Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 04, 2017

Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Internet

Saat ini, modem masih digunakan sebagai alat jaringan portable yang dapat menghubungkan ke internet. Mungkin karena alasan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa. Khususnya para pelajar dan mahasiswa, karena sering pergi keluar dengan membawa laptop biasanya alat lain yang dibawa adalah modem.

Kemudahan modem untuk digunakan menjadi alasan masih banyak yang menggunakannya. Namun dibalik kemudahannya, ada pula masalah yang muncul yaitu modem yang tidak bisa connect ke internet.

Mengatasi Modem Tidak Konek atau Connect

Konfigurasi modem yang salah menjadi kemungkinan pertama penyebab modem tidak bisa connect. Dalam artian begini, pengaturan setiap modem berbeda-beda dan pada pengaturan tersebut ada pengaturan defaultnya. Nah, mungkin saja Anda tidak sengaja mengutak-atik pada bagian pengaturan tersebut dan melakukan kesalahan.

Modem tidak bisa connect juga bisa diakibatkan oleh rusaknya sim card. Jika Anda melihat pada sinyal modem ada tanda silang, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada sim card. Untuk mengetes apakah sim card rusak atau tidak, coba pasang pada modem atau handphone lain. Jika memang tidak bisa, berarti sim card memang sudah rusak. Namun jika ternyata bisa, maka bisa jadi modemnya yang ada masalah.

Dalam kasus ini, kebanyakan permasalah terletak pada simcard yang sudah tidak bisa digunakan. Dan kebanyakan pula, pengguna tidak memperhatikan apakah sim card masih ada masa aktifnya atau tidak. Jika sudah tidak ada kan otomatis sudah tidak bisa terdeteksi oleh modem, makanya ada tanda silang pada bagian sinyal modem.
 
Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Internet

Untuk mengatasi masalah modem yang tidak bisa connect, bisa Anda lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Uninstall dan Install Kembali Driver Modem
Ada kemungkinan pula masalah modem yang tidak bisa connect disebabkan oleh instalasi modem yang tidak sempurna. Untuk itu lebih baik Anda coba terlebih dahulu uninstall semua driver yang berhubungan dengan modem Anda. Biasanya, nama dari driver tersebut ada nama dari modem.

Anda bisa melakukan uninstall lewat device manager atau bisa dengan menghapus folder driver modem pada Program Files. Setelah Anda uninstall sekarang Anda restart perangkat Anda dan setelah direstart silahkan install kembali.

Sekarang coba buka software modem Anda dan coba connectkan. Jika sudah bisa, maka selamat Anda berhasil.

2. Ganti APN
APN adalah Access Point Name. Setiap kartu/sim card atau provider berbeda-beda settingannya. Karena misal Anda memakain kartu Axis namun menggunakan APN Indosat, maka kemungkinan akan ada gangguan. Maka dari itu, Anda harus mengganti APN sesuai provider.

Cara mengubah settingan APN sendiri adalah dengan klik Settings -> Setting Prefecences -> Profil Management pada modem Anda.

Berikut beberapa konfigurasi APN pada setiap provider sim card.

Telkomsel
Profil name : Telkomsel GPRS
APN : Telkomsel
Username : wap
Password : wap123

Axis
Profil name : Axis
APN : Axis
Username : Axis
Password : 123456

Three
Profil name : Three
APN : 3gprs
Username : 3data
Password : 3data

XL
Profil name : XL GRPS
APN : www.xlgprs.net
Username : xlgrps
Password : proxl

Indosat
Profil name : Indosat GPRS
APN : Indosatgprs
Username : indosat
Password : indosat

3. Cek Port Perangkat Anda
Dengan mengecek port perangkat Anda apakah masih normal atau tidak, maka akan mengetahui permasalahannya apakah terjadi pada port atau tidak.

Silahkan coba Anda pindah modem Anda ke port lain, jika bisa maka kemungkinan port yang Anda gunakan sebelumnya memang sudah rusak.

Kalau yang saya alami pribadi ya, penyebabnya hanya terletak pada setting APN yang tidak tepat. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu permasalahan Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Internet"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top