang dimaksud dengan penyerbukan pada sesi sebelumnya. Kini saya akan coba paparkan bagian bunga apa saja yang berperan dalam proses ini, diantaranya adalah:

  1. Kelopak bunga: Bagian luar bunga yang berfungsi untuk melindungi bunga ketika masih kuncup.
  2. Mahkota bunga: Bagian ini biasanya memiliki warna yang cerah untuk menarik perhatian serangga agar hinggap. Beberapa jenis bunga bahkan dapat mengeluarkan aroma yang wangi dari mahkota bunganya.
  3. Benang sari: Bagian ini terdiri dari antena dan filamen dan mampu menghasilkan serbuk sari yang berfungsi untuk penyerbukan.
  4. Putik: Putik merupakan bagian betina bunga dimana proses pembuahan terjadi.

Jenis Jenis Penyerbukan

Berdasarkan proses dan asal serbuk sarinya ada 4 jenis penyerbukan yang perlu kita hafalkan. Diantaranya adalah:

  1. Penyerbukan Sendiri: Jenis penyerbukan yang terjadi pada benang sari dan putik pada satu bunga yang sama.
  2. Penyerbukan Tetangga: Jenis penyerbukan yang terjadi pada benang sari dengan putik yang berasal dari tanaman yang sama.
  3. Penyerbukan Silang: Penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan yang berbeda tapi masih satu jenis/spesies.
  4. Penyerbukan Bastar: Jatuhnya serbuk sari ke putik bunga pada dua tumbuhan yang berbeda. Sehingga penyerbukan tersebut mampu menghasilkan sifat baru yang diperoleh dari dua varian tumbuhan berbeda.

Proses Penyerbukan

Apakah kalian sudah paham apa yang dimaksud dengan penyerbukan? apabila sudah kini saatnya kita melanjutkan pembahasan. Sebenarnya, proses penyerbukan sangat sederhana seperti halnya pengertian di atas.

Proses ini dimulai dari serbuk sari yang jatuh atau dibawa serangga lalu mendarat di kepala putik. Selanjutnya serbuk sari tersebut melewati semacam tabung dari kepala putik menuju ke ovarium.

Pembuahan pun dapat terjadi saat sperma mencapai indung telur. Benih yang sudah dibuahi lalu lepas dari induknya akan tumbuh menjadi tumbuhan yang baru. Siklus penyerbukan pun akan berulang pada saat tumbuhan matang secara reproduksi untuk menghasilkan keturunan yang berkelanjutan.

Cukup sekian artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah saya tulis bisa jadi jawaban apa yang dimaksud dengan penyerbukan. Apabila merasa materi di atas bermanfaat maka segera bagikan kepada rekan sejawat kalian.