Apa Perbedaan Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif

Diposting pada

Apa Perbedaan Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif – Apa yang dimaksud interaksi sosial asosiatif itu? Apa yang dimaksud interaksi sosial disosiatif? Secara umum interaksi sosial dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif. Kedua jenis interaksi ini dapat dipelajari lebih lanjut jika anda sudah memahami apa itu interaksi sosial terlebih dahulu.

Interaksi sosial tersebut sebenarnya sering kita lakukan dalam kehidupan sehari hari. Berinteraksi dengan orang lain merupakan bukti bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain untuk dapat bertahan hidup. Pengertian interaksi sosial adalah hubungan antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok lainnya. Adapula yang mengartikan interaksi sosial sebagai hubungan timbal balik antar individu dengan kelompok. Lalu apa perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif?

Apa Perbedaan Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif
Bentuk Interaksi Sosial

Terjadinya interaksi sosial dapat berlangsung dimana saja, termasuk di lingkungan kita sehari hari. Akan tetapi dalam pelaksanaan interaksi sosial terdapat dua syarat yang harus dipenuhi yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi. Hal hal yang dinamakan dengan interaksi pasti akan menyebabkan sebuah efek atau dampak, baik bersifat buruk ataupun baik. Proses inilah yang dinamakan dengan interaksi sosial asosiatif maupun disosiatif. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Perbedaan Interaksi Sosial Asosiatif dan Disosiatif

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang bentuk bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Pengertian interaksi sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang sifatnya positif sehingga mengarah pada kerjasama dan kesatuan. Sedangkan pengertian interaksi sosial disosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan dan konflik antar individu ataupun kelompok. Setiap jenis interaksi sosial ini tentunya memiliki bentuknya masing masing.

Baca Juga  Latihan Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 2 2023

Lalu apa perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif? Sebenarnya interaksi sosial tersebut merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antar individu, antar kelompok, maupun individu dengan kelompok. Di masyarakat terdapat proses interaksi yang menghasilkan pola atau bentuk hubungan yang bisa mengubah dan mempererat kondisi masyarakat.

Seperti yang kita tahu bahwa interaksi sosial sendiri terbagi menjadi tiga bentuk seperti akomodatif, asosiatif, dan disosiatif. Namun hal yang akan saya bahas ini berhubungan dengan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Setelah memahami apa itu interaksi sosial tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Apa perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif?

Jawaban.
Terjadinya interaksi sosial asosiatif antar individu atau kelompok orang tersebut mengarah pada kesatuan pandangan, sedangkan terjadinya interaksi sosial disosiatif antar individu atau kelompok orang mengarah pada konflik dan peregangan solidaritas kelompok.

Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah mengetahui apa perbedaan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Kita dapat menemukan contoh interaksi disosiatif dalam bentuk perkelahian antar pelajar karena perkelahian ini termasuk dalam jenis kontak sosial negatif yang mengarah pada kekerasan dan konflik. Sedangkan contoh interaksi asosiatif dapat kita temui dalam bentuk kerja sama, karena kerja sama tersebut dapat meningkatkan adanya solidaritas.