Contoh Lembar Pengesahan Laporan Prakerin/PKL SMK

Diposting pada

Contoh Lembar Pengesahan Laporan Prakerin/PKL SMKPrakerin sangatlah bermanfaat bagi siswa sekolah kejuruan. Mengikuti kegiatan prakerin akan menambah pengetahuan yang lebih mengenai bagaimana cara kerja yang sesungguhnya. Karena prakerin menjadi ajang mencari dan menggunakan ilmu untuk mengenal lebih jauh tentang seluk beluk pekerjaan setelah lulus sekolah nanti.

Lembar pengesahan laporan PKL termasuk komponen yang tidak boleh kalian lewatkan. Sebab di dalamnya berisi bubuhan tanda tangan sekaligus bukti bahwa kalian sudah menyelesaikan prakerin.

Dalam struktur laporan, lembaran satu ini selalu berada di depan setelah cover serta pengantar. Tidak jarang siswa diminta membuat ulang lantaran lembar pengesahan laporan PKL miliknya terdapat kesalahan penulisan. Oleh karenanya format penulisan lembar pengesahan laporan prakerin harus dibuat secara teliti tanpa ada kesalahan. 

Lembar pengesahan merupakan suatu dokumen yang perlu dibuat oleh siswa SMK setelah melakukan prakerin atau PKL. Kegiatan prakerin adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para siswa SMK untuk menambah wawasan mereka terhadap dunia luar setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan.

Contoh Lembar Pengesahan Laporan Prakerin/PKL SMK

Menulis lembar pengesahan PKL sebenarnya sangatlah mudah karena tidak ada patokan khusus. Kalian bisa membuatnya secara pendek dan singkat selama isinya sudah mengakomodir segala kebutuhan terkait laporan.

Sayangnya di bangku SMK kita tidak dibekali materi spesifik tata cara menyusun laporan PKL yang baik dan benar. Inilah asal mula mengapa banyak siswa yang mengeluh harus melakukan revisi khususnya di bagian lembar pengesahan miliknya.

Setelah kalian menyelesaikan prakerin sudah pasti guru akan meminta laporan pertanggung jawaban kegiatan dan apa saja yang sudah dipelajari. Daripada bingung membuat sendiri, saya sudah persiapkan contoh lembar pengesahan laporan PKL yang baik dan benar.

Contoh Lembar Pengesahan Laporan Prakerin/PKL SMK
Contoh Lembar Pengesahan Laporan PKL

Oke, berikut adalah contoh lembar pengesahan laporan prakerin yang bisa kalian pakai sebagai referensi. Di bawah ini adalah lembar pengesahan yang saya gunakan saat membuat laporan prakerin lalu.

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI BOSS NOTEBOOK

Waktu Pelaksanaan
1 Februari 2016 s/d 30 April 2016

Disusun Oleh:
Nama                           : Charis Fitriyanto
NIS                               : 9906
Kelas                            : XI TKJ B
Kompetensi Keahlian  : Teknik Komputer Jaringan

Laporan ini telah diperiksa dan disahkan oleh:

Pembimbing Prakerin

       Guru                                                                                 Pembimbing

Baca Juga  Contoh Laporan Prakerin PKL SMK yang Baik dan Benar

     M. Lukmanul Azzam                                                                Anike Nugraheni, S.Si

Salam, 1 Mei 2023
Mengetahui,



Kepala Sekolah
Drs. H. Suparno
NIP. 19560907 198903 1 003

Perhatian : Pada nama-nama yang saya berhuruf tebal diatas silahkan dikasih garis bawah. Karena pada laporan yang saya kumpulkan juga saya beri garis bawah, dan yang benar memang dikasih garis bawah, hehe.

Dan pada kolom yang kosong diatas nama, itu silahkan dimintakan tanda tangan kepada nama yang terkait. Nah, kira-kira seperti itu contoh lembar pengesahan yang saya buat ketika membuat laporan prakerin. Akan saya jelaskan bagian-bagian dari lembar pengesahan diatas.

Anda dapat menggunakan lembar pengesahan ini persis. Tetapi yang pasti Anda ganti ialah identitasnya. Berikut beberapa identitas yang perlu diganti yaitu:

  1. Pada paling atas, yang bertuliskan Boss Notebook silahkan Anda ganti dengan tempat yang Anda gunakan untuk prakerin.
  2. Waktu pelaksanaan juga jangan lupa diganti dengan waktu yang Anda gunakan untuk prakerin. Karena setiap tempat pasti berbeda waktunya.
  3. Nama, NIS, Kelas, dan Kompetensi keahlian juga jangan lupa diganti.
  4. Nama pembimbing prakerin Anda ganti dengan nama pemilik perusahaan yang Anda gunakan untuk prakerin.
  5. Nama guru pembimbing Anda ganti dengan nama guru yang menjadi pembimbing prakerin Anda,
  6. Dan nama kepala sekolah juga jangan lupa diganti dengan nama kepala sekolah pada sekolah Anda.

Semoga dengan contoh lembar pengesahan laporan prakerin/PKL SMK ini, Anda jadi tidak bingung lagi ketika akan membuat sebuah laporan. Saya membuat artikel ini bukan tanpa alasan. Saya yakin akan sangat membutuhkan contoh lembar pengesahan ini. Walaupun terlihat mudah, kalau memang belum mengerti akan terasa sangat sulit.

Anda dapat mengubah lembar pengesahan diatas sesuai keinginan Anda namun masih dalam batas wajar, maksudnya adalah masih sesuai dengan ketentuan yang telah ditenetukan oleh guru pembimbing. Biasanya akan ada buku bimbingan cara membuat laporan prakerin dari guru. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.