Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya

Diposting pada

Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya –  Pengertian sosiologi berasal dari bahasa latin yunani yaitu socius yang memiliki arti teman atau masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Sehingga dari kedua kata tersebut sosiologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari atau mengkaji tentang hubungan sosial yang terjadi dalam hubungan sosial masyarakat serta tersusun secara ilmiah dan berdasarkan pola pikir yang kritis.

Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya
Ilmu Sosiologi

Dalam tingkat sekolah Ilmu Sosiologi sangat penting dan erat kaitannya dengan bimbingan konseling, Kenapa Sosiologi sangat penting? Karena Ilmu Sosiologi akan mengarahkan kita menuju pribadi yang lebi baik. Ilmu sosiologi selalu mengarahkan manusia untuk berpikir dan melaksanakan perannya dalam kehidupan bermasyarakat ( das sollen). Selain itu sosiologi juga selalu, menginmplementasikan, mengkaji, dan mempelajari suatu peristiwa atau fakta sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat (dassein).

Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya

Kita tidak akan pernah lepas dari status alami kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya interaksi yang terjalin dalam lingkup masyarakat. Seiring berjalannya waktu, para pakar pun meneliti seluruh gejala yang timbul dalam proses sosial tersebut. Input, output dan proses yang dihasilakan dari penelitian tersebut akhirnya dikategorikan sebagai ilmu sosiologi dan dijadikan bahan pembelajaran di sekolah.

Sayangnya tidak semua siswa paham betul apa itu ilmu sosiologi karena sifatnya yang sangat luas. Meskipun demikian, sudah menjadi kewajiban kita untuk mempelajarinya. Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari pengertian ilmu sosiologi, ciri ciri sosiologi dan hakikat sosiologi itu sendiri.

Pengertian ilmu sosiologi

Para ahli berpendapat bahwa ilmu sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur masyarakat. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui hubungan serta interaksi yang terjadi dalam lingkungan tersebut. Singkatnya Ilmu sosiologi adalah ilmu yang membahas dan mendalami tentang pengetahuan, tata cara hidup bermasyarakat.

Baca juga: Pengertian Proses Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuk-Bentuknya

Yang pertama kali harus diperhatikan ketika bersosial adalah apa saja aturan yang ada di masyarakat. Dengan mempelajari subjek penelitian yang berlainan maka kita akan mendapatkan outpun yang bervariasi. Dengan hasil penelitian tersebut kita bisa menjelaskan bagaimana sebenarnya hubungan antara manusia dengan masyarakat.

Ciri ciri ilmu sosiologi

Masing-masing objek ilmu pengetahuan memiliki ciri khas tertentu, begitu juga ilmu sosiologi juga memiliki karakteristik atau ciri khas yang membedakannya dengan ilmu-ilmu lain. Berikut di bawah ini merupakan ciri-ciri dari ilmu sosiologi.

  • Bersifat Empiris yang artinya ilmu sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mengkaji suatu objek berdasarkan observasi serta logika,  bukan berdasarkan spekulasi semata.
  • Teoritis, sosiologi berusaha memberikan teori untuk menunjukan pernyataan atau proporsi secara logis untuk menjelaskan hubungan sebab akibat.
  • Kumulatif, sosiologi di susun berdasarkan pengembangan ,
    perbaikan, perluasan, serta penguatan sesuai kondisi terbaru atau fakta terbaru dari teori-teori yang pernah ada sebelumnya.
  • Nonetis, artinya sosiologi tidak bertunjuan untuk menilai suatu kebaikan atau keburukan suatu fakta, melainkan bertujuan untuk menjelaskan fakta secara analitis.

Hakikat Ilmu Sosiologi

Setelah mengetahui Pengertian dan Ciri-ciri ilmu sosiologi maka derikut di bawah ini merupakan hakikat dari ilmu sosiologi :

  1. Sosiologi merupakan ilmu sosial. Artinya ilmu sosiologi  didasari dari kajian ilmu yang menghubungkan
    realitas sosial melalui gejala-gekala sosial dalam ilmu pengetahuan.
  2. Sosiologi bertujuan menghasilkan definisi dan pola umum
    karena sosiologi meneliti tentang aturan-aturan dasar yang terbentuk dari hasil
    pola interaksi anatarindividu dalam bermasyarakat.
  3. Sosiologi tidak termasuk ilmu pengetahuan normatif,
    melainkan termasuk dalam dalam pengetahuan displin kategoris. Artinya,  sosiologi hanya membahas sebatas pada kondisi
    realitas yang terjadi pada saat ini dan tidak membahas tentang hal-hal yang
    seharusnya terjadi. Oleh sebab itu ilmu sosiologi dapat dikatakan sebagai ilmu
    pasti.
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris rasional, hal
    tersebut berkaitan dengan apa yang digunakan dalam kajian ilmu sosiologi.

Ilmu sosiologi sebenarnya sudah di bahas di berbagai media pembelajaran mulai dari buku, referensi online, maupun penjelasan guru. Untuk memahami materi yang satu ini memang dibutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian. Jadi jangan menyerah untuk menghafalkan pengertian ilmu sosiologi, ciri ciri dan hakikat ilmu sosiologi tersebut.

Baca Juga  Mirisnya Penegakan Hukum di Negara Indonesia

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.